Laman

Senin, 26 Mei 2014

Main Sotosop

Medan dan sekitarnya lagi dilanda kegalauan keknya. Bawaannya mewek mulu, mana pake nggerong-nggerong lagi (baca : hujan badai). Belom lagi mati lampu 2x sehari alias 6 jam yang bikin nyesek karena analisis skripsi lagi diketik dan baru sampe halaman 72. Ah, ujian berat di dekat bulan puasa.. *sigh* Tarik nafas panjang, trus kemulan. Hihihi..

Ya abis cem mana la, kalo uda mati lampu + hujan deres kan kita ngga bisa ngapa-ngapain, disuruh jaga rumah pulak. Ngga bisa ngebon karena tanahnya becek. Syukur-syukur hidup lampu jadi bisa main sotosop.

Err..
Sotosop ini bagaikan junk food ya. Enak tapi sebenarnya ngga baek. Why? Kenapa sotosop ngga baek? Ya karena dianggap 'menipu' tampilan, yang tadinya foto jelek jadi bagus. Dan aku uda beberapa kali ditegur sama temen ku yang cinta kamera..

Okelah, main sotosopnya cuma typography aja.

Typography ini apa ya, semacam art gitu dari olahan font. Besar kecilnya font, main di efek sama warna. Bisa juga sih pake adobe illustrator, cuma aku lebih suka pakenya buat gambar kucing, kelinci dan Abang Saya aja *eh*

Uda lumayan lama juga sih aku bereksperimen sama typography abal-abal ini.. Hasilnya..


Aku suka kali yang ini, ada unsur batiknya :p


Sepintas jadi inget paddle pop pelangi -_-


Monggo dijawab.. :p


Bikinnya lumayan teleng. Bahahah.. :D Pake pamer ke mana-mana lagi. Ngga papa la ya, orang bikinan sendiri jugak. Bukan ngaku-ngaku padahal bikinan orang laen..
 
Keknya jadi pengen bikin tutornya deh kapan-kapan. Heheh.. Macam yang uda paten kali ya hasilnya. Dikirimin typography bikinan temen, alamak langsung istighfar. Keren bingiiiiiiiid! Hiks. Uda suhu dese, cyiiiin..
 
Main sotosop bikin mood jadi happy, kalo hasilnya bagus. Wkwkwk.. Kalo hasilnya gagal kek punya ku, yah agak-agak emosi jugak..
 
Kamu sendiri suka main sotosop sama typography? :)
 
Btw, mulai sekarang aku ngga pake watermark lagi. Kalo ada yang ketahuan pake tanpa izin, tinggal kirim tanda cinta.. :p
 

74 komentar:

  1. Aku suka main di kebun saja Beb *dilempar klepon* hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk... Enak donk, bisa ngebon. Tanah sini becek banget Mbak El, ngga bisa ngebon. Huhuhuhu...

      Hapus
  2. suka sotosop dr jaman SMA sih, beb. smp smp pas kuliah di laptop gak pernah ad game soalnya kalo jenuh maenannya sotosop. tp kalo typography aku gak bisa alias blm pernah nyoba juga sik. soalnya kan aku ud ahli typo.
    *eh apa ini semacam gak nyambung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahahah.. Tapi Typo itu uda jadi nama kamu, Qied :D

      Wow.. Uda master donk sotosopnya kalo gitu? :p

      Hapus
    2. ahli typo dan tak ahli peka :P

      Hapus
    3. Kamu korban ketidakpekaannya Aqied, Bang? :p

      Hapus
  3. orang yang jago sotosop, fotonya gak ada yang jelek, pasti ganteng/cantik semua. wkwkwkkw.....

    hemat biaya operasi plastik :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah.. Ngga juga kok Bang, biasanya foto landscape yang dimaenin. Wkwkwk.. :D
      Tapi mungkin juga tuh permak wajah sama body secara instan. :p

      Hapus
  4. Wah, aku jarang banget mainan sotosop. Nggak bisa soalnya, hehe.... Ini lagi belajar Corel Draw, tapi rupanya susah juga kalau belajar sendiri lewat buku dan tutuorial -__-'

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wow.. Corel? Aku justru ngga berdaya kalo uda hadepan sama Corel, Bang. Hahah.. :D Ngga bisa mulu. Makanya bereksperimen di sotosop ajah..

      Iya sih, keknya mesti punya guru juga atau temen yang berbaik hati buat ngajarin. Siapa ya? *memandang sekeliling*

      Hapus
  5. sayang sekali saya ga bisa ikut main sotosop, belum bisa beli, hmm....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo di laptop kan emang uda bawaannya, Bang. Aku aja pake yang sotosop CS3. Kecuali pake Adobe Illustrator, harganya lumayan mahal :D

      Hapus
    2. lah... laptop juga ga punya bos, hehehe...

      Hapus
    3. Kalo ada rejeki bisa dibeli, Bang. Heheh.. :D

      Hapus
    4. yia juga sih, hehehe...

      Hapus
    5. Semoga dilimpahkan rejeki. Amiiiiin.. :)

      Hapus
  6. Biasanya saya pake photoshop buat finishing, nguliknya pake corel dulu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walah.. Hebat bisa ngulik-ngulik Corel. Kalo aku sih uda nyerah, Bang :D

      Hapus
  7. wuih kerensadis nih nih maen sotosopnya pas banget kalau dikudap sambil nonton bola deh ih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahahahh.. Bukan cemilan iki, Baaaang :p

      Hapus
  8. kerennn banget Beb,,aku belum pernah bermain soto sop ayam,,eh salah,,maksudnya sotosop...piye iku???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi.. Caranya ya cuma mainin font sama letak text aja kok Mbak, sama beberapa efek. Mesti sabar kuncinya.. :p

      Hapus
  9. Pertama kali tau sotosop itu dari Kaskus. Gua pikir soto yang oke, jadi sotosop :D.

    Menipu penampilan mah gpp, asal jangan menipu calon pasangan. Assek

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama dooonk, aku juga anak kakus eh kaskus :D
      Haseeek.. Makjleb banget kata-katanya :p

      Hapus
    2. Bahahah.. Malah dibahaaaaas :D
      Kakus yang entuh loooh *eh*

      Hapus
  10. saya dulu sempat belajar membuat typography mbak beb, tapi typographynya yang foto kita ubah menjadi text gitu mbak, jadi berbentuk sosok namun terbuat dari kumpulan text. rada njelimet sih bikinya, namun hasilnya itu loh mbak.. berantakan hahahahaha :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheh.. Iya Bang, jenis typography kan beda-beda ya.. Nah aku lagi nyoba-nyoba bikin yang model gitu sih, cuma masih dalam proses pengerjaan :p

      Kereeeen bisa bikinnya. Belajar dari mana, Bang? :D

      Hapus
  11. hehe saya juga suka ngutak-ngatik photoshop, hmm soal photoshop dalam dunia photography itu sangat dibolehkan apabila tidak merusak estetika foto yang sebenarnya. Tapi melakukan sebuah manipulasi menggunakan photoshop bagi saya itu menyenangkan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah.. Ya gimana ya Bang, pilihan masing-masing kan ya.. Kalo aku emang lebih suka maen di tone nya yang aku ubek-ubek. :p Tapi bagi yang laen, khususnya pecinta foto landscape, emang nganggep cukup dari filteran kamera ajah.. :D

      Wkwkwk.. Sama sih, aku juga ngerasa gitu. Nyenengin bisa ngubah yang jelek jadi cakepan :p

      Hapus
    2. haha saya sih suka memanipulasi objek atau benda mbak, hmm yah sperti digital imaging gtu :D

      Hapus
    3. Itu susah bagi ku, Bang. Hahah.. :D Hebat ya lagi belajar manipulasi objek, kan ribet banget ya. Mana stepnya bejibun lagi :p

      Hapus
  12. Saya bisanya main stetoskop mbak, :)
    Kalo sotosop gak demen, soto ayam sih iye :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oww.. Mahasiswa kedokteran kah? :D

      Hihihi.. Soto ayam paling demeeeeeen :p

      Hapus
  13. saya pikir sotosop itu sejenis makanan...sama dengan sop kambing, sop ayam...ternyata typhography ya,,,,,,,, saya belum pernah main sotosop...jadi ggak tahu bagaimana rasanya..enak atau kurang garam.....keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakakakakkk.. Ngga Bang, sotosop itu plesetan dari photoshop. Bukan nama makanan.. :p

      Hapus
  14. weleh saya kira soto sama sop...kalau dimakan bareng emang nyambung ya rasanya ??
    kalau komen ini sih jelas ndak nyambung sama artikelnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah.. Walaupun sama-sama berkuah tapi ngga enak ya kalo dimakan barengan. Wkwkwkwk :D

      Ah ngga papa Bang, makasih ya uda mau mampir :p

      Hapus
  15. Wuiiih.. ada yang jago sotosop nih :-D

    Aku nggak biasa pake sotosop, beb. Nggak bisa. Hehe
    Lebih sering pake coreldraw. Menurut aku corel lebih gampang. Tapi buat yang udah biasa pake sotosop, sototop mungkin lebih gampang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih jauh dari kata jago, Bang :p

      Oh ya? Aku kok malah ngerasa susahan pake Corel loh, Bang.
      Dulu waktu SMA ada pelajaran Corel, aku nilainya jelek bingiiiid. Hiks..
      Iya, mungkin faktor kebiasaan aja kali yah :D

      Hapus
    2. Aku juga awal belajarnya ya photoshop, di SMA. Tapi nggak ditekunin. Begitu dikenalin sama corel, eh langsung tekun belajarnya. Photoshop dilupain deh :-D

      Iya sih, coreldraw kan emang buat bikin. Photoshop buat ngedit. Jadi wajar kalo photoshop jadi cenderung lebih gampang bagi sebagian orang

      Hapus
    3. Kebalik kita ya. Hahah.. :D

      Iya bener, kalo Corel buat bikin en sotosop buat ngedit. Bisa juga sih buat bikin, tapi ngga sehalus Corel. Aku biasa bikin di Illustrator. :p

      Hapus
    4. Beuh.. malah illustrator maenannya. Belajar dimana beb? Bikin tutorial donk

      Mungkin karena sama-sama produk adobe, interface nggak jauh beda sama photoshop, aku jadi ogah-ogahan belajar illustrator

      Hapus
    5. Aku belajar sendiri.. Hasil utak-atik aja. Kadang belajar dari searching gugel. Heheh.. :p Abang punya Illustrator 6 juga kah?

      Oww.. Ngga kok, yang ini agak beda.. Karena emang khusus bikin gambar atau ilustrasi kan, malah aku rasa mirip Corel :p

      Hapus
    6. Aku install adobe suite 6. Tapi belom pernah pake.. Haha..

      Aku belum pernah coba sih. Tapi emang kalo bisa illustrator, hasilnya lebih oke

      Hapus
    7. Pake laaaa.. Sayang juga kalo uda diinstall ngga dipake. :p

      Mmmm.. Kalo illustrator sih aku rasa ya, gambarnya lebih soft gitu. Semacam bisa bikin komik, tapi ngerjainnya setengah mati. Bahahah :D

      Hapus
    8. Makanya buruan bikin tutorial, biar aku belajar :-p

      Hapus
    9. Hahaaaaa.. Entar yaa, nunggu moodnya dolo :p

      Hapus
  16. Aku ga bisa sotosop beb, ajarin dong :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleeeh.. :D
      Mau diajarin apanya nih sekarang, Mbak? :D

      Hapus
  17. pengen jlatin Beb..!, yg gambr paling akhir..:):)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah.. Yang itu efeknya ngga pala keliatan, Bang.. Typo gagal. Hiks.. *tapi masih juga dipamerin*

      Hapus
  18. bebyyy.. main sotoshop..
    main dihatiku kapan??

    *lirik kanan kiri
    *di amuk masa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu ngga takut digranat lagi sama Abang Saya, Bang? :p

      Hapus
    2. Arif : Eyah apaan sik? :p

      Hapus
    3. Bang Dyaz maning : Apa sih eyah-eyah? *kepo*

      Hapus
  19. Sotosop ya, banyak orang gak suka dgn ini. Krna tipu2 katanya.
    Tapi saya pikir photoshop ini kreatif dan operasi plastik murah..
    Hehe.. *sok pengamat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener. Makanya aku kadang-kadang dihujat sama sotosop hater. Wkwkwkwk.. :D

      Hapus
  20. Dulu saya sering main sotosop, kini udah jarang... malah kalo main sotosop lagi dah lupa semua :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Main lagi lah Bang, siapa tau bisa dapet penghasilan. Hihihihi :p

      Hapus
    2. Udah pesimis dulu, gak bakat jadi desainer... dulu pas kuliah suka main sotoshop, corel, tapi sekarang udah lupa semua :D

      Hapus
    3. Ah jangan pesimis laaaa.. Masa pesimis? :D
      Belajar lagi yuk.. Aku juga belajar terus nih, meski kadang hasilnya ngasal banget. Wkwkwk.. :p

      Hapus
  21. ngedit pake sotosop tu kalo pas mau nyetak photo , mukanya diputihin sama kerawatnya diilangin , biar greget :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahahah.. Iya juga ya, noda atau jerawatnya dismooth biar oke :p

      Hapus
    2. pake kamera 360 aja biar tambah greget :D

      Hapus
    3. Ngga ah, maenan anak-anak *dikeplak*

      Hapus
  22. Saya juga seneng sotosopan, tapi paling ga bisa yg namanya operasi plastik wajah. Sukanya ya buat ilustrasi blog aja. Entah kenapa ga bisa manipulasi wajah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya bagus donk Rif, kan itu lebih susah ya dibandingin edit muka. Heheh.. Ditekunin aja, siapa tau bisa datengin rupiah. :D

      Hapus
  23. Eh itu photo profile di blogspot nya hasil sotosop juga nggak? Hahahah..... Maafkan daku. =D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyeh hasil sotosop. Tapi backgroundnye aje. Muka masih asli. p

      Hapus
  24. saya malah jarang kak pakai potosop soalnya nggak punya :D
    lebih sering pakai corel draw, soalnya punya nya itu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ya? Kan bisa didonlot, Rin.. Atau beli softwarenya juga bisa.. :p

      Hapus