Laman

Jumat, 25 Juli 2014

Petuah Petani di Sawah

Abis turun dari pohon *akhirnyaaa* aku jalan kaki keliling desa, yang entah kek mana tau-tau masuk ke dalam hutan kecil. Zzzzz.. Owalaaah.. Nyasar lagi ini namanyaaaaa!

Tapi Allah SWT itu Maha Pengasih dan Maha Penyayang ya. Aku malah nemu persawahan. Aku liat ada ibuk-ibuk lagi nanem padi di situ. Ya uda aku nongkrong lah. Capek bok, jalan kaki sejam lebih. Wkwkwk..

Ibuk itu senyum liat aku yang merhatiin beliau. Ngga sadar *mungkin naluri petani ku tumbuh* aku nanyak, "Boleh ku bantu, Buk?"

"Ai.. Mari lah.. Sini sini.. Turun kau ke sini.." ajaknya dengan riang.

Hahah.. Nyawah, meeeeeen! Asik kali iniiii.. Aku mukul-mukul gabah ke apa-lah-itu-namanya-yang-macam-kotak-kayu-ituh-biar-bulir-padi-lepas.. Dan lagi-lagi, ngga ada kata 'sempat' buat moto..


Kira-kira sawahnya cem itu..


Ibuk itu marga Pelawi.. Yang pertama kali beliau tanyak ya pasti lah suku..
 
"Marga apa kita, Nang?" tanyanya..
 
Sebenarnya aku mau jawab kalok aku ngga punya suku.. Cumak daripada payah, ku jawab aja, "Ngga ada marga ku, Buk.. Orang Minang nyah aku.. Bukan Batak atau Karo.."
 
"Ei? Dari mana nyah kau?" tanyanya lagi.
 
"Dari Medan, Buk.. Dari lahir aku uda di Medan.. Orang Medan aku.." jawab ku lagi.
 
Ibuk itu ketawa.. Entah karena aku polos, entah karena aku keliatan bego. Hihihi.. :P
 
"Oooo.. Yang ku kira nyah kau dari Jawa sana.. Rupanya orang Medan ya? Nampak dari logat mu.. Buat apa kau ke mari? Suntuk rupanya kau di Medan itu? Anak muda kan biasanya banyak suntuk-suntuk itu.. Apalagi kalok uda tentang cinta.." katanya enteng.
 
Makjleb.. -_-
 
"Ah Ibuk ini.. Mana pulak aku suntuk karena cinta, Buk.. Emang uda lama mau ke mari.." aku mencoba ngeles.
 
 
Sengeles pas ditanya Mama kenapa sepatu dan celana ku belepotan tanah :P


"Aduh.. Jadi teringat aku waktu sebaya kau, Nang.. Waktu itu baru tamat nyah aku SMA. Bingung aku memilih cinta. Kau cantik. Pasti banyak yang sukak sama mu kan?" katanya.
 
Buk, aku ini jones. Jomblo ngenes.
 
"Hahah.. Setau aku ngga ada yang sukak sama ku, Buk.." kata ku.
 
Idung ku kembang-kempis. Dibilang cantik, cuuuuy.. Muahahah.. :D *didorong ke jurang*
 
"Bah. Iya nyah? Bohong kau.. Biar ku kasih tau ya, Nang.. Kau musti pilih orang yang mau berkorban buat kau. Macam aku dulu. Ada dua laki-laki yang sukak sama ku. Bingung aku mau yang mana. Sama-sama baik nyah orang itu. Cumak aku tes. Siapa yang cumak bilang sayang-sayang aja, sama siapa yang akhirnya ketauan sayang betulan. Ya pakek berkorban itu lah. Cinta itu sakit loh. Karena pasti pisah. Salah satunya mati, atau dua-duanya langsung mati. Ya kan?" beliau nanya meminta persetujuan ku..
 
Aku ngangguk-ngangguk..
 
Berat bah pembahasan kali ini. Abaaaang, heleeeeeepppp! T_T
 
Trus Ibuk itu lanjut ngomong lagi..
 
"Kalok ada yang mau berkorban demi kau, bisa ku pastikan lah itu dia yang terbaik dan memang Tuhan kasih ke kau, Nang.. Yakin lah. Ngga semua orang yang sayang itu mau berkorban loh. Betul. Tak usah lah kombur. Maen otak lah kita. Berkorban itu harus. Sama kayak kau nanti berkorban nyawa demi melahirkan anak mu. Sakit itu kan? Tapi kau cinta sama anak mu, makanya mau kau korbankan nyawa mu itu. Ya kan?"
 
Mmmm.. Aku terdiam..
 
"Lakik ku dulu ku pilih karena dia berkorban loh.. Sempat mau jatuh dulu kami ke jurang sana, tapi biar aku selamat, rela dia tarik tangan ku ke atas sedangkan dia masik di bawah.. Rela mati dia.. Untung ada tetangga kami yang lewat. Dipanggilnya lah orang kampung. Selamat lah kami dua. Langsung ku pilih lah dia. Hahah.. Uda terbukti dia cinta sama ku. Apalagi yang ku harap? Apa mau ku tolak jodoh dari Tuhan, yang Tuhan sendiri uda kirim ke aku? Jangan banyak kali pikiran mu, Nang.. Nantik tua kau.. Hahah.. Di mana kau nginap? Yok biar ku antar kau balek.." kata beliau akhirnya.
 
Diantarnya lah aku ke penginepan ku.. Ngelewatin hutan tadi, sambil ketawa-ketawa.. Cerita kek mana dia akhirnya bahagia hidup sama laki-laki yang mau berkorban buat dia itu.. Iss.. Makjang.. So sweet kali ah :'D
 
Lain kali kalok aku ke Tongging lagi, jumpa kita ya, Buk.. ^^

80 komentar:

  1. hebat banget tulisan ini. salut bangeet...

    jadi ngingetin raditya dika. dulu raditya dika juga kayak gini. berawal dari blog, lalu ke buku, lalu ke standupcomendy, lalu ke Film, lalu terkenal deh ke seluruh indonesia. aku pikir cuma raditya dika aja yg bisa nulis sehebat gini. ternyata ada juga beby rischka. he he.., keren keren..

    yupz di tunggu lagi ya cerita dari medannya yg seru seru...

    ngomong2 ibuk itu hebat juga ya dapet 2 cowok he he pake di test lagi. he he....,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah.. Masik belom bisa disandingkan sama Bang Raditya Dika lah, Bang.. Jauh kali pun. Hahah.. Masik amatiran kali aku.. Dan ngga pala lucu.. :D

      Siiiip.. Banyak cerita soalnya di Tongging - Berastagi ini.. Hahah..

      Iya, paten kali Ibuk itu ya.. ^^

      Hapus
    2. boong frid..admin emang suka merendah ko'...maklum walaupun tomboy tapinya tetep feminim lah...:D

      Hapus
    3. Hahah.. Mana lah pulak, Bang.. :P

      Hapus
  2. Ceritanya cerbung nih.. hmm..

    *brb baca yg sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah.. Abis kalok dijadiin satu postingan bakalan terlalu panjang.. :P

      Hapus
  3. hiihihi.. boleh boleh.. lanjut deh postingannya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apanya yang boleh boleh? Aku tersiksa tauuuk! T_T

      Hapus
  4. Wah ibu-ibu yang nanem di sawah ternyata pengalaman nya banyak ya .. terutama tentang cinta haha ... kalo di sinetronkan pasti diperankan sama Christine Hakim :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi.. Iya, Bang Sandy..
      Aku jugak ngga nyangka loh, tetiba aja beliau cerita kek gitu..
      Apa dari mukak ku yang hina ini terpancar aura menyedihkan yak? Buahahah.. :D

      Iyaaa.. Christine Hakim cocok banget jadi Ibuk itu.. Wajahnya teduh.. ^^

      Hapus
    2. Lah Beby kenapa usil sekali pengen masuk-masuk sawah begitu? Keluyuran nya bener-bener merakyat ya haha..

      Hapus
    3. Yah abisnya capek Bang, jalan kaki uda sejam lebih.. Jadi ya udah duduk di pematang sawah aja.. Eh malah tertarik buat bantuin ibuk-ibuk itu.. Hahah.. Ya memang orang kampung sik, jadi ujung-ujungnya maenannya tetep nyawah deh :D

      Hapus
    4. Hee... keluyurannya menantang sekali sampe jalan sejam lebih. keluar masuk sawah. bentar lagi pasti masuk rimba belantara :D

      Hapus
    5. Heheh.. Iya Bang, emang senengnya keluyuran yang menantang adrenalin.. :P

      Hapus
  5. Turut tertawa membaca kisah ini... Mantabs ceritanya dapat jadi cerpen neh...

    Salam dari Pulau Dollar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah.. Antara ngenes sama lawak ya, Bang.. Tapi ini betulan.. Jadi agak-agak gimanaaa gitu rasanya.. :D

      Hapus
  6. bhahahaha..ini mah ibuk curhat tentang pengorbanan cinta,,,
    Tapi seru juga nih ceritanya ibuk,,,boleh kau tiru lah Beb,,,hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah.. Ngga papa lah Mbak, kalok akhirnya bisa bahagia yah :D

      Hapus
  7. lah koq jomblo? bukannya udah jadian?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi.. Ah Mbak Noni.. Ini kan cumak buat carik sensasi aja, Mbak :P

      Hapus
  8. emang asik ya ngajak ngobrol org yg baru ditemui. suka gak terduga topik yg jd obrolan. n gak nyangka bakal dpt pelajaran apa aja. ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener Qied, yang bikin aku bingung kenapa pas pulak ya? Bahahah.. :D

      Hapus
  9. Hahahaha... anak muda kan suka suntuk2an, apalagi soal cinta, wkwkwkwkw... Emak2 itu gaul juga rupanya ya beb :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gaul kali pun, Bang.. Salut aku dibikinnya :D

      Hapus
    2. hahahaha,... betul, gaul tuh... jangan2 itu emak2 gaulnya sama anak2 muda :D

      Hapus
    3. Wkwkwk.. Siapa tau ya? :D

      Hapus
  10. Ya mereka-mereka itulah inspirator dan motivator sejati.
    Bukan begit, Mbak Beb? :)

    BalasHapus
  11. Jadi kapan Baby kawin nya? *lho* *dijorokin ke jurang ama Baby*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh, Keeeeee.. Aku tau sik kamu pengantin baru, tapi mbok ya jangan nyirikin ngapah. Wakakakakkk.. :D :P

      Belom tau nih.. Belom dilamar.. *kode*

      Hapus
  12. makanya bebi, jangan banyak kombur lah ko.... klo cinta si copres bilang lah ko ma dia :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uda ku bilang sama dia tiap hari, Bang.. Eh tapi bukan bilang cinta sih, melainkan sayang.. Heheh.. :P

      Hapus
  13. Jones .. jomblo ngenes? hihihihi ngakak aku Beb :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi.. Bahasa anak zaman sekarang, Mbak.. :P

      Hapus
  14. haaaiiii :( udah lama nih aku ga berkunjung, kangen sama blog ini :p wkwk

    liat pemandangannya jadi pengen ke sawah -.-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haiiii.. :*
      Yah ngga papa, Masroh.. Dimaapkeun.. :P

      Main dongs ke sawah.. Enak loh :D

      Hapus
  15. Hmm, baiklah... petuah si Ibu akan gue laksanakan! Cewek inceran gue, mesti dijatuhin ke jurang dulu, baru gue selamatkan, haha....*Pengorbanan!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk.. Ngga gitu jugak caranya kali, Bang.. :P

      Hapus
  16. Hehe banyakk beberapa kata yang aku ga ngerti. salam kenal.

    BalasHapus
  17. *lanjutan komentar

    Cciiiee yang akhirnya ketemu sama guru :p
    Ayo beb, berguru sama ibuk itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi.. Mau berguru lebih banyak lagi aku, Bang..
      Nantik deh, tanggal 8 In Shaa Allah ke Tongging lagih :P

      Hapus
  18. haha keren deh ibu itu, logika nasihatnya masuk akal dan pengalaman cinta is ibu itu lho dah kayak yg ada di film2 India, maennya di jurang jurang haha, :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah.. Iya keren banget..

      Lha gimana maennya di jurang, orang daerah sana kan bukit dan jurang semua..
      Wkwkwk.. :D

      Hapus
  19. Ilmu mu kalah Beb sama Ibu tadi :p
    Musti sungkem tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ih.. Iya loh Bi, aku sungkem beneran tauk.. Mihihihi :P

      Hapus
  20. Waah... orang sana ramah-ramah, yaaa.... Benerlah tulisan yg pernah aku baca di buku PPKn dulu, bahwa orang Indonesia ramah dan santun.... :)

    Bener banget tuh Beb apa yg dibilang sama ibu itu. Hati-hati sama omongan lelaki. Kalau cuma ngomong aja dan ngegombal, kami jagonya. Itu hal kecil buat kami, haha.... *kabur dari teman-teman sesama laki-laki

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener kali, Bang Ditter.. Itu lah kelebihan orang Indonesia ya..
      Ramahnya ngga ketulungan.. :D

      Oh.. Gitu? -_-
      Emang Abang jago ngegombal? Jadi pengen digombalin.. *eh* *wkwkwk* :P

      Hapus
  21. makjleb...itu ibu daleeemmmm bgt kata2nya ;)

    jd udah tau sapa yg dipilih Beb ;p #Halah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makjleb kali, Kak.. :P

      Udah dongs.. Tetep pilih si Abang.. Hueheheh.. :D

      Hapus
  22. Whahahahhs Dapat kosa kata baru JOMBLO NGENES> Wahahahahaa
    Melengkapi kosakata yang sudah ada
    Jomblo Tragis. Jomblo Bahagia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah.. Jangan lebar kali ketawanya, Bang.. :D

      Jomblo Akut..
      Jomblo Tuk Selama-lamanya..

      Hapus
  23. ceritanya mirip di film nih

    BalasHapus
  24. Bercerita itu indah
    Bisa bantu buang gundah
    Sungguh indah kesawah
    Walau belepotan tanah

    BalasHapus
  25. petuah petani,,,,, petaniku petaniku...hehehhe..
    minal aidin wal faizin beb,,lair batin mohon maaf,,,hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minal aidin wal faidzin jugak ya, Bang.. :D

      Hapus
  26. waduh seandainya yang jadi ceritanya nya aku sama beby mau dong so sweeeeetttttt hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah.. Emang Abang pengen begitu yak? :P

      Hapus
  27. selamat hari lebaran
    mohon maaf lahir bathin ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf lahir dan batin jugak ya, Bang.. :D

      Hapus
  28. Hallo beb.. Selamat idul fitri yah. Mohon maap kalo komentar-komentar selama aku blogwalking dimari ada kata-kata yang kurang sdap. Mampir kemari :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat Idul Fitri 1435 H, Bang Arif..
      Mohon maaf jugak ya.. *sungkem*

      Ah.. Kalok kurang sedap ya tambahin gula, garem en merica lah.. :P

      Hapus
  29. hidup ini uni yah hehe
    ke sawah malah dapat petuah tentang cinta :D
    blogwalking di lebaran kedua, mohon maaf lahir batin dan salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unik banget.. :D

      Mohon maaf lahir dan batin jugak ya..
      Salam kenal kembali ^^

      Hapus
  30. Hallo Beb, gimana Lebarannya di sana? ditunggu postingannya ya, Happy Lebaran, maaf lahir bathin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, Mbak Elyyyyy... :*
      Lebarannya ruameee banget. Hahah.. :D

      Uda bikin postingan baru dongs.
      Heheh..

      Mohon maaf lahir dan batin jugak ya, Mbak El.. ^^

      Hapus
  31. lama tak sempatkan mampir kesini.
    ijinkan saya bilang
    Mohon maaf lahir dan batin.
    salam sehat dan ceria selalu ya neng.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf lahir dan batin jugak ya, Kang..
      Amiiin..

      Makasih banyak ^^

      Hapus
  32. cuma mau ngucapin selamat hari raya idul fitri, mohon maaf lahir dan batin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf lahir dan batin jugak yah.. ^^

      Hapus
  33. di tempat saya tinggal juga banyak orang batak sih mbak.. tapi kok saya masih suka ya baca pake logat batak walaupun saya orang jawa hehehe asik nih ceritanya mbak beb hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ohya? Emang Abang tinggal di daerah mana? :D

      Iya.. Sengaja pakek logat Medan biar tetep inget dan nunjukin kalok aku berasal dari Medan.. Heheh.. :P

      Hapus
  34. Di kampungku, di blitar jawa timur ada banyak sawah hijau juga :D pengen lihat sawah di tempat lain di indonesia hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ohya? Iiiih.. Jadi pengen ke sana.. Hahah.. :D

      Sempatin datang ke Tongging, Bang.. Ngga rugi lah, In Shaa Allah.. Sayangnya waktu ke sana aku ngga sempet ambil foto. Tapi mungkin awal September mau ke sana lagi.. :P

      Hapus
  35. wah nang aku baca isi yulisan kao mak jlebbb kali nang wakakaka, sungguh seru seru mbak beby aku baca dari atas sampai akhir kalimat ikut senyum senyum sendiri, wes pokoke mak jlebbb lah....

    BalasHapus
  36. wah sepertinya menarik sekali kalo bisa pergi ke tongging ya

    BalasHapus