Laman

Jumat, 26 Desember 2014

Ora Mudheng I

Kalok ngomong sama Febri, aku harus mikir seribu kali. Selain ngga boleh keceplosan ngomongin cowok laen *bahkan Kuro sekalipun!*, aku jugak mesti pakek bahasa Indonesia yang baik dan benar. Ngga boleh ke-Medan-Medan-an.

Padahal cem yang kelen tau, bahasa anak Medan kan khas. Logatnya Batak campur Melayu sikit.

Daripada Febri masuk ke rumah sakit gara-gara pening ngartiin omongan ku, bagusan aku sok gaul dengan cara banyakin baca postingan blog yang pakek lo-gue. *biar kekinian*

Tapi ada kalanya aku khilaf dan nganggap Febri anak Medan jugak.. Kayak beberapa kasus di bawah..


Kasus I

A (aku), F (Febri)

A : "Ayaaaank.."

F : "Sayaaaang.."

A : "Ayank uda mamam?"

F : "Belom, Yang. Aku kan diet.."

A : "Loh kok gitu?"

F : "Abisnya kamu ngatain aku gendut sih.."

A : "Nantik kalok Ayank jadi punya sakit maag kek mana? Haaaaa? Jangan merengkel kenapa sih. Bikin palak aja pun!"

F : "Kamu ngomong opo toh, Yang?"

A : "Apanya?"

F : "Merengkel itu apa? Aku malakin siapa?"

*kemudian aku jadi guru Bahasa Medan trus ngajarin Febri*


Kasus II

A (aku), F (Febri)

A : "Yank, si Kuro ini lucu lah.."

F : "Lucu kenapa emangnya, Yang?"

A : "Masak dia tidoooor aja kerjanya. Abis itu meong-meong mintak makan. Trus pipis. Trus boker. Trus tidooor lagi. Enak kali hidupnya.."

F : "Perasaan kucing gitu semua e, Yang.."

*trus Kuro tetiba betingkah dan mulai nyakar-nyakarin sofa*

A : "Kuro! Jangan kau cakar-cakarin sofa itu, nantik merepet Mama trus dikurangi jatah makan mu! Mau kau rupanya? Haaaa?"

F : "Yang.."

A : "Iya, Sayang.."

F : "Kamu nyeremin.."

A : "...."

*mungkin Febri ngira aku keponakannya Tante Kunti atau Oom Uwo -_-*


Kasus III

A (aku), F (Febri)

A : "Yank, bahasa Jawanya makan mana apa?"

F : "Hah?"

A : "Makan mana bahasa Jawanya apa?"

F : "Makan mana?"

A : "Iya. Makan mana."

F : "Itu makan apa?"

A : "Ya bukan makanan. Aku nanyak makan mana gituuu.."

F : "Maksud kamu opo? Aku ngga ngerti."

A : "Makan mana loooh.. Makan manaaaa.."

F : "Iya makan mana itu kayak gimana maksudnya?"

A : "Makan manaaaa.. Masak ngga tau sih kamu?"

F : "Ya aku ngga ngerti maksud makan mana itu apa, Yang.. Kamu marahin aku terus ih. Jahat!"

A : "Aku ngga marahin.. Ya Allah.. Maksud aku makan di mana.."

F : "Ooo.. Bilang donk yang bener. Kamu jangan pake Bahasa Medan. Aku kan ngga tau.."

A : "Iya.. Iya.. Aku minta maaf ya.."

F : "Jahat!"

*selanjutnya kegiatan ku adalah bujuk-bujukin Febri yang lagi merajuk*


Nyebelin banget si Febri itu. Pacar siapa sih? Huh!

Tapi tunggu dulu. Kelen yang sering baca blog aku ini, sebenarnya ngerti ngga sih apa yang aku ceritain? Jangan-jangan kelen sama aja kek Febri. Ngga pahaaaaam.. :(

PS : Selamat ulang bulan, Ayank. Semoga niat baik kita dilancarkan. Aamiiin.. :*

120 komentar:

  1. Balasan
    1. Minta dikit boleh gak mas Kuncorro

      Hapus
    2. kasi sjla Mas Kuncoro..!, yg bagian atas sj..

      Hapus
    3. waduh jadi ribut begini
      kalo gitu tidak boleh ada pertamax di antara kita :D

      Hapus
    4. Hobi kali dapetin pertamax. :P

      Hapus
    5. Bang Aldino mau ikutan ngantri? :P

      Hapus
    6. Pertamaxnya aku yang ambil aja ah :P

      Hapus
  2. Wah sudah maen ayang ayangan nih Mba Beby Hiehiehiee
    Semoga juga niat yang baik dilancarkan
    Tapi boleh tau niatnya apa itu mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyya Ya Kang As..!, yaa.. somoga niat Si Beby,.. dipermudah dan dilancarkan. Aamiin yaa rabbal alamiin..!

      Hapus
    2. Uda dooongs.. Eheheh.. :P

      Masih rahasia, Kang. :D

      Hapus
    3. Aamiiin.. Makasih ya, Bang Aldino :D

      Hapus
  3. Hahahahahahaha.... ngakak sy bacany beb ....
    eh tapi sy paham kok mkasud yg beby post do blog ... klo kadang harus bolak-balik bacanya... bru debh bsa ngrti mksud tulisannya ... hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. si Beby Mas Afgan..!,
      pandai dya membawa suasana seolah2 seperti bertatap langsung klw baca isi postnya Gan..!

      Hapus
    2. Jangan ngakak-ngakak Bang, nantik rahangnya pegel.. :P

      Alhamdulillah.. Syukur lah kalok gitu.. ^^

      Hapus
    3. Aku cumak cerita apa adanya aja kok, Bang.. :D

      Hapus
  4. paham sie, karena tiap datang ke blog mbak Beb, saya bawa kamus

    BalasHapus
  5. Nah, yang begini nih..
    bikin demen baca, boleh boleh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah.. Bukak aib terus ya biar banyak yang sukak bacanya.. :D

      Hapus
  6. lucu bnget hehe.. aku bukan simak bahasanya, tapi keakurannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk.. Ngga akur sebenarnya, Mbaaak.. :D

      Hapus
  7. Yaelah beb itu percakapan kek aku sama abangku yang di aceh kalau ngomongnya itu suka di campur2 pake bahasa aceh kan saya jadi ngga ngerti bahasa aceh, yaudah saya marahin secara halus wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini abang kandung apa abang sayang, Wid? Wakakakakkk.. :D

      Hapus
  8. Bah, blog orang batak kali ini.
    Salam kenal ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan orang Batak, melainkan orang Medan. :D

      Salam kenal jugak yah ^^

      Hapus
  9. Aku nggak ngerti hahaha... Palak apa pulaaa... makan mana apa lagi tuh =))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah.. Kamu orang Jogja jugak kan ya, Naaa? :D

      Palak itu artinya kesel.
      Makan mana itu artinya makan di mana. :P

      Hapus
  10. Dingerti-ngertiin aja Beb kalo baca dimarih. Semoga bisa terus bikin postingan seri ini yaaa. Hahahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makjleb, Bang Dani. Bahahah! :D

      Iya dooongs.. Harus tetep lanjut. In Shaa Allah.. :P

      Hapus
  11. Ora mudeng itu karena terlalu tinggi bahasa dialognya, coba pake bahasa manggut-manggut saja hehe

    BalasHapus
  12. Hahaha kocak nih. Aku ke adi tetep pake bahasa indonesia tapi malah kadang aku disuruh ngomelin dia pake bahasa manado. \:D/ ciee. Longlast yes. Hihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah.. Aneh banget si Adi itu, Dev. :P

      Hapus
    2. Emang. Biar gitu mah pacar satu-satunya tuh. \:b/

      Hapus
    3. Wkwkwk.. Setia nih ceritanya? :D

      Hapus
  13. selain ulang tahun , memang ada ulang bulan ya baru sadar ane

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha bener tuh gan baru sadar ..

      Hapus
    2. Kesian banget keliyan berdua.. Makanya gahul dooongs sekali-sekali. :D

      Hapus
  14. Gue juga baru tahu makan mana itu apa ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu harus ke Medan kalok gitu, Di. Maen gih ke Danau Toba! :P

      Hapus
    2. Wah iya! Temen gue kemaren pernah ke sana dan langsung bangga2in. Katanya keren banget. \:D/

      Hapus
  15. slow jak beb, jadilah diri sendiri dengan kekhasan ente dan daerah ente. kalu die sayang, harosnye die ngarti beb. dan itu adalah dirik kau yang sebenarnye. iye ke??? semangart beb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Bang.. Aku senang kalok jadi diri sendiri. Perkara orang ngga ngerti ya uda, berarti harus orang itu yang aku ajarin.. Bukan akunya yang berubah.. :P

      Hapus
  16. Duh, susah ni kalau anak muda lagi kasmaran. Isi blognya tentang pacar semua huuuuuaaaahhh

    BalasHapus
  17. inih baru pas..!,
    ada ciri khas tersendiri.. seru..seru MyBeb..!,

    Buat Mas Feb..!
    jaga Beby baek2 ya..!?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mreprt mrepet mrepettttt....

      Hapus
    2. Iya dooongs.. Mesti ada ciri khas. :D

      Hapus
    3. Emang Abang tau artinya merepet itu apa? :P

      Hapus
    4. Bang Fiu sukak merepet jugak? :D

      Hapus
  18. hahaha jujur beb saya juga gak terlalu ngerti kalo beb bicara pake logat Medan :v apalagi makan mana ? haha jujur kalo saya jadi febri pasti saya juga garuk garuk sendiri wkwkwk :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk.. Ngga papa lah Bang, sekalian belajar Bahasa Medan.. Ya kan? :D

      Hapus
    2. Mana tau dapat jodoh orang Medan :P

      Hapus
  19. aku yo ora mudeng ngomong apa wkwk

    BalasHapus
  20. Kalo aku ya ngerti toh kak. Merengkel, makan mana, aku tau bahasa medan, tapi gak tau bahasa batak. Kak, ganti theme blog dong, bosen nih liat tampilannya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku jugak ngga pala tau Bahasa Batak Yu, kan Batak macem-macem. :P

      Enggak ah. Aku setia sama tema ini. Ini tema pertama dan mudah-mudahan yang terakhir. Aamiiiin.. :P

      Hapus
  21. trus dihari ultahnya makan mana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngga ada makan ke mana-mana. Hiks. T_T

      Hapus
  22. hehehe moga makin sayang ya kakak hhe ikutan gak mudheng nih hehe pizz

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiiin..

      Berarti orang Jogja emang ngga bisa ngerti Bahasa Medan. Okesip. :P

      Hapus
  23. Kalau pake ayank ayank gitu, kok serasa remaja lagi ya? hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ibuk sama Oom ku masih pakek ayank-ayank-an loooh.. :D

      Hapus
  24. ngerti Beb..aku ngerti... hihihihihihi :D

    Aku pun gitu juga ama suami... tp skr dia udh mulai ngerti aku ngomong apa ...jd dulu kita pernah salah paham jg...mw janjian nonton nih...msh pacaran dulu....

    Raka: aku jmput jam 5 sore ya...udah otw nih.
    aku: Ok..aku udh siap mandi kok
    Raka: kamu belum mandi jugaaaa??! aku kan bntr lg nyampe
    Aku: kan aku blg udh siap mandi!!
    Raka: mksdnya kamu baru mau mandi kaaan??

    wkwkwkwkwkwkwk....jd kata2 siap disini artinya ya siap akan dikerjakan ;p sementara aku ngartiinnya 'selesai' ;p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ada yang ngerti jugak.. :D *sujud syukur*

      Bruakakakakk..
      Sumpah Kak, ngakak aku baca dialog Kakak sama Abang.. Untung aja Abang tipe penyabar ya. Kalok enggak kan uda merepet kian bikin emosi. Ya kan, Kak? :P

      Aku jugak baru tau. Makanya Febri sering nanyak, "Siap itu apa sih? Siap itu selesai ya?"
      Ribet amat ngomong 'selesai'. Telipat-lipat lidah ku dibikin. -_-

      Hapus
    2. itulah beb...kpanjangan kan kalo bilang 'selesai'..

      suka ribet kdg2 org sini :D .. nth napa ga disingkat2 aja biar lbh gampang hahaha

      Hapus
    3. Iya.. Selesai itu gelik kali ku rasa cara bilangnya. Wkwkwk.. :P

      Hapus
  25. Makan mana, makan dimana, Mangan neng ngendi, gitu lho mba :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah.. Itu aku tau, Bang. Tapi yang ku maksud Bahasa Jawa versi Jogja.. :P

      Hapus
  26. hahaha koplak dah dialognya.. bikin ngakak
    gue ngerti kok kak Beb, walau harus mikir-mikir gimana gitu. tapi saran aja sih ya, kalo nulis itu lebih baik menggunakan bahasa yang efektif, ya seperti bahasa Indonesia gitu :)
    soalnya kan takut ada pembaca yang kurang paham :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senang kali nampaknya si kawan satu ini bah. :D

      Ngga papa Yog, aku ngga akan ngubah sik. Soalnya aku ngga mau terikut. Pengen orang tau dari mana aku berasal. Aku cinta kali sama Medan. Hahah.. :D

      Hapus
    2. wah bagus banget deh kalo gitu, ciyee konsisten dengan cinta Medannya :)

      Hapus
    3. Wkwkwk.. Iya, Yog. Harus konsisten. :D

      Hapus
  27. hahha lucu ya, enak punya yayang kayaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak kok, alhamdulillah. Makanya buruan punya :D

      Hapus
  28. Kadang-kadang aku yo ora mudheng, Beb. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah.. Ngga papa Mbak, skip aja :P

      Hapus
  29. Huahahaha yang makan mana kocak deh beb.. ngerti dikit2 kok beb baca postingan2mu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalok ngomong sama dia mesti banyak mikir Reeee, capeeeeek.. :P

      Iiiih.. Kamu uda maen pindah aja yah ke WP! Hahah.. :D

      Hapus
  30. Bahasa medan itu memang tiada duanya dan tiada tandingannya, horas medan :D

    BalasHapus
  31. horas mba! agak lost tadi ditengah2, jadi baca ulang, tetep lost. beda pulau jadi ga ngerti maksudnya
    my baaddd!!!
    btw, happy birthday yank!! *FTW*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Horas! :D

      Halah. Emang kek mana pun ngga bisa langsung ngerti. Ya kayak kasus kamu ini.. Hihihi.. :P

      Hapus
  32. lucu juga postingan mbak BENY kali ini,,,,ada bahasa merengkel segala tuh,,kalau dikampung saya merengkel itu adalah benda yang mengkerut seperti kerupuk yang sudah seminggu hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buset. Aku ganti nama jadi kelaki-lakian. Wkwkwk.. :D

      Itu kalok pakek huruf e lembut Kang, ini sih e nya e keras gitu :P

      Hapus
  33. hahaha kadang gak ngerti juga kak beb,tapi bacanya seru kok ;)
    baru tau juga kalau makan mana itu makan apa hehe

    BalasHapus
  34. ya ampun sama kuro juga ya mba.

    wah.., wah..,

    apa dia cemburu ya sama kuro. karena kuro lebih di sayang. he he...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah.. Karena faktanya aku emang lebih sayang sama Kuro, Friiiid :P

      Hapus
  35. Ngerti Beb, saya kan orang Sumatera, kalau bahasa Jawa baru ga ngerti hahaha,

    Aamiin, ditunggu kabar bahagianya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah.. Sesama orang Sumatera pasti ngerti lah ya, Mbaaak.. :D

      Aamiiin..

      Hapus
  36. Oh Kak Febrinya bukan orang Medan? Kirain teman dari Medan. Sudah saatnya me nasional :). Pembaca blog ini kyknya dah dari seluruh Indonesia deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Bang, dia dari Jogja.. Temen blogger ku yang di Medan ya cumak Mbak Noni.. :D

      Hapus
    2. Waduh mas mas Jogja berarti harus ngomong jawa dong :)

      Hapus
    3. Hahah.. Iya Bang, tapi Jawa-nya bedaaa.. Aku ngga ngerti :P

      Hapus
    4. Iya sih. Jawa dari Jogja juga beda dengan jawa timuran. Saya yang half-jogja juga suka ndak mudheng. :D

      Hapus
    5. Loh.. Bang Sandy ada turunan Jogja? :D

      Iya beda banget.. Apa tuh inggih, mboten.. Pening kepala ku dibuatnya.. Wkwkwk.. :D

      Hapus
  37. Ajarin tuh Febri biar ngerti klo ko ngmong Beeeb :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udaaaa.. Pelan-pelan ngajarinnya, biar ngga pala tekejot dia. :D

      Hapus
  38. hhahahaha ora mudheng lah terus piye toh nduk,,seng penting uripmu wes enak urip digawe nyantai wae yoooo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah.. Iya Mbak, lebih enak lagi kalok akhirnya bisa deketan.. Mueheheh.. :P

      Hapus
  39. kita so sweet banget ya yang ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Yank.. So sweet banget.. :*

      Hapus
    2. Jiiiaaahhhh, pacare nang blogger juga to.. Keren-keren!

      Hapus
    3. Hihihi.. Uda kenalan belom, Yon? :D

      Hapus
  40. Yen pancen ora mudeng yo wis mbak, keren pacare wong Jowo. Wonge apik-apik mbak, salam nggo pacara nggih.. Hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha iyo.. Soale Mama ku karo pacar ku kan wong Jowo.. Hahah.. :D

      Hapus