Laman

Rabu, 22 April 2015

Pengalaman Belajar Bahasa Jepang

Pertanyaan paling basi bagi lulusan Sastra Jepang cem aku adalah, "Jadi bisa Bahasa Jepang lah ya?"

Ibarat bertanya pada tukang masak, "Jadi bisa bikin ceplok telor dongs?"

Jangankan ceplok. Telornya dibentuk kayak huruf pun bisa. *telor apaaa*

Memang dasarnya sombong, aku selalu mengangguk angkuh sambil memandang remeh sama yang nanyak.

Kurang-terpancar-apah-kejepanganku? *azek*

Padahal sih, aku cumak bisa seuprit doank.

Yah.. Kalok Bahasa Jepangnya sebatas 'aku cantik' atau 'aku sayang kamu', aku paham dengan baik. Tapi kalok uda 'mengapa bumi berputar, anjing menggonggong dan kafilah berlalu namun kamu tak jua mencintai ku?' mending aku lambaikan tangan ke arah jomblo aja. Ngehe. :P


Itu aku nulis apa, Ya Allah.. :'


Dan yaaaa niat mulia ku dulu yang pengen baca komik Naruto versi aslinya cukup lah jadi sekedar impian. *melipir ke pojokan*

Aku inget dulu waktu si Tomo masih ngajar di kampus, aku sering jailin dia..
 
 
T (Tomo), A (aku)
 
T : "Beby-saaan.. Nihon go wo benkyoushimashou.." (Beby, belajar Bahasa Jepang yuk..)
 
A : "Aaa.. Jitsu ha watashi ga nihon go wo benkyoushitai yo.. Shikashi, atama ga itai.." (Duh.. Sebenernya aku pengeeen kali belajar Bahasa Jepang loooooh.. Tapi kepala ku lagi pening nih..)
 
T : "Sou desu ka? Odaiji ni, Beby-san.. Jya, mata ashita ne!" (Oh ya? Cepet sembuh ya, Beby.. Kalau begitu sampai ketemu besok ya..)
 
A : "Hai.. Doumo arigatou, Sensei.. Mata ashita!" (Iya.. Makasih banget ya, Sensei.. Sampai ketemu besok..)
 
 
Yang iyanya waktu itu aku lagi ngga mood belajar, jadi ya pura-pura pening lah! Mihihihi! :P
 
Tapi sekarang selalu ngobrol pakek Bahasa Jepang kalok chatting sama dia.. Biar ngga lupa, trus ada alesan kan traveling ke Jepang.. Okeskip.

Kamu tertarik belajar Bahasa Jepang ngga? Atau punya pengalaman belajar Bahasa Jepang jugak? Cerita di kolom komentar yaaa.. :D

121 komentar:

  1. keren lah yang bisa bahasa jepang.. bisa curhat sama doraemon :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaa, emang mau curhat sama robot? yang penting bisa kenalan sama orang jepang deh kayak "watashiwa fahmi desu" :D

      Hapus
    2. Pengennya sih nyepikin Sasuke.. Mueheheh! :P

      Hapus
    3. Abis itu pasti orang Jepangnya pasang mukak kagum trus tepuk tangan.. Hahah :D

      Hapus
  2. Sekarang lagi ngikut mata kuliah bahasa Jepang, biar bisa jadi TKI di sana. Tapi sering bolos. Soalnya dulu juga di SMA udah pernah, masih tingkat basic juga sih yg sekarang.
    Watashi wa hansamu desu. Dozo yorosiku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga tercapai yah, Riiiif.. Aamiiiin.. :D

      Sou ka? Ahahah.. :P

      Hapus
  3. akuuuuuuu.... pas KKN kuliah, satu kelompok sama temen yang duli SMA-nya ada muatan lokal Bahasa Jepang. Aku emang suka Jepang. Penasaran dan ingin ke sana. Bahasanua juga pengen bisa. Jadi aku belajar deh. Huruf-huruf, disuruj apalin, terus belajar kosakata sambil ditulisin.

    Sekarang, lupa. Hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalok ngga sering latian emang lupaaa.. Aku jugak ada lupa-lupanya. Apalagi nulis kanji :P

      Hapus
  4. saya waktu kelas sma ada pelajaran bahasa jepang, sayangnya pas saya lulus, pelajaran bahasa jepangnya dihilangin, saya jadi sedih sama generasi sebelum saya. Guru bahasa jepangnya ngajarnya enak dan asik, jadi kangen belajar bahasa jepang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah kasian banget ya adek kelas kamu.. :(

      Hapus
  5. Gak bisa sama sekali Beby. Hehehe.
    Ajarinlah. Bikin kursus online

    Febriyanlukito.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngga berani, Bang.. Nantik bersalahan pulak semua grammarnya. Hahah :D

      Hapus
  6. yoroshiku beby-chan, orewa ilham desu :D

    BalasHapus
  7. aku sudah 2 tahun tinggal di Jepang tapi belom lancar-lancar juga bahasa Jepang :D
    Beby san...oshiete kudasai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wiii.. Jepang di mananya, Mbaaak? Hayuk lah belajar bareeeng.. Huahahah.. :D

      Hapus
  8. Aku pengen belajar bahasa Jepang Kak Beb, tapi enggak pernah kesampaian. Rasanya males banget pas lihat huruf-huruf yang aku enggak tau dan jumlahnya banyak banget -___-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalok huruf kanji emang ada ribuan sih, Coooo.. :P

      Hapus
  9. pengen dong bisa bahasa jepang :D

    BalasHapus
  10. Saya tertarik belajar bahasa Jepang, tapi karena belajarnya angin-anginan, jadi nggak nempel deh pelajarannya. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi.. Boleh santai tapi serius ya, Mbak :D

      Hapus
  11. wuidih canggihnya, bahasa inggris udah bisa cac-cis-cus, bentar lagi jepang juga bakalan cas cis cus juga nih

    BalasHapus
  12. Ngapalin angka ternyata complicated, ya.
    Ini lagi ngapalin angka di kalender, mumeeet. Blm sebutan angka yg lain #butuh kamu, Beb :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi.. Enggak kok, Mbaaak.. Yang bingung malah nulis kanji angkanya. Aku masik sukak kebalik sih. Bahahah :D *enggak bisa diandalkan*

      Hapus
  13. Pernah les ga selesai, cuma dua bulan baru sampai hiragana. Sok sibuk banget sih dulu jd ga kekejar gitu jadwal lesnya :p
    Ajarin dong Beb... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin dulu ada prioritas yang laen, Niaaa.. Jadinya ngga fokus :D

      Hapus
  14. lah bahasa jepang aku cuman bisa ohayo gizaimas, konbawa, arigatou, nande (entah nulisnya gini atau bukan).. tapi gak tau artinya.. suka hafal kata2 dialog di anime naruto.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngga papa.. Nantik jugak lama-lama bisa :D

      Hapus
  15. Apaan tuh The Devils, hahaha...
    Pernaaahhh belajar. Dari kecil udah tertarik Bahasa Jepang, beli bukunya Kesaint Blanc punya, inget banget pas TK kubawa-bawa, sayang ngga serius belajarnya haha, ampe sekarang cuma bisa gitu gitu doang T.T

    BalasHapus
    Balasan
    1. The Devil's Whisper tuh nama novel kajian skripsi ku, Na.. Wkwkwk.. :P

      Ya sama sih, Naaa.. Aku jugak karena ngga pernah belajar lagi, jadi banyak yang lupa :( Keknya memang harus konsisten nih. Sayang ilmunya euy

      Hapus
  16. Watashi wa nihon go o benkyoushimashita, kyou wa sukoshi dake de mo oboemasu.

    BalasHapus
  17. Kalau aku pengen banget lancar berbahasa inggris, biar kekinian :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belajar dongs, Wiiiid.. Latian jugak yang rutin :D

      Hapus
  18. waah asyik dong yaa kalo bisa bahasa jepang

    ajarin.. ajarinnn :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngga bisa ngajarin.. Aku terlalu lemah. Buahahah :D

      Hapus
  19. aduh kok jadi pengen bisa bahasa jepang juga ya,,ajarin dong beb :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk.. Sementara bisa dari Google kok :D

      Hapus
  20. Aku cuma tau sedikit bahasa Jepang. Itu pun dari dorama-doramanya AKB48. Hahaha

    BalasHapus
  21. Sempet pengen belajar. Sampe sekarang cuma bisa arrigatou sama aishiteru sama koniciwa doang

    BalasHapus
  22. Waktu kuliah gw dapat Japanese, Beb.. 2 Semester masing2 2 SKS.. Nilainya dapat A karena rajin belajar..bahahaha.. Ga deng, Sensei nya seneng ma gw.. Soale gw badut dikelas..bahahhahaha :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaaak.. Lucky banget, Mbak Pyyy :D

      Lha aku pernah dongs dapet nilai E gara-gara jarang masuk makul trus ngga ikut ujian.. Bruakakakakkk :P

      Hapus
  23. Gak punya Beb hahaha. Nonton film Jepang aja deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dorama Jepang ngga kalah seru loh, Mbak :D

      Hapus
  24. Pernah dulu nyoba kursus, tapi cm sebentaran aja, pusing juga ternyata hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah.. Iya.. Aku jugak pening belajarnya :P

      Hapus
  25. eto.. atashi.. wakarimasen desu ._.
    Beby senpai.. ajari aku plissss

    BalasHapus
  26. Aku cumah bisa itadakimashu ajah beb
    #mbil liad perud

    BalasHapus
  27. suamiku tuh sampai beli bukunya buat belajar bahasa Jepang, tapi gak dilanjutin hehehe cuma semangat di awal

    BalasHapus
  28. Apalah gue ini yang nggak bisa bahasa jepang tapi demen banget liat gravure idol jepang sama film 3gpnya. Hiks.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hobi ngoleksi JAV nya kan, Yu? :P

      Hapus
  29. Huoo bahasa Jepang keren banget sih. Aku selalu suka denger orang ngomong Jepang. Kakak sepupu ada yang kuliah di jurusan kaya kamu Beb jadi aku sesekali minta ajarin dia. Uh. :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang cewek kalok ngomong jadi imut-imut gimana gitu ya, Dev.. Tapi pas aku praktekin kok rasanya ngga pantes! Muahahahahahaaa :D

      Asyik dongs punya sepupu yang bisa Bahasa Jepang.. :3

      Hapus
  30. Pengen juga belajar bahasa Jepang biar keliatan pengetahuan diliat luas HAHA , tapi waktu tau baca nya aja susah jadi males belajar --___--

    BalasHapus
  31. Kepingin banget bisa bahasa Jepang. Dulu waktu SMA pernah dapat pelajaran ini dua tahun dan bahasa Jepang jadi pelajaran favorit! Saya suka semuanya, kana kanji dan pola kalimat yang predikatnya ada di ujung, terus bentuk-bentuk perubahan kata kerja, kata sifat, dan ekspresi-ekspresi klausa yang artinya unik-unik :hehe. Kepingin banget belajar bahasa Jepang lagi sekarang-sekarang ini, ajari dong Beb :hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih ingat ya, Gaaar.. Aku malah lupa kalok predikatnya ada di akhir. Predikat itu apa jugak ngga ngeh! Mihihihi.. :P

      Aku ngga bisa ngajariiiin.. Ilmu ku masih cetek binggow :(

      Hapus
  32. Yang gue inget pas jawab telepon itu, "Moshi-moshi." Lalu perkenalan, "Hajimemashite"
    Ah, gue belajar di SMK cuma 3 tahun aja. Semester 1-4 fokus ke huruf-huruf hiragananya. Cuma mulok habisnya. -__-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu yang level dasar ya, Yog.. Lumayan loh kalok ke Jepang bisa ngerti-ngerti dikit :D

      Hapus
  33. baca komik yang bahasa indonesia aja g mudeng2 apalagi bahasa jepang hehehe. belum pernah belajar,cuma sering lihat tulisannya..
    salam kenal ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku jugak ngga mudeng Bahasa Jepang, Mbak.. Hahah :D

      Salam kenal kembali ^^

      Hapus
  34. Ga bisa beb :D bisanya cuma watasiwa puji des haha

    BalasHapus
  35. takasimura arigato belilah SUZUKI HONDA dan YAMAHA haik haik, :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku sih pilih Honda. Huahahah :D

      Hapus
  36. *ngebales lambaian dulu*

    Aku pengin belajar bahasa Jepang Kabeb... biar bisa nonton anime dan kamen rider tanpa subtitle. Kalo nungguin subtitlenya keluar, lam bangeetttt... itu pun kalo ada yang ngesub.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bales lambaian aja bisa. Bales cintanya dia bisa ngga? Eh. :P

      Percaya lah bahwa itu hanya sekedar angan, Haaaaw.. Aku sampek sekarang ngga ngerti kalok ngga ngekepin kamus! T_T

      Hapus
  37. aku sih hobi bangeeet ama kartun Jepang...tapi kok malees ya belajar bahasanya heheehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, Mbak.. Aku males ngartiinnya :P

      Hapus
  38. Aiihh...Beby kereeeeenn bisa bahasa jepang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Level pemula ini, Mbaaak.. Bahahah :D

      Hapus
  39. 日本語私はハンサムできる

    BalasHapus
  40. Sekarang lagi belajar juga bahasa Jepang, Beb. Buat ngejar mimpi gue bisa terlibat dalam pembuatan film kerjasama Indonesia-Jepang. Hahaha, semoga terkabul.

    Gue sih belajar secara otodidak. Alhamdulillah ya, grammar udah ngerti dikit2. Lafal udah mulai bisa nangkep. Kosa kata mulai makin bertambah banyak, ga sekedar aishiteru aja. Buakakaka... Yang kurang, masih belum bisa baca tulisannya. Baru beberapa huruf yang apal, itu juga kebanyakan katakana. -_-

    Lumayan juga kan ya belajar bahasa Jepang itu. Itung2 nambah2in skill kita. :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga terkabul, Nuel.. Aamiiiin.. :D

      Nah bagus tuh.. Tinggal carik temen buat belajar ngobrol pakek Bahasa Jepang. Lama-lama bakalan terbiasa. Ikut forumnya aja kalok mau..

      Tapi harus hapal hiragana en katakana dulu sih.. Kanji bisa nyusul :D

      Hapus
  41. Saya cuma bisa kamsahamida. Dan itu juga bahasa Korea.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahahah.. Dari Jepang ke Korea emang mirip-mirip siiih :D

      Hapus
  42. pengen bisaa cuma malesss belajarnya mahahhahaha
    bisa gak klo kertasnya di bakar terus dicemplungin ke air terus di minum *ala-ala dukun* #evilgriinn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kok, Win.. Bisa sakit perut maksudnya :P

      Hapus
  43. Aku dooong sempet les Nihongo terus sekarang nggak ada yg ingat samsek, lha minta liburan ke Nihon buat praktek nggak dikasih duit. Karena nggak ada duitnya jugak dik :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah.. Kalok ngga pernah dipraktekin emang bakalan lupa, Mbak.. Ya contohnya aku ini.. :P

      Hapus
  44. lihat fotonya gue jadi bingung, ternyata bahasa jepang itu benar-benar susah benget kayaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Orang Jepang jugak bakalan mikir bener-bener susah kayaknya belajara Bahasa Indonesia :P

      Hapus
  45. gak punya cerita beb soal bahasa jepang, baca tulisannya aja mataku keburu kriting hahhaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk.. Kayak coret-coretan ngga jelas gitu ya, Mbak :D

      Hapus
  46. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baru cumak komentar yang dihapus. Belom daftar warisan. :P

      Hapus
  47. Oh ini bahasa jepang, saya taunya model-model jepang. ckck

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alah. Paling kamu taunya Maria Ozawa! :P

      Hapus
  48. Halo Beby-san
    aku tertarik bahasa Jepang, tp yaitu...susah pengucapannya haha.
    Taunya cuma arigato doank.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengucapannya dengan vokal terbuka, Mbak. Jadi di mereka ngga ada konsonan. Hahah.. :D

      Hapus
  49. Wahhh Beby juga anak Sastra Jepang ya? Aku juga dulu sempat kuliah Sastra Jepang tapi DO ^^ #plak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senpai ku jugak banyak yang DO, Dweee.. Temen sekelas ku ada 4 malah yang terancam DO :(

      Hapus
  50. Bahwa jepang yang ane tau cuman, "ikeh ikeh kimochi." :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku males komentar lebih jauh ah.. :P

      Hapus
  51. ya Allohu akbar.. bahasa apaan sih beeeb -___-" dulu pas di SMA guru bahasa jepangnya ga ganteng, pelajarannya jadi ga menarik deh. hueheuhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dosen ku ada sih yang ganteng Mbak, cumak uda tuaaa.. Hihihi.. Tapi baik banget orangnya. Dosen favorit jurusan! :D

      Hapus
  52. gaa... ga tertarik...hahahaha ;p Ampun deh beb kalo menyangkut bahasa... lidahku udh ga sinkron ama otak... jd belibet trs ntr... Cukuplah bahsa Inggris aja lah yaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahahah.. Inggris uda cukup lah, Kak.. Banyak-banyak pening jugak :P

      Hapus
  53. Nulis materinya Beb di sini. Sekalian jadi pengingat buat dirimu juga. Tapi daku bingung deng Jepang2 mah. -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah.. Banyak yang ngga mudheng pasti, Mbak.. Pengennya sih cerita-cerita budayanya aja.. :D

      Hapus
  54. Dub Beb, kanji o benkyou muzukashii desu ne?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Un.. Sou ne.. :D

      Bahkan kanji 'muzukashii' aja sulit banget.. Huahahah :D

      Hapus
    2. Makanya, aku terima baca hiragana aja, tapi ogah belajar kanji, hahaha :D
      seenggaknya masih lumayan lah buat baca komik-komik scan RAW :D

      Hapus
    3. Wakakakkk.. :D Emang kanji itu susah sih.. Tapi seru jugak kalok dipelajari :P
      Aku malah uda ngga ngeh loh Bang, kalok baca komik versi Jepangnya T_T

      Hapus
  55. Wah kak Beby ini anak sastra jepang to, bisa kali jadi sensei buat aku. Sensei di sekolah orangnya nggak asik ngambekan

    Aku cuma tau kanjinya gunung, sawah sama sungai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku anaknya baper loh. Makanya ngga cocok jadi sensei. Huahahahah :D

      Ah iyaaaa..
      Aku entah dirasuki setan apa sampek bisa nulis kanji di atas :/

      Hapus
    2. Berarti sama dong kayak sensei disekolah lu ;v

      Dirasukin sadako kali?

      Hapus
    3. Santai, Kiiii.. Ngga papa kalok typo mah :D

      Hapus
  56. Waktu SMK punya klub bahasa Jepang (walau bukan ekskul) namanya Baka Danger.. sampai sekarang masih berjalan.. bakadangergakuen.wordpress.com
    Lulus SMK pengen masuk sastra jepang atau enggak pendidikan bhs jepang tapi gak diizinin ortu xD
    jadi kepilihan kedua yaitu pendidikan matematika
    tapi sampai skrng masih terus belajar bahasa jepang otodidak dan masih lanjut ngasih materi bahasa jepang di blog Baka Danger ^^

    BalasHapus