Laman

Senin, 14 April 2014

Anak Mentel

Ada yang tau istilah anak mentel? :)
Keknya ini bahasa super dari Medan tercinta. Dan hanya orang-orang beriman yang dapat memahaminya *kena tikam langsung*

Mentel itu artinya sok merasa cantik, padahal mukanya ngga sinkron sama dengan pikirannya. Karena ngga sinkron, dia jadi bersikap super lebay.
Misalnya kalo ngomong suka dibuat-buat sambil badannya gerak-gerak tak menentu. Macam cacing kepanasan. Menggelinjang-gelinjang, trus pengen dipites!

Kasar?
Ya eyalaaaahh.. Sejak kapan siiiiih orang Medan ngga pernah ngomong kasar? :p Asal njeplak dan ngga mikirin perasaan orang laen, karena yang penting tuh jujur. Ngga pake bohong, apalagi selingkuh. Heheh..

Biasanya kalo anak kecil yang dibilang anak mentel, emak bapaknya ngga pernah marah. Justru senyam-senyum kesenengan. Karena artinya anaknya itu cantik, stylish dan bijak. Sebelas dua belas la macam si Harper.

Jeng jeeeeng!!


Berdiri pun mereng-mereng :p


Anak siapa ituuuh? Gembul kali pipinya kek bakpao. Ahahah.. :D
Emang keliatan dari kecil kaaan kalo aku paling males difoto. Ngga ada ekspresi kek tak bernyawa. Sekalinya difoto pas uda besar malah monyong-monyong. Halah.
 
Kalo anak perempuan kan paling gatel buat didandanin kan ya, kek Ayin anaknya Rere. Iiiisshh.. Bakalan eksperimen teros lah emak-emak di Medan, biar anaknya cakep trus dikatain mentel. :p

Tapiiii waspadalah para wanita kalo dibilangin anak mentel! Karena itu artinya.. Kamu jelek dan menyebalkan, plus dandanan yang ngga banget! Buahahah.. Tapiiii *lagi* kalo dibilangin anak mentel dengan intonasi yang tepat serta padu-padan kata yang ciamik, itu artinya kamu sangat memesona.. *kedipkedip*

Untuk lebih jelasnya, tengok dialog di bawah ye.
 
Kasus I
 
A : "Kaaaakk.. Cak ko tengok dulu aku hari ini. Cantik kan?"
 
(senyum sumringah)
 
B : "Mentel"
 
(dengan nada yang dalam dan datar)
 
Si A langsung naek ke lante 20 JW Marriot.
 
Kasus II
 
X : "Eh, Y.. Ke mana aja, kau? Baru nampak kau ku liat.."

Y : "Heheh.. Aku pulang kampung Kak, ke Siantar. Ada urusan. Makanya baru bisa balek"

X : "Urusan? Bilang aja kau dijodohkan. Hahahaaa"

Y : "Iss jangan la kek gitu Kak, sama pariban ku nyah"

X : "Patut mentel kau sekarang ya? Lain dandanan mu uda"

Y : "Masak?"

X : "Ngga caya pulak kau sama ku. Mana mungkin aku nipu. Ko tanyak lah sama pariban mu itu kalok gitu"

Y : "Ya lah Kak, ku tanyak lah nanti. Aih.. Senang kali aku.."

(cengengesan kesenengan)


See?
Keliatan kan arti mentel yang bagus sama yang ngga?

Makanya jangan senang dulu kalo dibilangin anak mentel, karena belom tentu artinya sesuai harapan kita. Heheh..

Pernah nih ya, pas aku SMP, aku sekelas sama cewek. Sebut aja namanya N. Dia ini emang bener-bener mentel. Mentel parah la kalo ku bilang. Masa ya, pagi-pagi ke sekolah pake gelang India warna-warni sampeeee penuh lengannya. Dua-dua pulak itu!

Kalo dia jalan, bising langsung. Untung ngga dikejer tantrib. Hihihi.. :p

Tapi karena sistem sekolah kami tuh selalu ngelewatin anak osis nan ketjeh bin reseh yang ngerazia benda-benda aneh sebelom masuk kelas, ya uda ketangkep la si N. Pake acara nangis-nangis pulak, bilang kalo gelang itu warisan dari neneknya nenek mamaknya. Zzzz.. Drama lo!

Uda gitu, waktu itu kan lagi heiiiitz banget AADC. Dengan pedenya dia nyanyi salah satu lagu AADC pas istirahat..

"Khalaw beginiiiiii terus, khu tak khan ta-han bisa biiiiiisaaaa kau kuraaaaas aku. Percumaaaa punyaaaa haaaa kekasih kamuuuuu hoooo.. Woooo... Yuhuuuu.."

Tetiba semua yang ada di kelas langsung dilarikan ke UGD karena gendang telinga mulai rusak!

Kampret. Itu suara apa geledek sih kenceng bener?

Maka dari itu lah dia dinyatakan sebagai SUPERMEEEEEENNN-tel. :p

Kalo kamu pernah dikatain anak mentel juga? Atau pernah ketemu sama anak mentel? Trus reaksi kamu gimanaaaaa? Kepo nih akuuu.. Hahah..

90 komentar:

  1. aku baru tahu istilah mente lini Beb, kl di Jawa kl anak yg kemayu ya? :D

    itu yg pakai gelang India warna warni dua lengan penuh emang niat ya Beb, kebayang krincing krincing suaranya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo kemayu itu bukannya lebih kalem dan feminin ya, Mbak El?
      Soalnya kalo mentel ini kan lebih centil dan ceria gitu. Hihihi.. :p

      Iyaaaa.. Bising kali la Mbak, kayak toko perhiasan berjalan :D

      Hapus
    2. istilah sudah mah anak yang demikian itu disebutnya kampret...;-)

      Hapus
    3. wah .... tomboy kali ya? :D

      Salut aja Beb sama dia pede bgt kayak tokoperhiasaan bgt :D

      Hapus
    4. @Cilembu Thea,

      mas knp kolom komentar di blognya nggak ada pilihan Name/URL ya? jd saya blom bisa berkomentar balik di blogmu nih

      Hapus
    5. @Cilembu Thea : Wahahah.. Kampretos jongos dooonk :D

      @Mbak Ely : Tomboi? Sikit la tomboinya Mbak, cuma lebih ngga tau diri ini. Hahah.. Ngga tau ya sekarang gimana,terakhir kali tau waktu liat fbnya dia uda berkerudung. Punya cowok pulak. :D

      Hapus
    6. wah .. sdh berubah kali ya Beb dia? :D

      Hapus
    7. Mudah-mudahan sudah, Mbak.. :D
      Mungkin yang kemaren efek puber aja :p

      Hapus
  2. Huahahaha aku baru denger istilah mentel ini beb, berarti si dedek ayin ini mentel yah hahahahaha emang nih anak mentel kali keknyah :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah.. Mentel kali pun, Reeee... :D
      Kalo liat foto Dek Ayin tuh rasanya pengen dikekepin mulu. :p *dipelototin emaknya*

      Hapus
  3. Ahaha, pakai gelang warna-warni sampai penuh, dua-dua pula. terus nyanyinya gitu, hhaha. bayangkannya lucu :D *masuk UGD
    Baru denger sekarang, mbak. ehehe. jadi tergantung arah kalimatnya yah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kocaknya tuh anak ngga ngerasa kalo kelakuannya 'ajaib', Bang..
      Jadi ya terus aja kek gitu, sampe kami berencana buat plesterin mulutnya pake lakban.. :p

      Iya donk, unik kan bahasa Medan? ^^

      Hapus
    2. Haha, gak peduli sekitar yang penting dirinya happy, eh padahal ngundang tawa teman sekelasnya. hhhaha.
      Huaa, tega benar, kasihan dong, mbak Beb. mendingan dibekep pakai bendera yang ada di tiap kelas. eh, makin tega ya. hhaha.

      Benar kali, unik nian :D

      Hapus
    3. Jadinya kami cekikikan, Bang. Abis cemprengnya itu ngga nahan :D
      Wualaaah.. Kok ngga sekalian aja cemplungin ke sumur, Bang? Biar Afgan :p

      Bah. Sebenarnya Abang orang mana sih?
      Kok pake logat Minang kek gituuuu.. Jangan suruh aku PM ya! Jawab di sini! :p

      Hapus
    4. Cekikikannya kompakan?, ah, jadi paduan suara, haha. bikin sakit perut :D
      Di sekolahan ada sumurnya, mbak?, eng, kalau ada iya sebenarnya ide bagus itu. *otak kriminalnya ke laur :P

      Ambo urang mano, indak tahu jugo :D, makin kacau yah :D
      Ah iku kau ngerti, sok atuh sayo enteni *campur terus bahasanya :D

      Hapus
    5. Ya iya lah, kalo sendiri namanya jomblo *eh*
      Ngga sih, tapi kan diada-adain aja biar dramatis. Kekekekkk~ :p

      Halah. Ngomong opo toh, Le?
      Aku yo ora ngertos iki -____-'

      Hapus
  4. kalo anak mentel yg di maksud kayak di atas
    pernah juga liat deh...hehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ya?
      Mentel yang mana nih sekarang, Bang? :D

      Hapus
  5. yahaha sadis *Muka ga singkron sama pikiran*

    baru tau istilah mantel, kirain mantel biasa haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Afgan kan, Mbak? :p

      Mentel Mbaaaak, bukan manteeell..
      Kalo mantel mah dipake buat hari hujan :D

      Hapus
  6. saya sering denger mentel ini ...., salah satu aliran musik kayaknya :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu metaaaal, bukan mentel, Baaaaannngg *teriak pake toa*

      Hapus
  7. Gimana si Beby Rischka ga mentel, dia tu baru balek dari Pem,Siantar nemuin paribannya. (cengangas-cengenges 9x)
    Padahal di Siantar ga lah ketemu dengan paribannya, yang ada cakap-cakap sama Amangborunya. ga dikasih pun dia ketemu sama ibannya. kasiannnnnn..... Wkwkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah.. Aku mana ada iban, Baaaang.. :D
      Paling kalo ke Siantar tuh mampir ke rumah abangnya Papa, trus beli roti Ganda deh :p
      Makanan muluk

      Hapus
  8. Kalau masalah berdiri si kayaknya bagi anak kecil emang suka kaya gitu hehehhehee misalnya akan hendap di foto pasti gaya posenya suka agak miring miring gitu tapi lucu tuh....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi.. Iya kayaknya, Bang.. :D
      Pas pertama kali liat foto ini lagi kok ya memalukaaaan kali berdiri mereng-mereng gitu. Muka pun males-malesan. Wkwkwk..

      Hapus
    2. @Catatan Harian Irfan,

      hallo mas, aku blom bisa komen balikdi blogmu nih krn nggak ada pilihan Name/URL di blognya

      maaf ya Beb, nitip keluhan nih, siapa tahu mereka balik dan ngecek komennya di blogmu, soalnya nggak enak jg sdh komen di blogku tapi aku blom bisa komen balik di blognya termasuk mas Cilembu di atas

      Hapus
    3. Wkwkwk.. Dasar Mbak Elyyyy :D
      Ngga papa loh Mbak, kayak sama siapa aja sih.. :p

      Kok di sini Bang Irfan bisa langsung ketauan linknya ya? Tinggal klik aja tuh, Mbak..

      Hapus
    4. emang bisa diklik Beb, tapi aku ngga bisa memberitahu dia kl aku blom bisa berkomentar di sana krn kolom komennya ngga ada piliah Name/URL. ..... susah Beb kl yg berplatform blogspot nggak ngasih pilihan Name/URL, yg berdomain spt aku jd nggak bisa komen :( .... kl mereka nggak tahu khan dikira aku sombong ya nggak berkomentar balik

      Hapus
    5. Owalah.. Ku kira Mbak ngga tau linknya dia.. Hihihi.. Ngga nyambung ya :p
      Iya, cuma G+ aja ya keknya? Mungkin dia punya alasan tersendiri Mbak, makanya ngga nyediain komen pake opsi laen..

      Hapus
    6. ada yg bilang krn takut spam Beb, tapi byk jg yg krn ngga tahu, sdh beberapa kali kl kuprotes mereka pasang pilihan itu

      Hapus
    7. Kalo OpenID biasanya emang suka dikira nyepam Mbak, tapi kalo Name/URL keknya ngga deh. Tapi harus kasih jeda 15 menit kalo mau bales-balesan komen..

      Hapus
    8. aku pernah protes ke Blogger knp nggak dikasih Name/URL, dia bilang krn spam itu Beb, jd dia tetep ngotot ngga mau ngasih, yowes aku nggak bisa komen lg di sana :(

      Hapus
    9. Oh.. Kalo memang gitu aturan di blog dia ya uda deh diikutin aja ya, Mbak. Heheh.. Kecuali Mbak El bikin G+ juga ^^

      Hapus
  9. nanti kasih definisi jontik juga Beb..wk....wk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakakakakkk.. :D
      Iss Kak Monda racun kali laah.. Kan nanti aku jadi keliatan bongak lagi :p

      Hapus
  10. Kirain Anak Sok Metal tapi di plesetin jadi Mantel eh Mentel haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang betulnya : anak mentel yang sok metal tapi pake mantel, Bang Cum! :p

      Hapus
  11. Katain aku anak mentel dong beb *kedipkedip *dilempar gelang segerenceng

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menteeeeelll.. :p *hayo yang mana itu artinya* *wkwkwk*

      Eh lumayan tuh Mbak, kalo dijualin. :p

      Hapus
    2. Hahhaa... otak bisnisnya jalannn teruss yakk :D
      eh balesanmu kok gak ada notifnya yakk,.. :sad:

      Hapus
    3. Hihihi.. Ya lumayan kan Mbak, buat nambah jajan :p

      Beda sama wordpress ya. Kalo di blogspot centangin aja di kolom 'Beri tahu saya', entar ada notifnya via email :)

      Hapus
  12. Aku jd inget lagu melly yg itu di aadc,nari di kamar cinta...suka liat nariny.*salah fokus.

    Jadi mentel ini punya dua arti gitu yya, jd begitu dikatain mentel harus mikir dulu kira-kira gue dikatain versi baik atau buruk yaah.hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk.. Kangen ya Mbak, aku juga pengen denger lagu-lagu melly sekalian video klipnya.. :D

      Bener.
      Mesti diperhatiin juga ekspresi orang yang ngomong. Bisa aja nadanya lembut tapi pake senyum sinis. Huaaa.. Getok pake martil! :p

      Hapus
  13. Di kampungku (Jawa) ada juga istilah MENTEL. artinya sama. bisa bermakna positif dan negatif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti ada hubungannya ya Bang, antara istilah di Jawa sama di Medan.. :D

      Hapus
  14. hadeuh...emang ada yah, pikiran yang mirip dengan wajah ya?
    kaya gimana contohnya coba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lho? Kok malah nanya aku, Bang? Aku ngga pernah ngomong gitu lo..
      Yang aku bilang itu 'sinkron', bukan 'mirip' :)

      Hapus
  15. di tmpat q mentel itu kemayu. ya biasanya buat cewek abg yang sok caper dan sok jual mahal :v



    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pikir kemayu itu kalem, Bang. Wkwkwk.. Ternyata sama pengertiannya dengan mentel :D

      Hapus
  16. beeeeb...liat aku dong!...cantek kaaaaan?? *silakan muntah* :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cantik, Mbak Eda. Sungguh. Cantiiiiikkkk *atut*

      Hapus
    2. wkwkwkw...gak usah maksa dong ngomongnya :)))
      gak ikhlas banget ih :)))

      Hapus
    3. Hihihi.. Ikhlas kok, Mbaaaakk :p

      Hapus
  17. wah kalimat mentel berarti sema denga " Gumeulis " ( bahasa sunda ) ini untuk perempuan,sedangkan " Gumasep" adalah mentel untuk anak laki-laki, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi.. Keren yah, ada istilah khusus buat anak laki-laki juga. :D
      Kalo di Medan kayaknya universal semua ^^

      Hapus
  18. Rata-rata anak sekolah sekarang pada mentel, kebanyakan meniru adegan sinetron di TV. Terkadang sebel juga kalau melihat anak mentel seperti itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebanyakan begitu ya, Bang.. Tapi mudah-mudahan mentelnya cuma sesaat aja, pas lagi masa puber dan bisa lebih kalem kalo uda SMA :)

      Hapus
  19. jangan-jangan saya juga termasuk anak mentel wkwkwk :))
    tapi masih mending ya mbak, asal jangan cabe-cabean :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi.. Ngga tau deh, takut salah ngomong :p

      Mending bangeeeeett.. Cabe-cabean itu geli loh liatnya. Ahahah :D

      Hapus
  20. photonya sambil mereng kan sebagian dari gaya,style,hehe

    BalasHapus
  21. kalu istilah anak sekang cabe-cabean itu y kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheh.. Bisa jadi ya.. Cuma kalo cabe-cabean lebih ke alay :)

      Hapus
  22. Bedanya mentel sama comel apa beb?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo mentel kan bisa pujian sekaligus hinaan, Bang.. :p
      Sedangkan comel itu pure pujian artinya imut dan lucu menggemaskan, bahasa Melayu itu :)

      Hapus
    2. Bukannya comel di beberapa bahasa daerah ada juga yang maknanya negatif ya?

      Hapus
    3. Oh ya? Kurang tau juga sih, Bang..
      Setau aku kata 'comel' itu berasal dari bahasa Melayu, makanya orang Malaysia kalo muji kan suka bilang, "Duh.. Comelnyeee.." atau "Kite orang kan budak comel" gitu..

      Hapus
    4. Hehe.. nggak tau juga sih.. aku juga tau itu dari temen, orang medan pula

      Hapus
    5. Hmm.. Mungkin aja sih Bang, tapi kalo di daerah ku sini comel ngga ada jelek-jeleknya. Heheh..

      Hapus
  23. Hooooo.. I seee, bisa lah ya sedikit meraba-raba apa itu anak mentel.
    Kalau yang negatif itu, kayak alay cewek nya kali ya Beb? x)))

    Btw beb, umur kamu 22 sekarang? kok AADC hits nya pas smp?
    eh ya, panggil aku Nia aja, ga usah pake mbak-mbak an x)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener Nia, dan lebih nyesek kalo dibilangin mentel dalam arti negatif.. :p

      Aku 22 tahun sekarang. Hihihi.. Ngehitsnya waktu kelas 7 ini sebenarnya,
      tau kan AADC itu film yang booming banget sampe anak-anak di sini susah move on nya.. :D
      Sip deh, panggil nama aja lebih enak ya.. ^^

      Hapus
    2. iyaaa bener, kayaknya sampai sekarang, akupun kalau ada AADC di TV ga boleh kelewat deh... #GagalMoveOn ... x))

      Hapus
    3. Sama dooonk *eh*
      Cuma keknya ngga ada ditampilin lagi ya AADC ini.
      Padahal kan Nicholas Saputra cakep bener di situuu *salah fokus*

      Hapus
  24. saya baru tau mentel itu apa aku kudet :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah.. Ngga kudet kok Bang, soalnya kan ini istilah dari Medan. Ngga semua orang tau kan :D

      Hapus
  25. anak mentel kalau dijawa bisa dibilang anak kemayu,,hehe..

    oy mbak beby, blognya sederhana namun elegan dari segi tata letaknya, tetapi kenapa layout halamannya tidak di responsivekan mbak, sehingga saat seseorang membuka blog mbak pada komputer dengan lebar layar 10" halaman tidak termuat semua, seperti kolom sidebar yang terpotong oleh lebar monitor, sehingga ada tab scroll untuk melihatnya..
    coba diresponsivekan pasti lebih OK mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheh.. Berarti kemayu bisa juga bermakna negatif ya? :)

      Duuuuh.. Maap ya Mbak, suka ngga ngeh kalo banyak yang pake tablet/phablet sekarang. Hihihi.. Kebiasaan pake laptpy euy, makanya aku sesuaiin sama layar monitor laptop..
      Oke deh saran aku terima, entar aku resize lagi. Makasih ya buat masukannya :)

      Hapus
  26. Sumpeh baru tau arti mentel itu, maklum lah orang sunda :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheh.. Makanya ke Medan Bang, biar lebih banyak tau lagi :D

      Hapus
  27. kalau menurut saya sih anak menthel untuk cewek itu biasa kak, tapi kalau ada anak cowok yang menthel, itu perlu dipertanyakan :D :D :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahahah... Parah ini, Riiin. Paraaaahhh :D

      Hapus
  28. Tulisan mentel bisa aja dalam arti anak kecil yang lagi nenen sama ibunya. Ya kan.. Kayaknya bahasa jawa juga gt deh mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk.. Sayangnya di Medan ngga begitu artinya, Bang :p

      Hapus
  29. mentel kalo ditempat saya artinya ganjen bos, hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi sih, tapi di sini ada istilah laen buat 'ganjen', Bang :)

      Hapus
  30. Kalo di malang ini kayaknya... Endel hahahah tapi enggak tahu juga sih wakakak

    BalasHapus
  31. postingan nya selalu menarik sekali

    terimakasih gan

    BalasHapus
  32. Hahaha.. Dah lama nggak dengar istilah kata "mentel". Jadi inget sama ponakanku yang semua nya cewek pada mentel kabeh. Apalagi Kalo mau dipoto.

    BalasHapus
  33. Semalem aku tlponan aama pacar, aku dikatain dasar lah kau mentel banget hon, gitu katanya, nah bingung artinya mentel apaan makanya searching ternyafa artinya hahahaaaa

    BalasHapus