Laman

Rabu, 07 Mei 2014

Bohong Putih

Temen-temen pernah denger istilah bohong putih ngga? Itu loh, bohong yang katanya sih demi kebaikan. Tapi apa emang betol ada yang namanya bohong untuk kebaikan?

Waktu aku masih ABG, keknya aku sering kali bohong. Persepsi ku sih ya bohong putih la ya. Misalnya nih kalo aku lagi ujian, Mama sering kali nanyain bisa apa ngga, susah apa ngga. Dan aku pasti selalu jawab kalo aku bisa.
Padahal sih ngga yakin-yakin amat. Bisa ngejawab bukan berarti jawabannya bener kan? :p

Di samping itu aku juga ngga mau keliatan bongak. Ehm, sebenarnya sih, lebih ngga mau dimarahin karena lagi males belajar. Heheh.. Males kaaaan kalo disuruh belajar terus. Masa dari TK sampe kuliah kerjanya belajaaaar mulu. Kan capeeeek.. *getok pake pulpen* Makanya dari dulu aku belajarnya kalo pas mau ujian aja.

Lanjut deh bohong putih lainnya. Mulai dari bilang kalo ada les tambahan di sekolah - padahal lagi ditangkep polisi pas mau pulang, beli pulpen - padahal beli topi sekolah karena ketinggalan di rumah, dll.

Kok keknya biber ini makin gampang ya bohongnya? Makin lama aku makin ngga sadar kalo bohong putih ku berubah jadi bohong abu-abu dan bohong hitam..


Benar kah bohong putih itu 'putih'?


Secara ngga langsung sih aku lebih suka ngumpet dan ngga berani menghadapi kenyataan. Cenderung takut malah. Padahal kan seharusnya ngga boleh gitu ya. Karena ngga semua hal bisa selalu berjalan dengan baik dan sesuai dengan rencana. Ada kalanya kita silap dan berbuat hal yang ngga semestinya.

Kalo bohong putih terus, kapan beraninyaaaaa????

Emang sih biasain buat jujur pahit itu kurang enak. Ehm, apalagi di saat yang kurang menguntungkan. Ngebayangin bakalan gini gitunya jadi down sendiri. Heheh..

Tapi coba deh kalo ada dalam posisi sebagai orang yang dibohongin. Suka ngga? Kalo aku pribadi sih ngga suka ya. Kesannya ada yang ditutup-tutupin gitu. Kok kayaknya ngga percaya sih sama akuh! *sensi*

Intinya juga jadi belajar bertanggung jawab aja sih.. Biarpun ngga sengaja, yang namanya salah ya tetep salah. Lha wong ngilangin nyawa orang lain tanpa sengaja aja tetep dipenjara kok, karena dianggap lalai.

Lagian kan banyak beban kalo pake bohong-bohongan. Trus biar ngga ketahuan, harus bohong lagi, gitu-gitu terus. Lama-lama numpuk lah itu dosanya *eh*

Jadiiii..
Jangan marah yaaaa kalo komentar ku pedes dan nyelekit. Bahahah.. Cuma mau ngomong apa adanya kok. Suwer. ^^v

Trus kelen pernah bohong putih juga ngga? Nyesel ngga sih uda bohong walaupun dengan alasan demi kebaikan?

126 komentar:

  1. Pernah aku bohong putih gitu beib, tapi ya pinter-pinternya aku ngomong aja biar ga dibilang boong putih. Hahaha tetep aja boong ya sebenarnya. Kek apa ya contohnya aku juga lupa, hihihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheh.. Ngeles ya, Mbak? Aku juga sering kok. :p

      Hapus
  2. Bohong tetep aja bohong Beb, masalah kebiasaan saja mnrtku, kl sdh biasa ya kayak makan emping hihihi, kl nggak biasa kagak bisa tidur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener Mbak El, walaupun katanya pake embel-embel demi kebaikan tapi tetep aja bohong itu ngga bagus ya. Malah jadi terbiasa buat bohong.

      Hapus
  3. beb pernah kok aku bohong2 putih gini, apalagi ke dedek ayin sering banget, niatnya sih buat kebaikan dia tapi kalo dipikir2 tetep aja bohong ya judulnya hahaha.. abis anaknya kalo ga diakal2in bikin naik darah melulu hahaha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi.. Kalo sama anak kecil biasanya kita gampang buat bohong putih ya, Re. Apalagi anak kecil itu kan banyak keponya ya, semakin dilarang semakin dibuat sama dia. Jadi memang perlu ngeles dulu kitanya :D

      Hapus
  4. Sering sih bohong putih kayak gitu, terutama kalo abis belanja hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahahah.. Ah Mbak Non sering kalap kalok belanja, makanya sering tuh bohong putih :p Apalagi kalo uda gajiaaaaann :D

      Hapus
  5. aku pernah tuh boong2 kalo lagi dalam bahaya,,dimanapun kapanpun ke siapapun,,,buahahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah.. Ya iya laaaaahh.. Masa ketemu penjahat malah ngomong jujur :p

      Hapus
  6. dalam keadaan tertentuatau terdesak saya sering bohong putih, tapi ya tetap aja namanya bohong hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Misalnya dalam keadaan apa, Bang? :)

      Hapus
  7. Aku pernah bohong putih nggak ya? Pernah kyknya. Tapi emang setelah itu jadinya nggak tenang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheh.. Sama lah Bang, keknya bikin banyak beban aja ya di hati :D

      Hapus
    2. Makanya.. yah sedapat mungkin jangan sampe bohon deh. Mau bohongnya bohong putih, ijo, merah jambu, atau warna apapun, yg penting jangan bohong

      Hapus
    3. Hihihi.. Bohongnya kek pelangi.. :D
      Iya Bang, karena basicnya kan bohong itu perbuatan tercela ya.

      Hapus
    4. Jiah.. PPKn SD banget tuh ya.. :-D

      Hapus
    5. Wakakakakk.. :D
      Itu pelajaran yang aku sukak loh. Sampe hapal dulu pasal-pasalnya :p

      Hapus
  8. wah baru tau tentang bohong putih .. emang bnyak info menarik diblog ini trims mba :D
    jangan lupa mampir :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Istilah aja itu, Bang.. Sip, uda gantian mampir ^^

      Hapus
  9. Ternyata aku juga salah satu penggemar bohong putih, hahahaha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheh.. Sampe digemari ya, Bang? Kalo sekarang masih suka juga bohong putih? :D

      Hapus
  10. Kalau ada bohong putih atau hitam. Lantas Bohong sama menipu bedanya apa ya beb hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama aja Mbak, karena yang namanya bohong tetep aja menipu kan ;)

      Hapus
  11. Haha. awas loh beb, mamah kamu baca postingan ini nanti... :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheh.. Biasanya kalo aku bohong putih, ngga lama kemudian jadi jujur, Bang :p

      Hapus
    2. Nggak jauh beda sama saya. ahaha :D

      Hapus
    3. Wkwkwk.. Ikut-ikutan aja sik, Bang! :p

      Hapus
  12. hehehe...baru tau ada bohong putih....berarti dulu waktu masih pake putih abu abu saya juga sering bohong putih dong yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu SD bohong merah kang :)

      Hapus
    2. *Bang Cilembu thea : Hahah.. Mungkin aja kali ya? Emang sering bohongin apa sik? *kepo*

      *Bang wongcrewchild : Kalo uda nikah jadi bohong apa, Bang? :p

      Hapus
    3. Btw, kenapa jadi bahas warna-warnaan sik? :p

      Hapus
  13. Adakalanya bohong demi kebaikan sesuai kondisi..
    Jadi istilahnya bohong putih ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang lebih gitu sih, Bang. Heheh.. Tapi ya tetep aja ngga jujur kan namanya :p

      Hapus
  14. Aku juga pernah bohong putih gitu. Padahal kalo dipikir-pikir mau gimanapun kan tetep aja judulnya bohong ya :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi.. Keknya rata-rata pernah bohong putih ini ya, Mbak. Apalagi kalo orangnya ngga enakan kayak aku. Wuah.. Jadi sering tuh. Iya, tetep aja bohong kan ya :)

      Hapus
  15. Ohh bohon putih itu bohon untuk kebaikann ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Katanya sih gitu, Bang.. Cuma keknya ngga baek juga deh kalo dilakuin. Heheh..

      Hapus
  16. sepertinya sih bole boong tuk mang kebaik agar tidak terjadi permusuhan bila misalnya ada yang cek cok gitu... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeeee~ Ada benernya juga, Bang :D
      Biar lebih tenang gitu ya? ^^

      Hapus
    2. yaapss bener banget.... agar tidak perselihan dan untuk mendamaikan aja..

      Rasulullah bersabda bahwa ada tiga jenis bohong yang diperbolehkan, malah menjadi wajib dalam situasi dan kondisi tertentu.
      1. Berohong dalam Rangka mendamaikan Saudaranya
      2. Berbohong Dalam Keadaan Perang/Mara Bahaya
      3. Berbohong Dalam Rangka Menyenangkan Istri

      semuanya ada sumbernya kog beby dan Hadits Riwayatnya ada juga kog... :)

      Hapus
    3. Wah.. Aku lupa tentang hadist ini. Padahal dulu di ngajian ada ujiannya.. Pelupa ih :(

      Makasih uda mengingatkan ya, Bang..
      Jazakumullah Khairan Katsiran.. :)

      Hapus
    4. heheh... iya gak apa beby saling mengingat aja...
      selagi ingat ya abang ingatkan bila tak ingat ya beby aja yang mengingatkan... :)

      iya sama-sama beby...

      Hapus
    5. Sipsip.. Soalnya aku banyak lupanya. Hahah.. :D

      Hapus
    6. hadehhh gak bisa lah kita sama-sama gini...
      abang aja banyak lupanya juga... gara-gara sering dekat sama abang ipar, ketularan lupanya.... :(

      Hapus
    7. Wkwkwk.. Masak bisa ketularan lupanya, Bang? Kalok gitu ya jangan didekatin lah :p

      Hapus
  17. mungkin syah atau boleh2 aja..kali ya
    sepanjang buat kebaikan apalagi buat nyenangin hati pasangan.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahahah.. Kalo uda masalah pasangan, aku nyerah deh, Baaaang :D
      Keknya dulu sering dibohongin deh buat nyenengin hati aku. Huuuu..

      Hapus
  18. ngaku anak cantik,,,wajib baca ini ya
    http://tweetysaya.blogspot.com/2014/05/beb-hadiahmu-sudah-di-genggamanku.html

    BalasHapus
  19. perkara kecil kalo dilakukan secara terus menerus psti jadi besar .... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, Bang.. Mesti pande-pande bersikap ya :)

      Hapus
    2. 100 buat beby 1000 buat sy ,,,, :D :p

      Hapus
    3. Tambahin donk Bang, gopek gitu biar bisa beli bombon. Heheh..

      Hapus
    4. hahahaha, ah si beby pinter nawar juga nih rupanya .... :P

      Hapus
    5. Wanita gitu loh Bang, masalah harga kan yang paling jago. Wkwkwk.. :D

      Hapus
    6. hahahahahaha.... pantes wanita betah di pusat perbelanjaan, pada sukanya nawar sihhh..... :P

      Hapus
    7. Bahahah.. Ya jelas lah, Bang. Apalagi kalo uda jadi istri ya, wajib kali itu bisa nawar. Demi perekonomian keluargaaaa :D

      Hapus
    8. hehehehe, klo bgtu urusannye sy setuju beb .... ggp dah nawar .... asal nawar nya yg wajar2 aja .,... ;D

      Hapus
    9. Hahah.. Ngga ada nawar yang wajar, Bang :D
      Jangan mao ditipu-tipu penjual :p

      Hapus
    10. hahahahaha, klo bgtu sih apa aja dah ... yg penting suami sih nnti tinggal kasih uang nya ..... :P

      Hapus
    11. Wkwkwk.. Kalo itu sih semua istri bakalan demen yak! :p
      Kan lumajen kalo istri pinter nawar jadi bisa ngemat dikiiiiit

      Hapus
    12. hahahaha, ya iya lah beb ... urusan keuangan kn emg pengelolanya kn istri .. suami tinggal kasih aja uangnya ... :P

      bener banget beb bisa buat ngemat ..... :D

      Hapus
    13. Oh gitu ya, Bang? Kirain dikelola sendiri-sendiri. Hihihi.. :p Kasian jadi suami la ya jadinya, dijatah sama istrinya :D

      Hahah.. Lumayan berat ya beban jadi istri :P

      Hapus
    14. ya nggak kasian juga kok beb, memang sebaiknya kn bgtu, urusan keuangan sebaiknya istri yg ngatur, ....

      Kok lumayan berat beb ? kan dah ada suami ? :P

      Hapus
    15. Ya berat lah Bang, bebannya.. Pegang duit sekian trus dibagiin buat bayar ini itu sama simpen buat tabungan atau dana darurat kan bukan pekerjaan yang gampang ya menurut ku :D Belom lagi godaan diskon-diskonan :p

      Hapus
    16. kalo maslah diskon sja beby inget ..... bahahahaha.... itulah hebat nya seorang istri beb .... :P

      Hapus
    17. Jelas la, Bang. Diskon kan sahabat wanita. Ahahahah :D
      Iya betul Bang, makanya banyak suami yang takut istri :p

      Hapus
    18. hahahahaha, bukan brrti istri hebat suami juga takut kali ama istri .... :P

      Hapus
    19. Ya ngga lah. Suami kan pura-pura aja tuh biar ngga ribut :p

      Hapus
    20. hahahahaha, jgan pada ribut lah beb ... ntr nggak dikasih jatah loh sama suaminya .... :P

      Hapus
    21. Minta jatah sama yang lain aja :D

      Hapus
    22. hahahaha, si beby masa mw minta jtah ama yg lain .... :P

      Hapus
    23. Daripada ribet. Hahah :D

      Hapus
    24. wwkwkwkwkwkwkwkwk :P

      Hapus
    25. iya kasian ow beb .... :D

      Hapus
    26. Kalo kasian, kasih gopek la, Bang. Hahah :D

      Hapus
    27. nih sy kasih gopek ..... :P hehe

      Hapus
    28. ini nih diambil ow ..... :D

      Hapus
    29. Ngga ada tuh. Nipu aja :p

      Hapus
    30. yeh .... kesini ada tw ..... :P

      Hapus
    31. Nyuruh aku dateng buat ngasih gopekan atau karena mau ketemu? Bahahah :D

      Hapus
    32. bhahahahahahahaha, dua2nya juga bisa beb ...... :P

      Hapus
    33. Nah yaaa... Ketahuaaaaannn :D

      Hapus
    34. bahahahahaha.... klo ketahuan ngumpet lg aja beb,,,,,, :P

      Hapus
    35. Lah kan Abang tuh yang ketahuan :p

      Hapus
    36. oiya dink lupa beb ... kn saya yang ketahuan yah .... :D

      Hapus
    37. Cepat melupakan ya, Bang :D

      Hapus
    38. xixixixixixixixixi....... :P

      Hapus
  20. bohong untuk kebaikan sih dari kecil saya sudah denger mbak beb.. tapi istilah bohong putih saya baru denger sekarang mbak beb.. hehehe... tapi kalau bohongnya masih abu-abu ya masih mending lah mbak beb. dari pada bohongnya nggak ada warnanya, kan nggak mbois bgt mbak wkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bohong putih itu cuma istilah aja Bang, ya bohong demi kebaikan itu artinya. Biasanya dilakuin biar ngga ada konflik :)
      Wakakakakkk.. Jadi transparan gitu yak :D

      Hapus
  21. ketahuan nih mbak beby suka bo'ong.hehehe
    oya salam kenal yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah.. Iya lah, apalagi kalo sama cowok playboy, Bang.
      Aku yang kadalin dia. Bahahah :D

      Salam kenal kembali ^^

      Hapus
  22. Problematika sama yang pernah kualami di sini: http://immanuels-notes.blogspot.com/2012/10/maybe-too-honest-is-not-so-good.html

    Kejujuranku bikin masalah buatku. Huhuhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang jadi dilema ya. Tapi aku berusaha supaya ngomong apa adanya sih. Heheh..

      Hapus
  23. Siapa sih orang yang gak pernah bohong?

    BalasHapus
  24. Saya sering bohong beneran :) tapi enggak parah parah amatlah .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahahah.. Ngaku pulak Abang iniiii :D

      Hapus
  25. hehe...menurut sy bohong y tetep bhong...salam hangat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Bang, ngga ada kompromi yah. Heheh.. :)

      Hapus
    2. maksudnya hrus konsisten dgn bohong ya..!,,eit maap salah,.., :)

      Hapus
    3. Bahahah.. Ngga lah, paling ngeles donk :p

      Hapus
  26. menurut saya sih gk ada tuh namanya bohong putih, namanya bohong yang salah apapun alasannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener Bang, namanya tetep bohong ya.. Jadi biarpun susah mesti tetep jujur ya ^^

      Hapus
  27. baru denger kak istilah bohong putih ini, tapi sebenarnya sih udah pernah juga bohon yang model seperti itu, hehehe :D

    iya nama nya orang pasti pernah berbuat bohong ya kak, termasuk saya juga, kalau bohong demi kebaikan saya kira malah bagus kak, karena tujuannya untuk kebaikan, meski harus berbohonhg ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheh.. Manusiawi lah ya, Rin.. :)
      Kalo persepsinya gitu ya jadinya memang baik donk ya.. Kecuali kalo bohong demi kebaikan tapi endingnya jadi ngga baik, itu yang susah. Hihihi..

      Hapus
  28. aku masih manusia Beb,
    pernah lah boohong, hanya aku dan Tuhan aja yang tahu kebenarannya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah.. Wallahualam aja ya, Mbak.. :D

      Hapus
  29. bohong itu mah udah bagian dari hidup.. apalagi kalo masih sekolah, pasti boongnya minta duit buat beli buku, kalo kuliah habisin duit semesteran dengan alesan ini itu :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya itu bukan bohong demi kebaikan ya, Bang.. Apa ngga kasian sama orangtua, capek-capek kerja banting tulang tapi malah dibohongi sama anaknya gitu.. Takutnya kan dibales, kalo anaknya uda ngerasain jadi orangtua baru la paham kek mana susahnya cari duit..

      Hapus
    2. hehe, itu kan termasuk boong putih. ckckck :D

      Hapus
    3. Hahah.. Kalo untuk keperluan pribadi ya ngga bohong putih namanya :D

      Hapus
  30. wah... ternyata bohong bermacam macam yia bos, bohong putih, abu-abu dan hitam, saya malah baru tahu, kok si bos bisa paham banget yia bos, apa jangan2 si bos rajanya bohong yia, hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah.. Itu kan cuma istilah aja. Masa situ ngga bisa paham sih masalah ginian? :D

      Hapus
  31. Bohong putih? Saya pernah... Kadang bohong ini dilakukan untuk melindungi diri... *eh bohong putih bukan ya? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah.. Bohong putih la Bang, kan demi kebaikaaaaan.. :D

      Hapus
    2. bener tuh, demi kebaikan dan keselamatan diri sendiri :D

      Hapus
    3. Lha iya. Masak ditanya berapa pin ATM jawabnya jujur sih.. :p

      Hapus
  32. asal membangun tidak jadi masalah , #eh apa hubungannya.. saya malahan belum tahu sebelumnya bohong putih itu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ha? Membangun apaan? Wkwkwk :D
      Lha aku juga baru tau kok, Bang. Istilah dari bohong demi kebaikan aja nyah itu :)

      Hapus
  33. Bohong putih kalau kebiasaan takutnya jadi memutihkan kebohongan hahaha
    suka pengen ngakak kalau denger bohong putih, inget sesuatu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihih.. Mungkin ada benernya juga, Mbak.
      Inget sesuatu apaan? :p

      Hapus