Laman

Minggu, 04 Januari 2015

Nitip Jemuran

Waktu aku maen ke beberapa blog, sering kali aku nemu komen yang lagi nitip jemuran. Maksudnya, di dalem komentarnya tuh ada promosi URL blognya dia.

Pertama sih aku biasa aja. Toh bukan blog aku kan yang dititipin. Tapi lama-lama kok sumuk jugak. Ngerasa kasian sama kawan blogger yang uda ku anggap dekat pas blognya dikasih link hidup gitu.

Entah karena akunya yang terlalu ngurusin peduli. Whatever lah. Ngga sukak aja kalok promosi pakek cara-yang-tak-beretika-kek-gitu.

Mungkin kalok sekali dua kali kau sakiti hati ini masih dimaafkan. Anggep khilaf. Lha ini malah terus-terusan. Biar pun komennya ngga OOT atau curcol *kayak aku*, tapi kan nyebelin banget kalok ujung-ujungnya ngetik link.

Tujuannya apa sih? Promosi? Atau biar keindeks gugel? Atau apa?


http://www.toelle.tumblr.com
 
 
Laen kasus kalok ngasih link sebagai referensi. Itu sih bisa dimaklumi. Wajar kan ya kalok ada kekeliruan dalam postingan kita trus kawan blogger ngasih tau. Atau sekedar sharing opini.
 
Anehnya..
 
Uda ditegur secara halus bahkan disindir terang-terangan pun tetep aja merengkel. Tengik kali bah. Mintak disepak atau dikirimin Malware sih itu namanya? Huahahah.. *siap-siap ngoding*
 
Sejujurnya aku salut sama kawan blogger yang meloloskan komen cem itu. Soalnya kalok aku pribadi bakalan langsung ku masukin ke kotak spam. Biar gugel sadar ada blog yang annoying plus bikin kezel. Sekezel aku ngerjain abstrak Bahasa Jepang yang ngga siap-siap.
 
Huvt.
 
Menurut kelen kek mana? Kalok ada yang nitip jemuran gitu, cemana reaksi kelen? :D

74 komentar:

  1. Nitip Kak

    http://www.sittirasuna.com =))

    BalasHapus
  2. Gw juga pernah nitip jemuran Beb. Jadi kalo ada yg nitip gw lolosin aja. Hihihi. Jadi nitip ya gw http://danirachmat.com karena ga bisa komen pake open id wp. Huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu sih pengecualian, Bang Dani.. :P

      Oh iya. Gugel sekarang ngga ngizinin penggunan OpenID lagi. Jadi mending pakek Name/URL aja.. :D

      Hapus
  3. Saya dulu juga pernah nitip link tapi nggak aktif soalnya nggak tau caranya, pas giliran tau caranya, eh ada yang posting tentang jangan suka menebar link aktif, yang intinya kaya tulisan Bos Beby ini, jadinya nggak pernah deh...

    Dulu waktu Saya mau titip link aktif sih biar blog Saya dikunjungi komentator lain, mungkin kalau sekarang masih ada yang suka nitip link aktif kemungkinan besar alasannya juga sama dengan Saya, selain itu, kayaknya nggak ada duit buat promosi, hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dongs.. Yang empunya blog kan jugak berhak ngasih aturan untuk komenan di dalem blognya. Ibarat bertamu mesti ada tata kramanya jugak kan, Bang? :D

      Hapus
    2. yia iya lah, biarpun katanya tamu adalah raja, tapi kalau sifatnya kaya raja fir'aun yia harus dibasmi, hahah....

      Hapus
    3. Tenggelemin di laut ya.. Wkwkwk.. :D

      Hapus
  4. Nitip link sih boleh saja, asal jangan tautan langsung (live link).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalok bagi aku pribadi, mau langsung atau enggak, tetep aja ngga sukak, Bang :P

      Hapus
  5. Tetep ya ujung2nya ke skripsi :)
    Ga papa sih Beb klo itu emang ada hubungannya.
    Paling sebel ama komen yang promo game ato ngajak bisnis :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Curcol, Mbak. Hihihi.. :P

      Iyaaaa..
      Aku pernah diprospek sama salah satu MLM loh. Nyebelin banget! -_-

      Hapus
  6. kalau saya mah, kalau ada yang nitip jemuran ya langsung disetrika aja....orangnya

    BalasHapus
  7. wah.., kalau tempat saya mba, komentarnya malah banyak langsung jualan Hp, Gadget, Shop shopan gitu. he he.., ada diskon nya lagi

    ngga pernah sih yg naruh jemuran baju, kebanyakan naruh jemuran hp. he he....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah.. Ngga papa Frid, asalkan sesuai etika :D

      Hapus
  8. mana orangnya yang suka nitip jemuran? langsung aja tunjuk siapa biar kita tahu wkwkwkwk :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Males ah. Rugi banget bikin dia terkenal :P

      Hapus
  9. kalo udah komen sesuai topik sih makluminlah, tapi kalo yang komen gak bermutu terus kasih link langsung spam deh..

    btw, ini kunjungan perdanaku nitip jemuran boleh yah http://flyonz.com alasannya sama kaya bang danirachmat diatas, nggak bisa pake openID wp huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalok aku tetep ujung-ujungnya ngga syukaaaa.. Jadi kalok mau maen ke rumah ku ya ikuti lah aturan ku. Heheh.. :D

      Hapus
  10. aku baru tahu istilahnya "nitip jemuran" keren juga ya.. yang aku rasakan sih kalau blognya udah berperingkat malah artikel kita cepet ke indeks, tapi kalau yang jauh dibawah.. tak sunatin aja wkwkwk..

    BalasHapus
  11. Kalo aku komen "Mbak beb, nanti kalo mau blogwalking ke sini aja ya devafredeva.blogspot.com soalnya blog yang kemaren ganti nama dan aku gatau caranya ngurus domain-domain gitu biar pembaca bisa langsung ke alamat blog yang baru." itu termasuk nitip jemuran nggak sih? Hapunten atuh nya. :'))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ciyan.. Hahah.. :D

      Padahal tinggal ganti setelan aja atuh, Dev! :P

      Hapus
    2. Iya nih. Kemaren sempet ngubrak-abrik setelan tapi yang ada malah puyeng sendiri. Mesti ada CNAME apaa gitu aku lupa .__. pokoknya ribeeet. hiks.

      Hapus
    3. Hahah.. Jadi inget kerjaan ku dulu, ngurus-ngurusin masalah domain.. :P

      Hapus
  12. yah kalo gue sih males promosi link gitu... lagian bener tuh, spam banget.. penulisnya juga bakalan kepo kok sama pembaca yang komentar, daripada nitip link mulu. rusuh dan bikin risih. mending komennya di daftar blogwalking aja, atau tempat yang memang untuk tukeran link. kalo di tiap postingan. hmm, numpang terkenal kali ya? :/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betuuuul.. :D

      Tiap blogger itu seneng kalok didatengin dan pasti ngunjungin balik. Jadi ngga mungkin kalok dicuekin. Apalagi kalok komennya seru :D

      Hapus
    2. hihihi iya bener :)
      jadi kalo ada yang masang link aktif, mending hapus ya?

      Hapus
    3. Iya, Yog. Lagian kalok blogger yang baik pasti ngerti kok kalok kelakuannya itu ngga bener :P

      Hapus
  13. Kalau aku sih selama komentarnya masih nyambung, wis ah biarkan saja. Tapi, kalau tidak nyambung sama sekali, cuma yang penting bisa pasang link, ya langsung aku masuk ke folder spam. Eh, malah aku langsung hapus ding. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi.. Kalok aku masukin ke kotak spam Mbak Kim, biar dia ngga ganggu blog laen jugak :P

      Hapus
  14. Cara nya gimana sech, kasih comment trus kasih link hidup ??? aku kok gagal mulu ngak berhasil, padahal pingin kasih link cumilebay ini biar ngehitz & pemes hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah komen di blog kan beda-bedaaa.. Untung uda aku ganti. Mihihii.. :P

      Hapus
  15. Perasaan gue udah komen dua kali tapi kok nggak ada ya -__-
    Dan itu komentar pertama juga langsung nitip jemuran. Hahaha.
    Kalo gue sih biasanya diemin aja beb.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabar ya. Hidup itu emang butuh perjuangan..:'

      Itu si Una ngga usah ditanggepin. Lagi korslet kali. Hahah.. :D
      Kok diem? Sariawan ya, Di?

      Hapus
  16. Kalo gue sih biasanya keringin dulu tuh jemuran biar gak apek. *gak nyambung*

    Ya dibiarinn aja sih. Linknya dibiarkan tergeletak begitu saja, di bawah terik matahari, sampai kering.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Taruh di bawah sinar matahari ya, Us. :P

      Selo banget kamuh. ._.

      Hapus
  17. Istilahnya keren... "Nitip Jemuran"

    Ini ngomongin tentang komentar spam kan? Dimana ciri-ciri komennya berisi link hidup, mengunakan keyword umum, komennya pendek seolah memuji contoh : "nice info, kunjungan balik gan"

    Tujuannya mungkin hampir sama yaitu menggaet pelanggan secara untung-untungan (baca: promosi), ada juga yang untuk kepentingan SEO, dan yang ini (horor) untuk membahayakan orang lain (phising, malware, virus, scam, dll). #parahbanget

    Tapi yang saya gak ngerti?

    1. Kalau untuk promisi :
    Berpromosi lewat kolom komentar ya sah-sah aja tapi kalau dengan menyertakan link hidup, bukannya ini malah menurunkan reputasi? Apalagi link yang diberikan gak relevan dengan isi artikel. Biasanya pemilik blog dan pengunjung merasa risih dengan komen seperti itu. Boro-boro mau ngeklik link yang ditaruh, ngelihatnya aja udah eneg.

    2. Kalau untuk kepentingan SEO
    Setahu saya, SEO gak jauh dari google dan sejenisnya (yahoo, bing, ask dll). Biasanya orang menyertakan link untuk tujuan membangun link situs guna meningkatkan rangking. Yang saya gak ngerti, google kan punya pemahaman grafik link web, dan punya algoritma untuk mendeteksi dan menangani link spam? ini kan berarti sia-sia aja, karena pengaruhnya kecil bahkan gak ada karena google sangat jeli untuk tidak memberikan bobot nilai pada link ini.

    Kalau lagi bangun link demi SEO ya yang alami aja lah... gak perlu berlebihan apalagi sampai *nyembah google*. Caranya adalah bikin produk konten yang bermanfaat bagi masyarakat internet. (Saran master bukan saya)

    3. Kalau untuk membahayakan orang lain :
    Yang terakhir ini saya cuma bisa geleng kepala dan bilang salah kami apa???

    Ini sekedar diskusi aja ya, Beb!

    Sebenarnya masih pengen komentar lebih banyak lagi. Pengen nanggepin juga tentang kawan blogger kamu yang meloloskan komentar spam. Tapi takutnya kamu mual-mual gegara hamil *Eh... gegara baca komenku yang panjang dan membingungkan. hahaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok hamil? Pakek pengaman dongs. Hahah.. :D

      Iya ada jugak yang buat hacking atau cracking gitu.. Tapi sejauh aku masih bisa paham, blog ku dan punya kawan-kawan In Shaa Allah bakalan aman terus kok. Uda aku protek :)

      Setau aku yang untuk SEO masih bisa, Bang. Tapi ngga tau kalok Hummingbird sekarang yah.

      Hapus
    2. Masak sih bisa? jelasin lah sedikit. Sekedar diskusi aja gitu...
      Ngomongin SEO memang gak ada habisnya ya, selalu ada perdebatan tapi seru... :)

      Okelah kalau menurut Beby begitu. Tapi apa gak ada cara lain apa selain meninggalkan link hidup di kolom komentar blog? SEO kan gak cuma link building tapi banyak faktor. Backlink tetap merupakan salah satu faktor penentu rangking sebuah blog di mesin pencari. Tapi, kalau kita hanya fokus pada link building, justru malah berdampak buruk pada blog kita sendiri. Link ke website kita memang bisa bertambah, tapi belum tentu dengan kualitas yang baik.

      Intinya, tujuan SEO itu kan pengen blog kita nampang di halaman pertama mesin pencari. Sedangkan mesin pencari kan user/pengunjung yang pakai, nah kenapa kita gak meyediakan apa yang pengunjung cari? Kenapa malah sibuk nanam link di banyak tempat? Itu sih yang saya gak ngerti dari para spammer ini.

      Btw, saya juga mau nitip jemuran ya... tenang aja, walaupun artikelnya udah lama tapi gak apek kok. Dan yang pasti relevan sama artikel ini. cuma bahasanya aja. :)
      http://googlewebmastercentral.blogspot.com/2009/11/hard-facts-about-comment-spam.html


      Hapus
    3. Yap..

      Kalok ngomongin SEO memang gitu. Karena ngga cukup cumak teori kan, harus ada bukti praktek en hasil jugak..

      Selalu ada cara lain, Bang. Yang mesti diingat, spammer kan maunya cepet tapi dapet hasil yang oke karena banyaknya link yang mau dia naikin ke SERP. Makanya ninggalin link di dalem komentar bakalan jadi cara yang gampang plus ampuh..

      Siiiip. Ngga papa.. Makasih banyak ya, Bang.. :D

      Hapus
  18. Kalo aku sih dibiarin aja, paling aku balas "Gak perlu nitip link kok, terimakasih" gitu aja lagi.

    Mungkin juga dia takut kita gak akan mengunjungi kembali blognya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Yu.. Mungkin dia mikir kayak gitu.. Tapi malesin banget, toh uda ada kan di webnya pas ngomen ._.

      Hapus
  19. iya aku sering dapat begituan..bete banget Beb...sebel kadang hehehe

    BalasHapus
  20. hahaha gk apa" kak nitip jemuran ma gak nguatin silaturahmi

    BalasHapus
  21. iya bebyyyy komen kaya gitu gengges yaaa. atau kadang malah isi komennya cuma "setuju" "wah oke juga nih" atau "nice info" ya gitu2 lah pokoknya terus endingnya nitip link deh plus jangan lupa ya kunjungan baliknya hahahahaha.. gimana ya aku bacanya aja males, lagian kan kalo komen pasti langsung ke link yaa zzz. biasanya sih ku diemin aja beb hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huahahah.. Nyebelin banget pun, Reeee.. Makanya langsung aku masukin spam aja lah saking gondoknya.. :P

      Hapus
  22. Ga suka juga Beb. Bikin KZL.
    Emang dengan gitu, bisa bikin terindex google ya? Haha.. nggak paham saya.
    Taunya cuma Beby cantik & aku ganteng. Udah, gitu aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya bisa lah.. Hahah.. :D

      Emang Abang yakin Abang ganteng? :P

      Hapus
  23. untungnya saya bukan orang yang suka nitip jemuran mbak Beb, saya ini orang yang suka ngintip jemuran orang, ahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah.. Apalagi jemuran yang.. Gitu lah! :P

      Hapus
  24. Kalo ada yg nitip jemuran gitu, biasanya aku malah males berkunjung balik... :D

    BalasHapus
  25. mmm aku sih biasanya langsung masukin ke SPAM aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, Mbak Tyyyyk.. Toss dulu ah! :D

      Hapus
  26. saya juga pernah mengalami seperti itu, tetapi saya tidak ambil pusing masalah seperti itu. langsung saya hapus maka sudah bereslah masalah seperti itu. hehe

    BalasHapus
  27. Kalo menurut gue sih, biarin aja kali yaa, mungkin dia itu blogger pemula kali yang kepengen mempromosikan+ mramaikan blog barunya itu,, gue dulu pernah juga kek gitu waktu awal.awal ngeblog.. hehe tapi kalo dia sdh keseringann nitip jemuran n sdh lama ngeblog tapi kaga sadar.sadar jg yaaaa,.. santet aja.. hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahahah.. Maen santet langsung ya.. Ngeri ah. :D

      Hapus
  28. memang suka ngeselin siiih...tapi banyak yang cuek aja, apalagi kalau udah jualan yang ngg karu-karuan...aku delete biasanyaaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, kita mesti menjaga blog kita ya.. Biar bersih dari spammer nyebelin itu.. :P

      Hapus
  29. Gk pnya blog sih, jdi gk prnah ntip jmuran. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi kamu sering nitip komen di mariiiih! -_-

      Hapus
  30. nitip jemuran lucu juga istilahnya
    aku kira apaan,,,
    oh iya beb kabarnya si kuro gimana,,,
    sering-sering dong posting tentang si kuro gemes lihat kuro yg ganteng dan lucu,,,
    kucing aku kurus-kurus semuanya,,,
    mau kasih vitamin di sorong ngak ada yg jual ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, Dian.. Salam kenal ya.. :D

      Alhamdulillah baik..
      Wah.. Kasian banget.. :(

      Kamu bisa belinya lewat online kok. Cumak ya jatuhnya jadi mahal di ongkir sih.. T_T

      Hapus
  31. Blog ku sudah sering merasakan efek dari dititipin jemuran itu Beb :(
    *sampai susah jalannya, ke ringkel-ringkel sama jemuran yang sembrawut, percaya aja semua akan balik ke orang yang niatnya ga benar, kalau culun, semoga mendapat pencerahan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huhuhu.. Jadi ngga enak ya, Mbak.. :(

      Harus rajin ngebersihin euy biar blognya sehat lagiiii..

      Hapus
  32. buahahahahahahahahaha aku prnh ini mak, padahal baru pertama kalinyaaa
    itupun aku gk ada maksut promosi blog aku, cmn compare doang gt...tp sampe detik ini aku intip (oops) gk diapprove2 loh sm empunya hihihihihi....ternyata karena ini ya alesan salah satunya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi.. Iya Mbaaaak, mungkin yang empunya blog ngga syukaaaa kalok dititipin jemuran.. :D

      Hapus
  33. hihihihi...aku trgntung isi komennya Beb... kalo ga nymbung ama isi, udh jls lah aku spam aja dia -_-

    tp kalo msh nyambung ku biarin, cumaaaaaa, biasanya ga ku klik jg linknya ;p

    iya males bgt tapi kalo nemu yg bgitu....kita aja ga pernha yaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Kaaaak.. Makanya itu aku buat postingan kek gini. Nyindir sih emang, biarin ah. Huahahah.. Jahat kali ya? :D

      Hapus