Laman

Rabu, 18 Juni 2014

Kue Lebaran

Puasa aja belom, tapi aku uda bikin kue lebaran. Wakakaakkk..

Ini berdasarkan ide dari Mama tersayang. Beliau bilang, mending dibikin dari sekarang aja daripada pas puasa nanti. Karena aku pasti selalu punya alasan buat nyicip walaupun lagi puasa!

Yang mendadak pening lah.
Sakit perut lah.
Asam lambung kumat lah.
Dehidrasi lah.

Jadi untuk menghindari alasan cemen di atas, Mama pun bersikeras buat bikin kue lebaran sekarang. Tapi beliau lupa kalo ada kemungkinan satu lagi..

Kuenya bakalan keburu abis sebelum lebaran dimulai! Preeeet..

Mulut ku sibuk ngunyah kue-kue yang lezat ini.. Ya buat apa bikin kue kalo bukan untuk dimakan? Ya kaaaaan? *dilempar oven*

Kue lebaran kesukaan ku yang ini nih..


Ambil lagi ah kue choco chipsnya.. :q


Enaknya jadi anak tunggal tuh keputusan ku lah yang jadi utama di sini. Bahahah.. :D *ketawa pongah bin congkak* Tapi selera ku emang jadi trendsetter sik. Adek-adek sepupu ku selalu sukak apa yang aku sukak. Apa jangan-jangan orang itu kek gitu karena takut sama ku ya?
 
Halah..
 
Whatever, I don't care.
 
Yang penting lambung ku nyaman, aman, sehat sentosa..
 
Trus kue yang ini jadi favorit keluargaaaa..
 
 
Kue nanas alias nastar yang bikinnya capek setengah mati -_-


Bikin kue nanas emang nguras tenaga kali loh.. Aku yang cumak bantuin aja uda klenger, apalagi Mama yang full ngerjain mulai dari adonan sampe ngebaking. Aku kan cumak bantu icip-icip sama ngoles-ngoles doank..
 
Bulet-buletinnya jugak sampe hajab kali ah. Nanti yang makan enak kali ya, tinggal mangap trus ngunyah. *mendadak dengki*
 
Mmm.. Trus satu lagi, kue lebaran favorit kedua dan favoritnya Kuro! Kue apakah ituuu?
 
Jeng jeeeeeeng...!!
 
 
Kue Sempriiiiiit :D


Lucu ya namanya? Hihihi.. :P
 
Ngga tau jugak dari mana asal kata Kue Semprit ini. Lha wong kata Mama uda dari zaman beliau kecil.. Wkwkwk..
 
Kalo pas hari raya, kelen sukak bikin kue jugak ngga sih? Biasanya kue apaan yang dibikin? ^^

96 komentar:

  1. Kalo aku sih, cuman bantuin emak aja. Gak tau doi buat kue apa, kalo enak ya aku cobain dan ngasi saran "banyakin buat ini aja mak". Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi kalo Mama kamu bikin kue Lebaran pas puasa, kamu sering ngga puasa donk, Yu? Bahahah.. Ketauaaaaaan :D

      Hapus
    2. Ssst... jangan bilang - bilang, ini rahasia.

      BTW, aku PERTAMAX!!

      Hapus
    3. Uda ke-ketik, lha gimana cobak? Bahahah.. :D

      Iyaa iyaaa.. Selamat yaaaa.. -_-
      Kok pada seneng sih pertamax di sini..

      Hapus
    4. Kasian ya.. Jadi yang kedua.. *eh* Bahahah :D

      Hapus
  2. Lezatnya tercium hingga ke sini...

    Salam kenal dari Pulau Dollar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah.. Masa siiih? :D

      Salam kenal kembali ya ^^

      Hapus
  3. udah nyolong start kamu biihhhh...
    Kue2 kek gitu aku nggak terlalu suka bih, paling kalo lebaran ibu aku suka bikin kue sumprit itu sama kue bawang/ stik bawang, enak gurih2 gitu, tapi yang paling aku suka itu tiap lebaran ibu pasti bikin manisan dari buah beligo,.. mak nyuuss beb,.. plus biasanya ada krupuk pasir & pecel,.. aaaa mantapp dehhh *kruukk kruukk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo di Medan ya wajib kue-kue kering kek gini, Mbak.. Hihihi.. :P
      Iya curi start ah, daripada puasanya bolong.. *eh*

      Kue bawang palingan nanti berapa hari sebelum Lebaran, soalnya biar fresh gitu.. Hahah..
      Buah beligo itu apaan yak? Baru denger..

      Hapus
    2. buah melinjo kayaknya deh

      Hapus
    3. Oh melinjo.. Enak tuh disayur asem :D

      Hapus
    4. Aaakkk bukaannn,... melinjo kan buat emping kalo beligo tuh gede, kayak labu air gitu waranya, coba googling deh

      Hapus
    5. Uda googling Mbak, cumak masih belom ngeh jugak. Bahahah.. :D
      Entar deh nanya Mama :P

      Hapus
  4. Hadeeuuuuuu

    Kalo dirumah biasanya mulai bikin baru seminggu menjelang lebaran.
    soalnya kalo dibikin skrg gak bakal awet. seminggu juga udah abis wkwkwk

    Jadi ngilerr :9

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah.. Ini palingan juga sebelum Lebaran bikin lagi, Bang.. :D
      Soalnya kalo Lebaran keknya uda muak deh makannya.
      Mending dicemilin sekarang ajah. :P

      Mau?
      Dateng ke Medan laaaa :D

      Hapus
  5. Balasan
    1. Biar bisa puasa dengan tenang, Mbak. Hihihi.. :P

      Mbak Non mau?

      Hapus
    2. Halah.. Nyambung aja Abang ini :P

      Hapus
  6. itu kue semprit kok kayak janggel jagung...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah.. Emang kek gitu bentuknya, Bang :D

      Hapus
  7. oy oy.... udah mulai order kue lebaran ne...
    abang pesan ya beby....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngga ada pesen-pesenan.. Bikin sendiri yaaa..
      Bahahahah :D

      Hapus
    2. yaaa kecewa konsumen... heheheh, tapi itu enak... bole lah abang cobain... :p

      Hapus
    3. Ngga boleeeh.. Khusus aku dan Kuro aja yang boleh makan :D

      Hapus
    4. heemmm si beby pelit..... gak mau berbagi... heheh huhuhu... :p

      Hapus
    5. Bahahah.. Iya laaaah, kan cumak buat Kuroooo :D

      Hapus
    6. iyaiye... abang kagak minta dah....
      datang aja deh abang kerumah beby.... tapi dimana yaa daerah deli serdang...

      Hapus
    7. Hahahah.. Makjaaaaang, mau maen ke rumah ah.
      Belom dikasih izin sama mamak ku, Baaaang.. Taon depan lah ya :D

      Hapus
    8. weleh weleh.... mang udah di bilang sama mamak beby..?? kog malah di suruh tahun depan... ckckkc :)

      Hapus
    9. Wkwkwk.. Uda bilang.. Kata beliau lagi ngga menerima tamuuuu.. Suruh kelarin skripsi duluuu.. Bahahah :D

      Hapus
  8. hehehe, padahal puasa masih beberapa harilagi ya , tapi kue kue nya sudah pada di buat ni

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Bang, biar ngga ganggu kekhusyukan puasanya :P

      Hapus
  9. hajab..., ha..ha.., kangen kata ini
    kue semprit itu kesukaan waktu anak2.. di rumah opung, udah lama nggak makan kue semprit
    share resepnya dong Beb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahahah.. Uda jarang dengar ya, Kak? :D

      Sip deh.. Besok aku posting ya, Kak.. ^^

      Oh ya, paketnya tadi ditelepon sama JNE, besok disuruh ngambil aku Kak, di kantor pusat.
      Halaaaah.. Nanti aku kabarin lagi ya, Kak.. Bener-bener lah JNE ini.
      Maap uda nunggu lama ya :(

      Hapus
  10. buset dah dah bikin tanggal segini dah pasti deh abis ma beby nih sebelum puasa juga :d xixixixi kali aja mama mah ngajarin u bikin kue intina

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi.. Iya Bang, yang kue choco chip nya uda dicemilin mulu. Bahahah :D

      Hapus
  11. salam kenal mba :)
    kalo sy suka kue putri salju
    manis, gurih, lumer di mulut
    enaaaaakkkk :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali ^^

      Ohya? Aku juga sukak kue salju..
      Tapi abis itu sakit gigi sih. Hihihi :P

      Hapus
  12. ternyata mama-nya idenya cemerlang....bikin kue lebaran jauh hari sebelumnya.....dirumahku juga demikian...tujuannya..agar ibadah puasa tidak terganggu dengan acara bikin kue....nastarnya di bagi dong....
    keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheh.. Iya Bang, soalnya kalo pas puasa asik adaaa aja alasannya buat nyicip :P
      Mau dibagi? Datang lah ke Medan. Bahahah :D

      Hapus
  13. aku gak kue kue an. gak baju baru an. gak mudik. lebaran antimainstream pokoknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malang sekali nasib mu, kisanak.. :P

      Hapus
  14. wah dimedan ada kue semprit juga yah, tapi kayanya memang kue satu ini ada dimana2

    BalasHapus
  15. Nastar, kue yang capek bikinnya, tapi lama abisnya. Sampe lebaran taun depan pun masih ada. Haha..

    Apa kabar beb? Lama tak bersua :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah.. Iya, lama abis dan capek bikin.. Tapi ngga juga sih Bang, soalnya keluarga ku pada suka si nastar ini.. Kalo buka puasa sukanya nyomotin. :P

      Alhamdulillah baek.. Abang sendiri apa kabar?
      Iya uda lama ngga ngobrol yaaa :D

      Hapus
    2. Di rumahku bisa bertahan lama tuh. Nggak terlalu suka soalnya. Tapi si ibu tetep aja suka banget bikinnya

      Alhamdulillah waras beb :-)

      Hapus
    3. Hihihi.. Kasian Ibuuu.. Ngga ada yang makanin yah?

      Alhamdulillah.. :D
      Langsung waras abis kelar UAS ya, Bang. :P

      Hapus
    4. Ada. Tapi abisnya kalo udah beres lebaran. Setelah kue-kue lainnya pada abis, baru nastar yang dijadiin camilan :-D

      Iya nih. Tinggal 2 tugas dan laporan. Menyenangkan sekali

      Hapus
    5. Hahah.. Biasanya kalo Lebaran justru bosen ya, Bang :D
      Aku juga gitu sih. Muak rasanya.. Apalagi banyak yang nyemilin. Hihihi..

      Menyenangkan? Owwww.. Hebaaaat.. Trik psikologis yang sangat bagus. :P

      Hapus
    6. Iya, makanya. Lebaran mah lebih suka ngemilin kacang-kacangan. Yang ringan. Nastar kan manis, dan butuh temen air minum, antisipasi kalo keselek

      Iya, menyenangkan, sangat..
      *mencoba menghipnotis diri sendiri

      Hapus
    7. Wuih.. Kalo kacang kan berminyak, Bang. Malah seret.. Wakakakak.. :D

      Buahahahah..
      Harus ngasih sugesti positif yaaaak :P

      Hapus
    8. Minyaknya kan bisa jadi katalis. Lah kalo nastar kan kadar airnya bisa 1% bahkan kurang. Potensi seret lebih gede

      Iya donk. Biar selalu semungudth :-D

      Hapus
    9. Cukup, Bang. Cukup.. -_-

      Iya lah.. Berarti aku harus menghipnotis dan mensugesti diri sendiri jugak ya...
      Huuuuu..

      Hapus
    10. Haha.. jadi inget dulu pernah praktikum ngitung kadar air biskuit Roma cream cracker :-D

      Betoolll.. ayo sini sini aku hipnotis

      Hapus
    11. Apaaaa itu praktikumnyaaaah? -_-

      Sebelum praktikum uda abis duluan biskuitnya.. Hihihi.. :P

      Dihipnotis trus tau-tau ada rekamannya.. Hahah

      Hapus
  16. biasanya sih beli beb...
    eke sama emak sama2 ga iso bikin kue :P
    hahaha...
    biasanya aku request kastengel..duh cinta bangeett deh ma tuh kue...
    putri saljuu...trus kadang d beliin y cokelat2 gtu... (==") tapi seringnya sih aku y ngabisin kuenya bukan tamunya...
    lol

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi.. Ya kalo ada duitnya ya ngga masalah juga, Keii..
      Tapi kalo yang cekak kayak kami, emang lebih enak bikin deh.. :P

      Kastengel tuh ngga in loh di sini.. Yang diserbu malah kue nastar, choco chips, salju, bangkit susu sama cornflake cokelat itu loooh.. :D
      Aku uda ngga bisa lagi makan kue banyak-banyak, inget berat badan. Ngahahah :D

      Hapus
  17. Jika lihat Kue semprit ingat waktu kecil ketika ibu buat nya utk persiapan lebaran

    Kue yang fenomenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi.. Masih suka bikin ngga, Bang? :D

      Hapus
  18. Keluargaku jarang bikin kue lebaran sendiri. Biasanya beli. Dan jenisnya standar aja, yakni nastar. Ditambah juga astor dan wafer. Mungkin ibu sengaja nggak beli kue cokelat/chocochips. Soalnya kalau ada, dlm hitungan jam sudah habis. Siapa lagi pelakunya kalau bukan aku, wakakaka....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iss.. Uda lama la aku ngga makan Astor, Bang.. Hahah :D
      Ibu emang menteri keuangan banget ya. Buktinya sampe tau gitu cemilan apa yang sering abis sama engga. Bahahah :D

      Hapus
  19. kurang seru akh
    postingnya gak ada tester kue nya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ha? Pegimane ada tester kuenya, Bang? :D

      Hapus
  20. walah enak jadi lapar nih :D

    BalasHapus
  21. Paling pada bikin kue bawang atau kacang telor. Ckckck saya gak tau buat apa beli. Asal mangap aja. Btw tu mbak beby kreatif deh kalo bisa buay sendiri yang kaya gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kue bawang iya ya, selalu bikin tapi pas uda mau Lebaran, Bang. Hahah.. :D
      Yang bikin kebanyakan Mama kok. Aku sih bantuin nyicip sama bulet-buletin doank.. :P

      Hapus
  22. sepertinya semprit dan nastar udah terkenal ya di penjuru dunia...setiap kali bertamu ke rumah orang hidangannnya itu2 aja,,,hahaha,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk.. Abis enak sih, Mbaaaak.. :D

      Hapus
  23. pada saat lebaran saya paling sering nyasar nastar di rumah teman muslim, abis enak sih hehe

    salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheh.. Enak ya, apalagi gratis. Hihihi.. :P

      Salam kenal kembali ^^

      Hapus
  24. bagusnya mah emang mulai dari sekarang bikin kue lebarannya hasilnya pasti lebih enak..kan bisa diicipi dulu...kurang asin atau kurang manisnya...cuman pas masuk lebaran kuenya udah tinggal dikit dan sedikit rada apek...udah kelamaan seh....hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah.. Kalo apek sih aku rasa ngga Bang, soalnya pake bahan yang kualitas bagus, lagian Mama pinter cara ngepaknya biar tetep fresh. Heheh.. :P

      Hapus
  25. bicara lebaran, pasti memoriku keingat waktu aku tinggal di medan..rame, disini sepi krn pada mudik orang2nya..

    orong2 dong di photo :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayok lah pulang ke Medan jugak Bang, sekali-sekali.. :D

      Belom ke pajak, jadi ngga ada orong-orongnya. Heheh..
      Nanti kalo uda beli, aku potoin deeeeh ^^

      Hapus
    2. hahahha "pajak"..asli.orang sini mungkin ga ngeh kali ya yg disebut "pajak" itu wahkakakkaa...pajak petisah tau ga?

      Hapus
    3. Iya, biasanya orang ini bilang, mau ngapain Beb, ke kantor pajak? Bahahah :D
      Tau dooonk.. Heitz kali itu, Bang. :P

      Hapus
  26. Udah lama nggak makan nastar.... Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beli lah, Bang.. Pasti ada di toko kue kalok mau lebaran gini :D

      Hapus
  27. wah lebaran kayak nya jadi nih,, :D
    baru tau ada kue smprit, rasanya gimana ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi donk, In Shaa Allah.. :D

      Rasanya ya manis-manis legit gitu.. Kayak cookies biasa kok, Bang :)

      Hapus
  28. Wah memang hebat mbak beby ni, oya ngomong-ngomong bagi dong resepnya biar istri saya juga membuatnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti aku sharing resepnya ya, Bang.. :)

      Hapus
  29. Kue semprit itu kue paling populer di kampungku sana dulu Beb, biasanya kalau ada orang gawe dann lebaran munculnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh di Jawa jugak populer ya, Mbaaak? :D
      Tapi iya juga sih, Mama ku kan orang Jawa yah.. Hihihi.. Jadi sama deh kesukaannya :P

      Hapus
  30. hahaha, lebaran nanti buat kue juga ahh... :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alah. Paling Ibu yang buat, kamu mah cuma nyicipin doank.. -_-

      Hapus
  31. Wah dulu pas mbakq lum nikah pasti bikin kue semprong, kastangel, dan nastar :D Skarang dah gak ada yang bikin :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Abang belajar bikin laaaa.. Wkwkwk :D

      Hapus
    2. Saya? ogahh.. saya ini spesialis icip-icip plus bersihin toples dari kue-kue lebaran :D

      Hapus
  32. kalo ibu biasanya bikin kue H-7 sebelum lebaran buu,,_
    selamat menjelang puasa,,_

    BalasHapus