Laman

Senin, 21 November 2016

Gara-Gara Jengkol

Tentang perjengkolan ini sebenernya bikin aku gengges setengah mati.

Kek mana enggak?

Lha wong jengkol itu berpengaruh besooaaaarrrr terhadap kehidupankuh! *deramah*

Aku gak sukak jengkol. Menurutku, jengkol itu makanan paling mengerikan di dunia ini. Uda bauk, bentuknya aneh, bulet gepeng gak jelas, dimakan banyak orang lagi.

Dan yang paling aku benci, kamar mandi yang dipakek para jengkolvora ini jadi alakazam bauknya! Mirip-mirip lah sama kamar mandi di Alcatraz! Horor!!! -_-

Dulu pas aku masik polos, Mama nyodorin sepiring nasi + kalio jengkol. Sebagai anak yang cantik dan ingin membahagiakan ibundanya, aku menyendok jengkol dengan sumringah.

Pas gigitan pertama..

Hoek! Makanan apa iniiiiihhhh!!!

Pas gigitan kedua..

Huwalaaaa.. Rasanya gak karuan!

Dan dengan semangat empat lima aku lepeh tuh semuanya. Trus nafasku jadi menjijikkan gitu.

Aku tlauma :(



http://sehat99.com



Trus, gara-gara jengkol, aku jadi :


1. Dikucilkan keluarga

Keluarga besarku yang orang Jawa ini sangat mencintai jengkol. Apalagi jengkol dari Pekanbaru yang menurut pengakuan mereka gak bauk, empuk, dan endeus melebihi daging. *promosi berlebihan*

Apalagi Ibuk (Tante) dan kakak sepupuku yang cewek, beuh, saking sukaknya sama jengkol, orang ini punya agenda bulanan buat masak jengkol trus makan-makan sekeluarga! Dan masaknya di rumahku lagi!

AKU MENYINGKIR PERLAHAN!

Padahal kan aku tuan rumahnya! :(

Saat makan jengkol, mereka betul-betul gak peduli sama aku. Bahkan pernah aku belom makan siang dan uda tergeletak tak berdaya di ruang tamu, mereka belom jugak tergerak hatinya untuk bertanya, "Uda makan, Beb?"

AKU DIBIARKAN BEGITU SAJA!!!

Dan kalok aku teriak laper, orang itu cumak merespon sekenanya, "Tuh, kan ada jengkol!"

OKEH FAIN AKU PERGI DARI RUMAH INIH!!! *ngacir ke rumah makan Padang*


2. Gak diakui orang Minang

Keluarga dari bapake emang orang Minangkabau, yang mana kalok ada acara kumpul-kumpul gitu pasti masak menu jengkol yang sangat variatif.

YA ALLAH, KENAPA KELUARGA HAMBA GINI SEMUA SIIIKKK??? *nangis di bawah guyuran hujan*

Suatu hari, ada acara di rumah Tante, trus sodara yang baru dateng dari Payakumbuh nyamperin aku yang lagi sesak boker karena mual nyium bauk jengkol terus.

Sebutlah beliau Etek ya.

ETEK, WOI!!! ETEK!!! FOKUS!!!

Nah, si Etek mulai kepo kenapa aku dari tadi diem aja. Berikut percakapannya :


E (Etek), A (Aku)

E : "Kenapa diem aja anak gadis Etek satu ni?"

A : "Gak papa, Tek. Ehehe."


E : "Uda makan belom?"


A : "Belom. Ehehe."


E : "Loh kok belom? Sini Etek ambilin. Mau rendang jengkol apa gulai jengkol?"



Tiba-tiba Mama Tersayang teriak, "Gak sukak jengkol dia, Teeeekkk!!!"

Seketika Etek terkejut. Dengan mukak prihatin, ia bertanya,


E : "Loh kok gak sukak jengkol?"

A : "Gak enak, Tek. Ehehe."


E : "Orang Minang harus sukak jengkol loh!"


A : "Ehehe."


E : "Apalagi ini direbusnya lama, jadi gak bauk."


A : "Ehehe."


E : "Gimana kalok kamu dapet suami orang Minang jugak? Mertua kamu masak jengkol, masak kamu gak makan?"


A : "Ehehe."


E : "Orang Minang kok gak sukak jengkol sih.."


A : "Ehehe."


E : "Ya uda bentar ya, Etek ambilin dulu."


A : "EHEHEHEHE GAK USAH, TEEEEEKKK!!! GAK USAAAAHHHHH!!!"



Terlambat. Etek uda ke dapur ngambilin jengkol. Mampos aku!

Akhirnya demi menyelamatkan diri dari si jengkol keparat ini, aku langsung ngambel kunci motor, tancap gas, trus teriak dari luar, "AKU PULANG DULUAN YAAA SEMUANYAAA! ASSALAMUALAIKUUUUM!!!"

BODO AMAT!

Mau gak diakui orang Minang kek, aku gak peduli!

Tapi aku takut kalok pewarisan rumah Gadang, syaratnya mesti makan jengkol dulu. Acem lah. :(


3. Dikasih motivasi dan sugesti

Sebetolnya bagus ya kan, dikasih motivasi. Tapi kenapa motivasi en sugesti buat makan jengkol sik! Gak ada yang laen apah!

Pernah kawanku, C, dateng ke rumah. Bertepatan dengan jadwal masak-masak jengkolnya Ibukku.

Setelah mereka makan dengan lahap dan kenyang, si C, ngomong sama aku.


C (Kawanku), A (Aku)

C : "Kok kau gak sukak jengkol sih, Beb? Enak gini!"

A : "....."


C : "Uda pulen, bumbunya banyak, kalah warung Padang!"


A : "....."


C : "Aku dulu jugak gak sukak jengkol, Beb. Anti kali pun. Tapi lama-lama aku penasaran, trus cobak, eh, jadi ketagihan sampek sekarang!"


A : "....."


C : "Jengkol mahal tau, Beb. Gak semua orang bisa makan jengkol."


A : "....."


C : "Makan jengkol bikin kita gak anemia sama darah rendah loh! Cocok lah sama kau, kan kau kalok kecapekan kumat darah rendahnya!"

A : "....."


C : "Bayangin aja makan daging. Nantik lama-lama rasa jengkolnya betulan kek daging loh! Malah lebih enak! Ini tuh buah surgawi namanya. Nikmat! Ahahaha!"


A : "BAUK KALI PUN MULUT KAU! DIEMLAH!"


C : "Ah, masak bauk? Haaaaaah! Haaaaaaaah!"


A : "PIGILAAAAAAHHH!!!"



Taiklah. Malah di-hah-hah-in gitu! -_-

Saking bencinya aku sama jengkol, waktu pedekate sama Teto, yang pertama kali aku tanyak itu dia sukak jengkol apa enggak.

Kalok dia jawab sukak, ya uda, bhay! Wkwkwk.

Tapi alhamdulillah dia gak sukak jengkol.

Trus kalok misalnya Teto tiba-tiba jadi sukak jengkol, kek mana, Beb?

Ya uda lah, namanya jugak cinta! Kwaakwaaaa.. *pasang masker sebulan*

Kelen sendiri sukak jengkol apa enggak? Atau ada pengalaman lucu gara-gara jengkol? Cerita la! :D

106 komentar:

  1. Aku dulu kek kamu, Beb. Di keluarga ibuku yg orang jawa, seumur-umur tinggal sama ibu gak pernah yang namanya masak jengkol.
    lalu, pas udah nikah sama orang Sunda, yang seperti kamu bilang, di keluarga suamiku sering makan bersama dengan menu jengkol dan ikan asin.
    Awalnya dipaksa nyicipin semur jengkol. pertama hoek hoek an muntah sama baunya. Tapi sekaraaang. aku sukaaaa banget sama jengkol. enak Beeeb!! *mencoba ngeracunin jengkol*

    Terakhir, aku mau bilang : karma itu ada Beb, ada. hahaha *kabur*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbaaaak.. Pokoknya aku ogah! 😭😭😭

      Iya sik banyak yg dari benci jadi cinta sama si jengkol inih. Cumak ku tetep setia laaaah untuk tidak mengkonsumsinyaaaa! Huahahah :p

      Hapus
    2. beuh...segitu teganya sama si jengkol...padahal jengkol bisa jadi obat otaklemot loch...nih buktinya gegara doyan jengkol otak saya jadi encer nih

      Hapus
  2. AH, KAK BEBE AKU JUGA NGGA SUKA JENGKOL! *tos!* *ngegas*
    Padahal aku belum pernah nyobain jengkol, seumur-umur, tapi kaya citra jengkol itu udah jelek banget di mataku. Jadi, No!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eeeeh kamuuuuuh ke mana ajaaaa!!! Aku carik-carik gak ketemu. Uda pasang domain nih ye! :p

      Ih jangan dicobak tauuuk. Tar ketagihan! :D

      Hapus
  3. Duhhh jadi laper nihh liat jengkoll...mauu dwonggg...mantaff maknyuss kayanyaaa...ngilerr nihh..hehhehe

    salam blogger..
    follback

    BalasHapus
  4. adeeeeek, tanggung jawab engkau, kau membuat abang laper ma jengkol. ngeri ngeri sedap tu fotonya

    BalasHapus
  5. Wah.Tbh, Aku belum pernah makan jengkol beb, heheh. Keluargaku orang maluku sama sulawesi, makanannya bukan jengkol. Kata temen-temen jengkol rasanya enak, tapi aku blm pernah nyicip, heuh penasaran:3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu boleh nyicip tapi abis itu kita BHAY!!!

      Hapus
  6. Onde Mandeh beb, itu jengkol sedep kalaupun kutengok. Eh, dulu aku nggak suka jengki,habis baunya itu lho. Tapi sekarang suka banget, hehehe.. Enak sih. Kalo sekarang juga makan jengki pilih2 juga, yang potensi baunya tinggi gak tak makan. Beneran lho jengki dari Pekanbaru lebih enak dan empuk gitu (tapi klo bau sih tetap, tergantung yang ngolahnya), kebetulan waktu itu ibunya teman kosku (dari Jakarta) yang masakin, asli aku jadinya suka makan jengki gegara si ibuk yang masak jengkinya jadi nggak bau trus dikasih tips juga supaya wc jadi nggak bau pas pipis. Tambah doyan jengkilah jadinya aku. Terus pas main ke Jakarta kami (anak2 kos) bawain oleh2 khusus jengki sakkoper dari sini.#hahaha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aih.. Manga la Uni, Aden indak suko jariang do.. 😭😭😭

      Iya Jengkol Pekanbaru emang terkenal maknyus. Katanya sik! :p

      Hapus
  7. Akuh suka jengky banget!!
    Bayangin mbak-mbak yang koleksi gincuny > 50 biji, suka pake bulu mata lebay, sukak makan rendang jengky #BenerinMaskara

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huahahah.. Mbak Aruuuuum! Sungguh kutak menyangka!!! 😂😂😂

      Hapus
  8. dulu saya nggak suka jengkol banget..dah..dah..pokoknya.
    Tapi, pas abis merit dikenalkan sama suami yg doyan, mau nggak mau coba dan coba dan akhirnya bisa suka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ih, Mbak Lidha gak konsisten! Bhay!

      Hapus
  9. aku enggak suka jengkol, dan belum pernah mencoba nya
    males coba coba, takut ketagihan..
    heuheuheu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, ini nih.. Jangan dicobak pokoknya! :p

      Hapus
  10. Halo!

    Sesama pembenci jengkol, saya mau ajak toss dulu hahaha. Aslik, kejadiannya sama nih. Semua orang dirumah saya jg seneng banget sama jengkol, tapi saya nya nggak. Nggak sampe dikucilkan jg sih hehehe..

    Tetap semangat ya, biarpun sekeliling kita jengkolholic. Siap-siap semprot wangi-wangian hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai! :D

      Wah, masih beruntung kamu dong. Kalok aku tuh uda gak dipeduliin kalok uda ada jengkol. Kan jadi syedih.. :(

      Hapus
  11. Sama, Beb. Gue juga gak suka jengkol. Suka sebel sendiri, kalo temen ke sekolah, bawa bekel nya jengkol. Kalo dia kentut tuh, rasanya pengin langsung mati aja-__-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngoahahah.. Tampol aja tuh! Tampol!!! 😂😂😂

      Hapus
  12. Jengkol itu enak loh apalagi pas disemur
    Hmmm mantap
    .
    Nanti kamu abang takut2in
    Abang akan nyamar jadi jengkol terus masuk ke mimpi kamu
    Huuuuu

    BalasHapus
  13. Aku apa aja sikat Beb. Mau pete-jengkol doyan kabeh. Hahahaha enak bgt lho Beb.

    BalasHapus
  14. hahahaah
    ngakak guling2 pagi2 baca ginian :)

    btw jengkol itu bau atau ga tergantung cara masaknya
    kebetulan, saya lama tinggal di painan (sumbar), jadi bisa bedain
    enak banget lho, entah itu direndang atau cabe ijo pake terong n ikan teri (rasanya luar biasa)

    *lha saya malah curhat masakan pagi2 hik hik hik udah ah kerja dulu hhehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Bang, tergantung cara masak. Cumak kan tetep aja kamar mandi bauknya jadi luar biasaaaa.. 😭😭😭

      Hapus
  15. haha, salam kenal
    aku juga nggk suka jengkol, tp bukan anti
    kalau alasannya sih, cuma nggk suka aja
    kebenaran aku lingkungan keluarga yg tidak suka jengkol beserta keluarga jengkol lainnya

    salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali, Maya. :D

      Yah, cobak aku jadi adek kamu ya. Hihihi :p

      Hapus
  16. Loh beeeeb aku mmalah penggila jengkol tauk wkwkkwkw
    Palaginpetai uwuwuwuw #kompor mleduk
    Tapi abisan itu suka mules sik kalo kebanyakan
    Terus antisipasinya adalh gosok giginya yang lamaan dikit dari biasanya hahahaha
    Lah tapi aku jawa tulen beb wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iiiih.. Aku benci kedua makanan ituuuuuh! 😭😭😭

      Ya sama, Mbak. Itu keluarga Mamaku kan Jawa tulen jugak. Tapi cintanya ke jengkol melebihi apapun di dunia ini. Pppfffftt!!

      Hapus
  17. aku blm pernah makan jengkol beb, makin penasaran jadinyoooo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iss.. Gak usah penasaran, Mbak! Gak enak! :p

      Hapus
  18. Rugi lah kau gak doyan jengkol beb. Enak gitu kok.
    Btw, kenalan dulu lah kita yang sama2 alumni sastra usu. Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enggaaaaakk!! Gak enaaaakk!!!

      Hahah. Kakak Sastra apa, Kak? :D

      Hapus
  19. Aku sendiri sangat tertarik bahkan menikmati sekali baunya ketika dimasak, tapi aku kok tidak suka ya sama jengkol..:(

    Apa harus mencobanya ya setelah baca postingan beby :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan. Nantik kamu susah keluar dari belenggu jengkol :(

      Hapus
  20. hahahaha orang minang wajib suka jengkol yaa ??? MERANA
    aku juga ngak suka jengkol

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa lah dibayangin penderitaanku, Bang Cum :(

      Hapus
  21. Saya suka bgt... Tp cmn berani mkn klo suami lg ke luar kota hihihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk. Kalok lagi di rumah kenapa emang, Mbak? :p

      Hapus
    2. kasian lah, saya sendiri jg suka ga nyaman sama baunya :p

      Hapus
  22. di rumah nga pernah masak masakan yang berbahan jengkol sich jadi kesini nya yach nga biasa makan kayak kamu. Tapi bapak ku sich suka, malah dimakan mentah lihatnya aja aku bingung hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, ada jugak yg seneng dimakan mentah gitu ._.

      Hapus
  23. NGGAK

    Hahahahhaha

    Kalau pete sih sukaa. Apalagi pete dalem ikan teri balado
    Oh may gaaawddd :9

    Tapi entah kenapa kalo jengkol enggak suka
    Di rumah yang suka cuma orang tua ku aja
    Kami bertiga kakak ebradik nggak ada yang suka
    Tapi bukannya nggak bisa makan sih. Kadang-kadang kalau lagi kepengen di makan juga. Kebetulan keluarga besarku punya resep jitu gitu, jengkol nya jarang yang pait. Bisa jadi enak kayak kentang.
    Tapi baunya itu yasalammm..

    Kalo ada yg pipis nya disiram kurang banyak itu bisa bikin pingsan kali wkwk

    Tapi tetap aja nggak suka

    P.S.
    Eh keripik jengkol uda nyoba beb?
    Bisa jadi alternatif tuh kalau gak suka jengkolnyaa
    Keripiknya sedikit lebih enak

    Tapi baunya sama HAHAHAHHA XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku jugak gak sukak pete, Aul. Sungguh kumerasa gagal sebagai Minang :(

      Kenapa sih gak ada yg bisa bikin jengkol jadi gak bau? Biar kita ke kamar mandi terjamin keselamatannya gitu loh!

      Ih, aku tau tuh keripik jengkol. Ada dijual pas aku ke Sumbar. Bhay!

      Hapus
    2. Ada sihh.
      Jengkol nya celupin dulu ke air raksa terus cepulin ke alhkohol terus celupin ke minyak tanah.
      Dijamin nggak ada baunya. dan nggak ada rasanya juga HAHAHA

      Hapus
  24. Wahahaha tapi jengkol emang bisa meracuni orang yang awalnya gak suka jadi suka loh. Di keluarga gue cuma si bapak yang doyan. Misalnya masak ya beliau masak sendiri, ibu sampe marah2 gara2 dapur + wc jadi bau. Gak lama ibu nyobain, eh jadi suka juga. "Enak loh ternyata. Cobain deh!"
    Untung anak2nya gada yg ketularan suka :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Konspirasi jengkol dengan bapak kamu bener-bener mengerikan ya, Yog :')

      Katanya emang gitu, dari benci jadi cinta. Cumak masak sama jengkol siiiih.. -_-

      Hapus
  25. jengki itu enaknya kaga keteulungan ya beb, ibaratnya kaga ada randang daging rabdang jengki pun jadi hehehe, tapi suamiku kaga suka sama yang namanya jengki ... kaga tahan baunye, yang aku engga pernah masak paling" klo lg mau beli deh hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak Yun. Tapi tetep aja aku gak sukak. Huh!

      Hapus
  26. Paling jos jengkol itu di pedesinn.

    Buih!!! Nikmatnya tak terkira lagi. :)))))

    BalasHapus
  27. Wah keluargamu semua para jengkolvora ya beb,

    rata2 orang minang pada doyan jengkol beb,
    kalo bahasa minangnya "jariang nyo lamak mana, wkwkwkwk 😀😁😂

    BalasHapus
  28. Gak suka banget sama jengkol. Paling males sama baunya. Sama kayak duren, gak suka. Syukurnya sekeluarga juga gak ada yang suka makanan yang berinisial J itu. Kalau pete rada doyan deh, tapi jarang makan.

    Muahaha. Kalau istriku kelak suka jengkol, aku bakalan nyuruh dia untuk gak memasak itu. Kan, istri harus nurut sama suami. :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duren mah aku cinta mati, Yog! Soalnya aku ada darah rendah. Abis makan duren jadi semangat gitu. Wkekek :p

      Dia emang gak masak tapi kan bisa belik! 😂😂😂

      Hapus
  29. Sungguh beruntung nasib mu beb, ditengah2 keluarga yang suka jengkol, kamu malah jijik dan nggk terlalu suka sama jengkol, hahahhh. Beradaptasi aja beb.Lama2 juga nanti suka kok.

    Bdw, aku belum pernah mncoba sekalipn seumur hidup nyobain jengkol. Dan saya pnasaran gmana rasanya. Paling pete' saya prnah coba, tapi klo jengkol gk pernah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. KENAPA MALAH NGOMPORIN BUAT SUKAK JENGKOL SIK!!!

      Cobak aja, Rey. Blenger pasti ._.

      Hapus
  30. Hahahaha. Aku nggak habis pikir sama para fans jengkol yang bilang kalau jengkol itu enaknya melebihi daging. Aku pernah nyobain sekali, dan perasaanku sih rasanya pahit. Huhuhuhu.

    Ntar kalau suami kamu suka jengkol, kamu bakal tetap nggak makan jengkol, Beb? Hayo lhoooo. HAHAHAHAHA.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih menjadi misteri, Cha ._.

      Itu mah bisa-bisanya pencinta jengkol ajah! Hih!

      Nggg.. Aku plester mulut suamiku keknya! 😂😂😂

      Hapus
  31. kujuga tak suka jengkol
    *toss dulu ah*

    BalasHapus
  32. gue sukanya jengkol goreng, ntap banget. gurih2. dan kalo makan bareng temen tuh, suka ngasi baunya di hah hah hin. kayak naga nyembur api wkwk

    BalasHapus
  33. Hahahaha, ini jengkol benernya berasal dr mana sih Beb? Minang kah? Kupikir dr Jabar :D
    Aku blm pernah makan jengkol sih Beb, liat penampakannya pernah. Pas maem penyetan di Bandung, lalapannya jengkol cyiiiin :))))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak tau, Mbak. Tapi orang Minang emang wajib sukak jengkol. 😭😭😭

      Iya di Bandung gitu yak. Serem amat :'

      Hapus
  34. Jengkolvoraaaa...bwahahah
    aku termasuk orang yang doyan banget sama jengkol.
    kalo aku disuruh milih, mending makan semur jengkol atau rendang, pasti aku bakalan milih dua2nya. muahahaha

    tapi aku jengkolvora yang tau etika. ebucet. wqwq
    iya, jadi aku bakalan makan jengkol dilingkungan para jengkolvora lainnya juga.

    kalo temen kos ku yang sekarang nggak ada yang doyan, jadi yaudah. puasa makan jengkol sampe batas waktu yang belum bisa ditentukan. mwahahah
    haaaaahhhh haaaaahhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke fix, aku gak mau temenan sama kamu! Bhay!

      Betapa mengerikannya makhluk pemakan jengkol ini. Lebih milih jengkol ketimbang daging :(

      Hapus
  35. Bebeeeb :D ha ha ha...aku nggak suka jengki...soalnya bau, walau enak, jadi berusaha untuk tidak tergila gila ..ha ha ha..takut addict..disini nggak ada yang jual pula..kalau pete ada ditoko asia Beb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus lah, Kak! Pertahankan! :p

      Lagian banyak makanan laen yg lebih enak kok. 😂😂😂

      Hapus
    2. Wkwkwkw..aku lg kangen sama jengki oops sma blogmu makanya kemare..sehat beb?

      Hapus
  36. beebiiii, wkwkwkwkw lucu bgt sih ceritanyaa :p... Tapi toss lah kitaa.. akupun ga bisa kali makan jengkooool :D.. mau dibilang mama ato temen2ku itu enak, maap2 ajalah mau nyobain... sumpah itu rasanya memang ga karuan... aku pernah ketipu, pas lg lebaran tuh, ada kue kering... trnyataaaaa itu terbuat dr jengkooool beb... pantaslah pas aku gigit ada bau2 semerbak... lgs eneg trs minum sirup banyak2 aku jdinya :D...

    serius deh, aku lbh milih pete drpd jengkol :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hah? Serius Kak, ada kue kering dari jengkol gitu? Iiiiiih!!! 😭😭😭

      Eneg kali tu pasti!

      Hapus
  37. Aku pernah nyobain jengkol dulu, SD kelas 1. Udah lama banget. Sekali seumur hidup kayak sunat. Kapok sih ngerasainnya. Enak, sih, enak teksturnya. Cuma baunya itu lho. Bikin nggak pede.

    Tapi kalau kerupuk jengkol, aku suka kok. Wehehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teksturnya enak? Uhwow, kuterkejut ._.

      Iya, ada keripik sama kerupuknya. Tetep aja aku ogah! -_-

      Hapus
  38. Wah, trauma sama makanan yg satu ini, tiap kl mau makan dan liat jengkol, langsung hilang nafsu makan wkwk

    BalasHapus
  39. bentar
    ini sebenernya jengkol itu makanan khas padang atau jakarta dah? hahaha
    soalnya nyokap gue doyan juga sih. paling favorit lah pokoknya.
    yg nular cuman adek gue, kalo gue sama aaja sih, ga doyan. tapi denger'' katanya kayak kentang gitu. gue baca tulisan ini, malah jadi penasaran pengen nyoba jengkol jadinya. hahaha

    BalasHapus
  40. awal makan jengkol saya liatnya jijik, eh makin kesini gara2 istri suka makan jengkol kok ane malah ketagihan :D

    BalasHapus
  41. bukannya jengkol banyak manfaatnya ya kalau dikonsumsi..
    udah coba aja mba.. hehe

    BalasHapus
  42. duhh.....mantaff syekalii ituuu yang namanya djengkol..terlintas pastinya maknyuss mba...hheheh...mauu dwongg...

    salam kenal mbaa
    salam blogger.... follback

    BalasHapus
  43. Sumpah yah, waktu gue SD, gue pernah punya temen yang cinta banget makan jengkol. Sangking cintanya sama jengkol, dia nggak bisa makan apapun tanpa jengkol. Dan suatu hari ketika berpapasan, dia bicara ini-itu....gue sampe nggak fokus karena sibuk nahan napas...sampe akhirnya gue muntah tepat di badan dia... iya beneran muntah di badan temen gue yang cinta makan jengkol itu. Dia nangis dan gak mau lagi ngomong sama gue. Gue ya selow aja...seneng2 aja dicuekin, karena gak harus nyium aroma mulutnya yang bikin eneg perut...

    BalasHapus
  44. kalau aku sih paling anti makan jengkol.. ga tahan baunya,, haha

    BalasHapus
  45. Oh, emangnya ga enak ya? Kok kata banyak orang enak ya? Maklum belom pernah coba... heheheheh

    BalasHapus
  46. iya adek-adeknya ibu pada suka jengkol pun. hampir seminggu sekali pasti masak jengkol :(

    BalasHapus
  47. Eh eh coba ituh apa hubungannya makan jengkol sama warisan? :o Gak ngerti gue hahaha.
    Toss dulu Beb, gue gak suka jengkol juga. Alhamdulillah wkwkwk

    BalasHapus
  48. Beb kalau aku dulunya pernahnya makan kerupuk jengkol, enakkkk banget bolak balik beli di warung depan rumah, ko jadi nagih gitu haha. Kerupuknya makan pakai nasi juga enakk banget loh. Klo mama ku jadi datang thn depan aku pengen titip dibawain kerupuk jengkol, barusan kumasukkin ke daftar titipan utk mamaku haha :D .

    BalasHapus
  49. Belum pernah coba jengkol sampe sekarang, tapi untunglah nggak ada yang men-judge ku karena ga berani coba jengkol wkwk

    BalasHapus
  50. btw jengkol itu enak lo mbakbro,
    rugi kalau g suka jengkol,,,
    sehat juga
    kwkwkwkw

    BalasHapus
  51. Jengkol gue doyan sih, tapi gak yang maniax banget sama jengkol, tapi kalau ada di meja makan pasti dimakan. Kalau gue dulu gak suka duren dikasih gratis pun ogah. Tapi gara-gara dikasih duren pas lagi kelaparan, sampe sekarang gue doyan banget.

    BalasHapus
  52. Aku pun paling gak tahan ama jengkol Beeeb!

    BalasHapus
  53. Kalio jariang memang enak tiada tara.
    Makan nasi uduk + semur jengkol nikmat dunia sudah, hahaha...

    BalasHapus
  54. lah teh beby nggak suka jengkol? ih jengkol itu enak tauukkkk teh beb, aku nih ya tiap pagi suka ke warung belakang buat beli lauk jengkol, kadang disemur atau balado. beuh luar biasanya rasanya.

    rugik tau nggak suka jengkol itu... meskipun bau tapi khasiatnya ada lho...




    hmm, teh beby udah tergoda belum sama kata-kata aku di atas? :v

    BalasHapus
  55. Jengkol itu sehat :-D

    Cek juga ya junidistro.blogspot.com

    BalasHapus
  56. Tapi aku malah suka, begimana dong? :')

    Kalo sampe dikucilkan keluarga sih itu keterlaluan. Harusnya di coret aja dari akta lahir. Ngahaha

    BalasHapus
  57. uuu kaka, padahal jengkol mah enak banget. rasanya mirip rendang sapi.

    tapi lucu deh, keliatan banget keluarga fanatik sama jengkol sampe kaka dikucilin gitu :`)

    BalasHapus
  58. Jengkol is the best Indonesian food! Hahahaha

    Oiya kalo ada waktu senggang coba main-main ke blog aku ya :

    www.bradleykuper.blogspot.com

    Baru belajar nulis, so i really need ur advice, feel free to comment! :)

    BalasHapus
  59. harumnya kamar mandi jengkolvora memang hmmmm sekali
    waw berat sekali hidupmu, Beb, nga suka jengkol sampai dikucilin gitu. aku juga gak suka jengkol..kita bisa mendirikan paguyuban gak suka jengkol, tujuannya melawan orang-orang yang "ih kok nga suka jengkol sih, enak tau."

    BalasHapus
  60. wkwkwkwk gue kagak pernah makan jengkol, jadi pengen bikin vlog challenge makan jengkol :))

    BalasHapus
  61. Ngakak poll baca ini.... Semengerikan itukah Jengkol dimatamu beb? Aku aja seumur hidup belum pernah makan jengkol, penasaran pengen nyoba kok :D

    BalasHapus
  62. kok nggak suka jengkl neng ??? kan enak tu

    BalasHapus