Laman

Kamis, 05 Maret 2015

Penggila Kopi

Ngomong-ngomong soal kopi..

Aku punya kawan yang penggila kopi. Setiap hari dia bisa minum 4-6 cangkir kopi. Kopinya bukan kopi instan dengan berbagai macam merk ya, melainkan dia belik biji kopi trus ngeracik sendiri.

ITU KOPI DIKIRA AER PUTIH KALI YAK!!!!!

Tapi beberapa hari yang lalu, dia ngeluh perutnya sakit. Sebagai kawan yang baik, cantik dan elegan *kemudian ditampar* *kebanyakan muji diri sendiri* aku nyuruh dia ke dokter dongs.

Awalnya dia merengkel karena mikir cumak sakit perut biasa. Namun setelah aku ancam bakalan aplot foto jeleknya di sini, dia pun menyerah. Keknya dia memang lebih takut pamornya runtuh karena dijadikan meme oleh netizen. Wkwkwk..


http://www.finedininglovers.com


Dan hasilnya..
 
Ginjalnya bermasalah! :'(
 
Kata dokter, dia terlalu banyak mengkonsumsi kopi. Ginjalnya kesulitan buat memfilter darah karena mengandung banyak kafein. *bahasa awamnya kek gitu*
 
Predikat penggila kopi pun harus ia tinggalkan kalok mau ginjalnya sehat lagi. Langsung bener-bener ngga boleh minum kopi sama sekali. Dan aku kesenengan karena ada kawannya. Bahahah.
 
Jadi aku memang uda ngga bisa lagi berhubungan sama kopi.
 
Kalok dipaksain tuh bisa bikin asam lambung ku naik. Ogah ah! Padahal kadang pengen jugak icip-icip en seruput Americano..
 
Kelen penggila kopi jugak ngga? Jenis kopi mana yang kelen sukak? :D

102 komentar:

  1. bahaya juga ya kalau kebanyakan mengkonsumsi kopi, akhirnya larinya ke ginjal. kayaknya perlu mengurangi kopi...itu lah beb kalau udah kecanduan kalau gak ngopi gelisah dan kadang gak enak aja bawaannya. ok makasih beb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Bang.. Kawan ku itu pun kalok sehari ngga minum kopi malah pening trus uring-uringan dia.. :(

      Hapus
  2. Wah gue penggila kopi sachetan badday nih... Sehari bisa segelas, tapi gue juga minum putih sehari 3 gelas. Pingin 2 liter, tapi entar kebanyakan air jadi gelonggongan gue.... Hahaha

    Semoga nggak berpengaruh buruk sama ginjal gue :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalok segelas In Shaa Allah ngga papa.. Tapi usahain jangan minum yang sachetan yak. Banyak pengawetnya :'

      Hapus
    2. Nggak suka kopi buatan sendiri siii....
      Nggak bisa nge-mix antara gula sama kopinya. Udah waktunya harus butuh pendamping apa yaa? Lahhh....

      Aamiin ya allah....

      Hapus
    3. Bahahah.. Itu keceplosan apa sengaja curhat, Yu? Wkwkwk.. :D

      Sini aku bikinin. Kasian banget..

      Hapus
  3. Gilingan segitu banyaknya kopi sehari. Gw juga sudah tobat ngopi Beb. Toslah kita!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Serius, Bang Dan? Aaaaak.. Kenapaaa? Hihihi :P

      Hapus
  4. saya penikmat kopi beb, setiap pagi kopi harus ada di meja. Apalagi kalau pas mumet kerjaan bisa sakau dengan kopi. Tapi setelah pulang harus diimbangi dengan air putih, paling tidak 1 botol akua besar itu harus habis buat menetralisir kopi tadi pagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Bang.. Harus diimbangi dengan minum air putih yang banyak jugak.. :D

      Hapus
  5. klo sy penggila air putih beb ,,,, wlo kadang sesekli minum susu ...hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama dongs, Bang Fiu.. Aku jugak sukak air putih :D

      Hapus
  6. jangankan minum kopi, num teh aja, aku ga bisa tidur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuah.. Kafeinnya langsung ngefek ya, Mbak :(

      Hapus
  7. kalau nggak bisa minum kopi, makan permen kopiko aja dek heheheh. biar mantap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah.. Ngga sukak kopiko, Bang :P

      Hapus
  8. Naah...
    itu aku kalo kebanyakan minum kopi suka rada kembung sorenya tuh Beeeeb...
    Makanya aku mah dikit-dikit aja ngopinya sekarang mah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Teh.. Ngga boleh terlalu banyak biar lambungnya sehat :D

      Hapus
  9. Bahkan beberapa merek kopi ada yang mengandung zat kimia berbahaya...

    BalasHapus
  10. Aku malah sama mamah ga bolehin minum kopi solanya takut jadi kecanduan gitu beb paling juga susu coklat hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap. Bisa kecanduan dan itu rasanya ngga enak, Wid.. Mending susu cokelat ajah! :D

      Hapus
  11. Ya kalau kita ketemuan tar, kalo kopdaran, aku minum kopi sendiri dong. Wakakaka... #langsungmelipir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahahah.. Ya ngga papa dongs, Nueeeel.. :P

      Hapus
  12. aku bener2 penggila kopi Beb :) dan ya ampun kau seneng ternyata punya teman yg bermasalah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah. Aku kira semua orang paham maksud senengnya aku dalam cerita di atas bukan kayak yang Mbak maksud.. :)

      Hapus
  13. gile bener biji kopi tanpa diproses langsung tenggak sampe 6 gelas rutin tiap hari.. hmm. semua yang berlebihan itu tidak baik..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada tahapannya dongs, Mbak.. Ngga bisa sembarangan.. Heheh.. :P

      Beneeeer. Segala sesuatu yang berlebihan emang ngga baik.. :3

      Hapus
  14. aku engga suka minum kopi nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku sukak Pah, tapi uda ngga bisyaaaa :(

      Hapus
  15. Gue banyak minum teh manis kog nggak apa apa ...
    malahan gue tambah manis ... Bhahahaha

    BalasHapus
  16. aku dulu mesti ngopi beb, paling gak sehari sekali. gak sampe kaya temenmu sih hahaha.. tapi sejak hamil berenti dulu ngopinya, kecuali kalau lg bener2 pengennnnnnnn bgt.. emg bahaya sih buat ginjal..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Reeee.. Apalagi kalok lagi hamil kan kita harus jaga bener asupan apa yang masuk ke dalam tubuh kita.. Kan buat berdua :D

      Hapus
  17. gw minu kopi biasanya pagi, kalo pagi belom minum kopi, kayak ada sesuatu yang kurang.
    btw tau ga kopi apa yang palig enak? kopi gratis :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua yang gratis emang enak yak :D

      Hapus
  18. Aku nggak suka ngopi yang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya iya lah. Kan kamu sukaknya aku. Huazekh! :P

      Hapus
  19. Gue kalo minum kopi juga milih2 waktu . . kalo mo nglembur tugas seneng minum kopi . . Ada yg bilang kalo kopi bisa meningkatkan kreativitas loooo . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Katanya sih gitu. Temen aku jugak jago motret en anglenya selalu keren :D

      Hapus
  20. Waduh, kalau cewek gak boleh lebih dari 3 cangkir.. Ada mitos bikin payudara mengecil.. Memang gak ada fakta yang buktiin tapi kalau dibikin survey, rata-rata cewek yang doyan kopi payudaranya kecil-kecil huhuhu #nasib

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nantik kalok uda jadi ibu kan gede jugak, Mbak :D

      Hapus
  21. Aaaaaaaaakk tidaaaakk, aku juga penggila kopi, tapi kopi sasetan. Harus kurang-kurangin minum kopi nih, biar tetep bisa menikmati kopi :'D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaaa.. Dikurangin ya, biar dapet manfaatnya :D

      Hapus
  22. Aku penggila kopi. Dulu kopi item. Pernah bolak balik masuk UGD karena asam lambung naik. Dokternya bilang, meski udah bolak-balik UGD tp aku belum parah kali. Tapi kalau nggak mau mati (ketok2 meja) ada bbrp yg harus dikurangi, termasuk kopi. Padahal aku nggak bisa ngapa2in kalau nggak minum kopi dulu, Jadilah aku cheat dikit, minum white coffee less sugar + minum air putih dibanyakin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi.. Tips yang bagus, Mbak. Jadi memang harus dimix sama air putih yak :D

      Hapus
  23. aku sih lebih suka teh daripada kopi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalok teh kesannya hangat dan menenangkan ya, Aul.. :D

      Hapus
  24. Aku bukan penggila, dek..tapi penyuka
    akupun mengurangi kopi sih, lambungku lama2 gak kuat :D

    Minum kopi sekarang klo lg pengen. (padahal pengennya sih setiap hari)
    tp ya harus dijaga biar gak kebablasan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak, kalok diturutin emang ngga ada abisnya ya.. Sama sih. Lambung ku jugak uda ngga kuat :'

      Hapus
  25. Aku malah ngga bisa minum kopi -.-
    Sekalinya ngopi langsung muntah-muntah -.-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngga papa, Zza.. Justru bagus kan, jadi ngga konsumsi kafein :D

      Hapus
  26. Kopi bisa bikin sakit ginjall?.. Harus hati-hati kalau gitu..

    BalasHapus
  27. Pas SMA dulu suka sekali minum kopi, nggak tahu semenjak kuliah sampai sekarang malah anti minum kopi. Kemana-mana minum air putih aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi.. Kebiasaan yang bagus, Mbak Ika :D

      Hapus
  28. wah dulua ku demen kopi tapi abis kena hipotensi aduhh kapok deh minum kopi sempat mau sekrat beb..hasehh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh.. Harus putus sama kopi dongs, Bang :(

      Hapus
  29. kalau aku sebenerny suka ama bau kopi, enak aja kan wanginya harum. tapi gak bisa minum kebanyakan langsung deg2an

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, wanginya enak.. Justru bagus ya, minumnya dikit aja :D

      Hapus
  30. Aku penikmat kopi. Sehari minimal segelaslah. Dulu sih bisa sehari 3-4 gelas.
    Ya tapi lgs sadar. Kalau dah bbrp gelas ya banyakin minum air putih. Kalau maag agak kambuh, ya stop dulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap. Mesti dibanyakin minum air putih memang. Kesian ginjalnya soalnya :(

      Hapus
  31. Sedih :( pacar ku addict banget sama kopi, udah sering dibilangin karena gak baik buat ginjal, dia ngeles dengan bilang tetep banyak minum air putih :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Susah Syaaaa, kalok uda candu.. Seperti rindu ku yang menginginkan temu.. *apa sih* *balada LDR* *ngefek ke mana-manaaaaa*

      Tapi serius deh, harus konsumsi banyak buah jugak kalok gitu. Air putih ngga cukup. :(

      Hapus
  32. aku sehari cukup secangkir aja Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan banyak-banyak ya, Mbak :D

      Hapus
  33. Nggak sih. Palingan seminggu sekali doang. Aku penggila nasi soalnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku penggila pria tampan nan kaya. Halah.

      Hapus
  34. saya baru sekali minum kopi, waktu di rumah teman, hehe.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. say lebih suka minum air putih dan jus alpukat

      Hapus
    2. Temennya baik ya. Mau nyodorin kopi :D

      Hapus
    3. Kesukaan kamu jauh lebih bagus :D

      Hapus
  35. hidup tanpa kopi terasa hampa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi hidup tanpa cinta jadi tiada artinya.. :P

      Hapus
  36. apa nggak takut kebanyakan minum kopi? gila sampe 4 cangkir perhari....cafein dan kadar gula tinggi kan tidak baik juga untuk kesehatan beby...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Bang.. Makanya itu aku selalu bawelin si kawan.. :(

      Hapus
  37. Kalau saya siku suka banget sama yang namanya kopi, apalagi kalau buatan ibu, tapi saya jarang sekali ngopi kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minumnya sekali-sekali aja Nuhan, biar dapet manfaatnya :D

      Hapus
  38. Gue jarang. Kalo lagi bener-bener pengin melek karena ada deadline aja. Halah, gegayaan deadline. Kayak ada yang dikerjain aja. XD
    Gue paling suka Cappuchino, Frappu, Mocha, de el el.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, Yog. Aku jugak terakhir pas mau sidang minum kopinya.. Hihihi :P

      Lha.. ITU SIH SEMUA! -_-

      Hapus
  39. Waduh.. ngeri juga efek kebanyakan kopi -__-
    Aku suka minum kopi, ga sering-sering sih, satu kali sehari aja. Kayak mandi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti antara kopi sama mandi tuh hubungannya erat ya.. ._.

      Hapus
  40. Itu namanya berlebihan minum kopinya.

    BalasHapus
  41. bukan rahasia lagi kalo yang namanya berlebihan itu gak baik -_-

    BalasHapus
  42. aku suka minum kopi sih. cuma jarang. males bikinnya. haha.
    btw, kak beby ini blogger medan kan? ada gabung di komunitas blogger di medan gak? kemarin kami kopdar blogger medan soalnya. mau ngajak, tapi gak ada kontak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalok males bikin, ya belik aja di Setarbak, Man. Hahah :D

      Iya, tapi aku ngga ada gabung, Maaaaan.. Ngga tau caranya gimanaaaa.. :(
      Iss pasti kelen enak kali ngumpol-ngumpol ya :( *sirik*

      Hapus
    2. setarbak? setia budi martabak? haha

      gabung aja di kancut keblenger kak. jangan lah sombong kali -_-. nanti kudoain jomblo loh. haha.
      enak dong. foto-foto, tukar kado, bikin video. makanya gabuuunggggg. buat twitter itu. jangan kudet kali -_-

      Hapus
    3. Iss.. Jahat kali yaaa doanya.. -_-

      Rencananya mau gabung, Man.. Tapi jangan kamu rodam lah aku ya.. Ahahah :D

      Hapus
  43. wah saya sering minum kopi nie, wah hati hati juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Bar.. Jangan sering-sering pokoknya.. :(

      Hapus
  44. Ini saatnya berani bicara jujur, saya minum luwak white coffee. Kopi nikmat enggak bikin kembung.... * kemudian ditampar*

    BalasHapus
  45. Wowwww... saya juga penggila kopi. Tapi saya selalu mengingatkan diri, bahwa habis minum kopi maka saya harus minum air putih juga banyak-banyak. Dan sehari saya maksimalkan 2 cup coffee (bukan sachet karena sachet terlalu manis) tapi brew coffee tanpa gula.
    Bahaya juga kalau sampai terlalu banyak kopi tapi lupa minium air putih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Kak.. Memang harus balance ya. Ngga boleh kelupaan minum air putih pokoknya :(

      Hapus
  46. Ga doyan kopi Beb... Oke lah, masih bisa kalo cuma icip2 gitu... apalagi kalo temen2 ngjak ke kafe2 kopi gitu...Tapi ttp aja biasanya aku pesen yg non kopi... Kenapa g suka kopi krn after taste asam yg ga enak di mulut itu Beb..Dan org2 yg suka ngopi, kdg kalo bicara kecium ga enak bau mulutnya...

    Trs, krn kafein jg ga bgs utk kulit ;p bikin cepet keriput..Jadi jauhin kopi kalo mw awet muda;D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya sama sih, Kak.. Aku pun kalok ke kede kopi gitu jarang mesen kopi. Takut maag kumat :(

      Serius, Kak? Pengaruhnya uda sama kek rokok yak :(

      Hapus
  47. Beby anak Medan ya? haha :p Ketara kali pun.. :D

    Minum kopi sih gpp yah, tp klo sampe 4x sehari sih emang berlebihan yah.. Smoga kawan mu cepet sembuh yak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buahahah.. Iya, Mbak Pyyyyy :P

      Iya kalok dikit-dikit kan ada manfaatnya..
      Aamiiin.. Makasih ya, Mbak :D

      Hapus
  48. memang yaa, sesuatu yg berlebihan itu nggak baik
    saya dulu juga penggila kopi
    alhamdulillah cuma kena lambungnya saja, nggak sampai ginjalnya
    hingga akhirnya saya putuskan menjadi pencinta kopi saja
    karena kata seorang teman, kopi itu ibarat cinta, nggak perlu pemaksaan, cukup dimengerti :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betuuuuul! :D

      Kalok mencintai pasti banyak pengertiannya ya.. Jadi ngga ada rasa sakit.. :P

      Hapus