Laman

Kamis, 20 Maret 2014

Nanem Kembang

Siapa yang suka nanem kembang? :D

Kalo aku sih, sukaaaa banget. Hihihi.. Mungkin karena pas masih kecil suka liatin Mama nanem kembang kali ya.. Sore-sore bawa air seember trus siram deh bunga-bunga yang ada di halaman rumah.

Gitu makin besar aku jadi jarang nanem kembang lagi. Sibuk sekolah, les sana sani. Nyampe rumah uda sore trus bawaannya pengen bobok mulu. Capek kan yang namanya menuntut ilmu itu. Tapi kalo ngintilin cowok cakep ya ngga capek. Buahahah.. Ngga denk. Aku kan ngga agresif. *tertunduk malu*

Nah..
Uda skripsi gini, daripada mata capek karena main Criminal Case mulu, bagusan nanem kembang. Asik asik, main tanah lagi deh.. *ini sebenarnya apa yang disenengin sik*

Gegaranya ngeblog trus ketemu temen blogger yang doyan sama kembang juga, ya sudah lah bikin aku jadi semangat lagi. Sebenarnya dulu banyak banget bunga yang ada di halaman rumah. Cuma beberapa tahun belakangan, suka dicolongin orang.. Mama lumayan sedih sih, soalnya beliau yang ngerawat bunganya kan. Sebagai orang kebon, kami ngga tau kalo bunga yang dicolongin harganya bisa mahal banget. Lha nanem ya karena suka.. Trus dikasih-kasih gitu sama tetangga atau sodara yang laen.


Bunga Mawar Lapis - Rp 6 rb


Kayaknya 2-3 minggu yang lalu gitu, aku sama Mbak Non pigi ke Tanjung Morawa buat beli bunga. Ternyata lumayan banyak koleksi di sana. Dan murah-murah pulak.
 
Bunga mawar lapis yang di atas dihargai 6 ribu perak. Haruuuuuum sekaliiii.. Aku sukaaa :D Meskipun warnanya pink, tapi oke lah. Kali ini aku ngga peduliin warnanya. Hahah.. Eh yang di kanan bawah juga mawar lapis tapi warnanya apricot. Ngga terlalu harum, makanya ngga aku beli.
 
Trus ada juga bunga yang aku ngga tau namanya, ada semilir bau harum yang nyangkut di hidung ku. Alamak.. Langsung beli lah.
 
 
Bunga-entah-apa-ini - Rp 3 rb


Ada warna merah keunguan juga yang aku beli, cuma uda layu.. Uniknya, mereka bakalan menciut lagi jadi kuntum kalo uda sore.
 
Bunga ini lagi dititipin ke Mbak Non. Lama-lama aku jadi males bawa pulangnya, karena agak repot. Jauh kan jaraknya, mana naik kereta pulak. *alasan*
 
Laporan ke Mama kalo aku nemu tempat jualan bunga yang murah, beliau langsung semangat lagi deh. Pasti merindukan kupu-kupu yang uda lama ngga mampir ke rumah. Hiks.. :( Rencananya sih beliau mau sewa mobil kantor atau minta tolong ibu yang tinggal di Tanjung Morawa buat beliin, soalnya kami ngga punya mobil. Heheh.. Adapun punya Papa, bukan punya kami. :p
 
Ngga papa lah ya uda beli bunga yang uda jadi.. Maksud ku mau dari kecil gitu, pas masih jadi biji. Cuma aku belom nemu yang jual model biji di sini..
 
Yang suka nanem kembang, boleh donk kasih tipsnya.. :D

44 komentar:

  1. kl di sini itu byk bunga yg nggak ada baunya , jenis mawar juga, jadi macam macam bunga tanpa Aroma

    aku pernah punya mawar beberapa jenis, tapi pas lagi ngotak atik kebun kupindah mawarnya ke rumah Mama mertua yg warna pink dan oranye, yg ada di rumah itu yg warna merah hati tapi kecil bgt, jadi pengen nanam mawar lagi nih, di sini kl ada penawaran byk bgt jenisnya, sampai bingung aku , jadi pengen nanam mawar lagi nih ntar kl musimnya.

    Kl mnrtku aku biasa nanam tanaman mengikuti etika yg ada di tanaman itu Saat dibeli ya,, termasuk si jenis mawar atau bunga yg lain itu suka ditempakan di mana, misalny asuka yg di tempat teduh, atau justru yg byk sinarnya, suka yg tanah gembur atau malah yg berpasir.

    mawarnya cantik juga ya, aku blom tahu nih yg di atas itu bunga apa, daunnya itu spt blom pernah kulihat di sini deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya ngga ada baunya juga ngga papa Mbak El, yang penting tampilannya kan. Hihihi.. Cuma aku pasti langsung tertarik kalo ada bau harumnya, bikin jadi pengen cium-cium trus entah kenapa bawaannya langsung happy aja. :D

      Tanem donk, Mbak.. Pengen liat juga bunga mawar yang di sana, berduri juga kah? Hahah.. Penasaran jadinya. Oh, ada musim-musimnya ya? Aku kira bisa ditanem sepanjang musim, maksudnya pas musim semi, panas sama gugur. Kalo musim dingin kasihan yah, jadi kedinginan bunganya..

      Hmm.. Banyak petunjuknya ya, Mbak. Aku baru inget juga kalo penjual di sini ada yang ngasihtau pake tanah apa aja yang bagus, siram berapa kali.. Cuma kadang-kadang kita mesti lebih bawel deh nanya ke mereka. :)

      Iya, tapi karena difoto pake kamera hp jadinya kurang tajem nih. Aslinya lebih cantik lagi loh, Mbak.. Kelopaknya itu lembut, kenyal-kenyal gitu trus langsung deh semerbak wangi. Yeee.. Ngga nyesel aku belinya.
      Oh ya? Aku lupa ini namanya apa, kayaknya ada siti-sitinya deh. Heheh..

      Hapus
    2. iya sih, lihat kelopaknya saja sdh seneng ya ? kmrn aku lihat byk kembang mawar di toko jd inget kamu hihhi :)

      iya Dong, ini aku Insya Allah mau bikin lokasi khusus buat nanam mawar di dekat Gartenhaus, sdh bilang sama suami, ntardia yg nyongkel tanahnya dulu hihihi ... iya ada saatnya itu rame rame di toko toko biasa (bukan yg khusus jualan bunga) nawarin aneka kembang mawar, wadeww .. bisa mupeng aku byk bgt jenisnya :)

      sebenarnya nggak sulit sulit amat ya nanam mawar itu, palingan motongin cabangnya biar nggak tinggi tinggi amat, itu tetanggaku ya punya mawar yg ditanam dililitkan ke kayu yg membentuk lingkaran pintu, wadeww .. kl lagi mekar cantik bgt, , Cuma sayangnya mawar itu khan bentar aja ya mekarnya nggak berbulan bulan

      kamu tahu nggak mawar yg bisa dimakan juga ? atau dibikin Sirup ? dibikin salat juga ? aku pernah nonton tuh di TV tapi blom pernah praktek orang mawarku saja kupindah di ruamh Mama yg kosong itu hihihi

      gitu ya, aku blom pernah lihat sih di sini yg spt itu, jd mau ngecek jg nggak bisa

      Hapus
    3. Iya Mbak, kan unik-unik ya bentuknya. Wah.. Kalo aku ada di sana, mungkin uda melayang bahagiaa.. :D

      Asiiiik.. Jadi ngga sabar nih denger perkembangannya, Mbak El. Baik banget suami Mbak yah, mendukung gitu. Pasti menyenangkan bisa berkebun bareng.

      Oh.. Cabangnya mesti dipotong toh, Mbak? Ku pikir dibiarin aja, yang penting kasih tanah bekas bakaran, kulit telor sama siram air deh.. Iya, mawar mekarnya ngga lama yah. Tapi justru di situ elegannya Mbak, terkesan limited :p

      Aku tau Mbak, tapi ngga tau nama jenisnya.. Tetangga depan rumah orang Karo, beliau suka banget makanin kelopak mawar merah. Katanya biar harum.. Oh ya, bener deh ada air mawarnya yang kayak sirup itu. Wangi banget euy, jadi mupeng. Hihihi.. Nama jenis mawarnya apa ya, Mbak? Ih langsung kepo nih, mau googling ah..

      Iya, nanti deh kalo ke tempat jual bunga lagi aku tanyain trus catet biar ngga lupa. Heheh..

      Hapus
    4. bikin klepek klepek ya ? :)

      iya, suamiku emang baik bgt orgnya, aku nggak bilang saja dia sering tahu jalan pikiranku dan ngerjakan yg aku mauin, lha ini kok malah pamer suami ya ? hahhahahaa sorry :)

      iya, di waktu tertentu hrs dipotong cabangnya, aku sih ngikutin yg tertera di etiketnya saja, tapi khan skrg ngoogle byk ya Beb ? iya bener juga katamu, elegan bgt si mawar ini

      wah .. aku nggak merhatiin pas lihat acara TV itu jenis mawarnya apa, semoga ketemu ya ngooglenya :)

      Hapus
    5. Hihihi.. Iya, Mbak El. Langsung jatuh hatiii :D

      Wah.. Alhamdulillah ya, Mbak.. Itu namanya bener-bener sehati, ada kontak batin. Hahah.. Ngga papa koook, santai aja, Mbak.. :p

      Yap bener Mbak, asalkan jaringan ngga lelet aja. Hahah.. Kalo banyak gambar kadang suka bikin kuota abis.

      Sip deh, lagi berjuang nyari nih ^^

      Hapus
    6. makasih :)

      begitu ya Beb, jd inget pas di Bali kmrn, lemot bgt HPnya mau ngecek imel sj ampuuun :D

      Hapus
    7. Sama-sama :)

      Iyaaa.. Jadi meskipun biasanya lancar jaya pake provider ini, tetep aja ada satu hari yang jaringannya lelet bener, kayak pas acara njagong Mbak El waktu itu loh. Bener-bener lamaaaa tenan itu loadingnya. Untung jarang-jarang, kalo tiap hari bengek juga

      Hapus
  2. Gak suka kembang, sukanya kembang desa, haha...

    BalasHapus
  3. Suka bunga tapi gak pernah turut ikut naman, mbak. hhaha. pantes saja, background dari blognya juga bermotif bunga. ehem, ehem, nanti bunganya tak colong ah, mau juga, hhaha :P *keceplosan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheh.. Bang Richoku suka memperhatikan juga ya? Aku kan jadi maluuu.. Hihihi.. :p
      Soalnya dulu pas pasang background tengkorak, kesannya mistis gitu. Entar disangka blog yang jualan jin lagi. Hiiii!

      Colong lah kalo bisa :D

      Hapus
  4. Nanem kembang memang hobi kaum wanita, walau tak sedikit juga kaum pria yang suka bunga
    Bunga aroma dan warnanya mempesona
    Tipsnya apa ya : rawat,pupuk da sirami tanemanmu
    Gitu aja ya Beb
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah.. Iya Pakde, aromanya memang langsung bikin klepek-klepek.
      Mood jadi bagus lagi.

      Terima kasih sarannyaa :D

      Hapus
  5. Ah bebih.. jangan sebut-sebut nanem bunga ah, hatiku pilu..
    secara miara kaktus aja seminggu langsung busuk.. hiks.. hiks.. T.T

    yang jago nanem-nanem malah suwamikuh.. apa aja dia tanem jadinya subur... anak petani soalnya :D
    aku gak bakat nanem-nanem bunga.. bakatnya belanja bunga keknya.. huhuhuhuhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh.. Kasian bener kaktusnya. Wkwkwk..
      Emang Mbak Pit nyiramnya berapa hari sekali sik? Agak-agak curiga nih. Wayo ngakuuuu... :p

      Berarti sinkron ya, antara anak petani sama kemampuan tanam-menanam. :D
      Bisa bikin bisnis bunga tuh, Mbaaaakkk.. *kompor*

      Hapus
  6. Iiiissssh.. beeeb. Iri deh iriiiii kalo nemu tukang jualan kembang yang murah meriah gini. apalagi kemaren sepanjang jalan kualanamu-medan banyak yang ijo. Hasrat berkebun langsung terbakar. Tapi apa daya ga ada yang jualan bibit yang Oke Beb...

    Jadi ya pake biji buah yang dibeli ajah deh. Huehehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaa.. Next trip deh Bang, kalo main ke sini lagi aku temenin belanja bunga ya.
      Soalnya daerah jualannya tuh lumayan panas, jadi pasti bunga-bunganya bisa hidup di daerah yang kering. :)

      Yeee.. Lumayan lah itu, buktinya bisa numbuh juga kan. Hahahah

      Hapus
  7.  

    komen di blogspot gagal terus nihh... :-D

     

    BalasHapus
  8. bagus beb, nanem kembang gitu. Jadi kalo laper tinggal dipetik aja. *eh* :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penerus Susanna donk kalo gitu, Bang :D

      Hapus
  9. wah bunga nya bagus banget kak. Saya kebetulan nggak nanem bunga di rumah, soalnya nanti kasihan kalau diterlantarkan, alias nggak terawat hehehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi.. Kamu kok jujur banget sih, Rin :D
      Bisa pilih taneman yang ngga perlu siram sering-sering, kayak kaktus. Lumayan bisa ngurangin radiasi kalo dideketin di laptop ^^

      Hapus
    2. kalau pas musim ujan gini, nggak perlu nyiram bunga ya kak hehehe :D

      Hapus
    3. He? Musim hujan kah di sana? Di sini musim kemaraaauuu.. Pada kering kembang ku

      Hapus
  10. wah bagus banget euy kembangnya,,, tapi bagusan autornya sih ( wkwwk), kebetulan di bandun banyak kembang teteh,, hehehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi.. Ini bagusan apanya sih sebenarnya, Bang? Rancu bener :p

      Oh ya? Huwaaa.. Saudara ku juga ada bisnis bunga di Bandung Bang, memang cocok banget ya nanem kembang di sana. Kalo di Medan sih lumayan panas, jadinya mesti disiram lebih sering. Heheh..

      Hapus
  11. Aku sekarang lg mesen bibit sawi, kangkung, dan bayem beb. Sama adeknya temen. Kalo dirimu uda nemu yg jualan biji bunga, aku mau ntar pesen kirim jne aja. Hihi...lg pgn nanem nanem juga di halaman nih. Aduuuh tuuh kan makin pgn ke medan :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku jg masi bingung soka, sakura sakuraan di rumahku mah blm berbunga lg padahal kan dah aku potongin...binun.

      Hapus
    2. Sip deh.. Ini juga lagi nyari yang jualan biji bunga Mbak Pu, kebanyakan uda jadi sih pas dijual, tinggal ngerawat aja. Heheh.. Ayok la ke Medan, bikin planning ke sini yah.. :)

      Hapus
    3. Wualah.. Kenapa ya? :(
      Berhubung aku ngga punya si soka ini jadi ngga bisa ngasih saran deh. Maaf ya, Mbak..
      Googling aja dulu, atau coba tanya sama Mbak Ely.. Siapa tau nemu solusinya gimana, Mbak Pu.

      Hapus
  12. Rumahku juga banyak bunga tuh dan konyolnya lagi, sebagian gak tau namanya, hehehe.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah.. Bisa digoogling, Abaaaanngg.. :D
      Tapi sehat-sehat ya bunga di sana. Mungkin karena di dataran tinggi ya, Bang?

      Hapus
    2. Sehat-sehat kok, hehehe... Oiya, udah ada Google ya... ahihihihi :D
      dataran tinggi sih, tapi udaranya gak sejuk hehehe

      Hapus
    3. Hebat ya, padahal sempat kena awan abu kan.. Kalo googling bingung juga nentuin keywordsnya ya :D
      Wkwkwk.. Mungkin karena deket laut Bang, makanya udaranya ngga sejuk

      Hapus
  13. kalau saya jarang nanam yang ada kembangnya beb,,,, paling cuma kembang kertas sm asoka doank. selebihnya lebih senang tanaman yg daunnya macem2 kek antorium,, hehehhe
    tapi jadi tertarik nanam mawar nich sayang disini susah nyari bibitnya... :( *alesan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iiihh sama kayak Mama, Mbak.. Senengnya antorium. Sayang koleksi Mama uda digondolin orang. Huhuhu.. Tapi asoka kan cakep juga ya Mbak, kalo berbunga.. :D Wangi ngga sih?

      Hihihi.. Iya kah? Mau ku kirim ngga dari Medan?

      Hapus
  14. Beby..., foto nomor dua mungkin sama deng an foto di tempat kk, cuma beda warna aja.., daunnya nggak gitu nyata
    namanya portulaka atau krokot

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya, Kak? Emangnya yang di tempat Kakak warna apa? Wangi juga kah?
      Hihihi.. Jadi namanya Krokot ya.. Lucu namanya :p

      Hapus
  15. Tanjunga Morawa itu banya tukang kembang ya..
    dulu mamaku juga sering belanja bunga di sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Kak, aku baru tau sebenarnya. Hahah.. Kita masuk ke jalan kecil gitu, trus di dalamnya kiri kanan jualan bunga semua, bahkan sampe ke belakang. Huwaaa.. Surga banget deh buat penyuka bunga. :D

      Hapus