Laman

Jumat, 28 Februari 2014

(Masih) Picky Eater

Picky Eater.

Ini adalah istilah bagi orang yang suka pilih-pilih makanan, biasanya diderita oleh anak-anak. Tapi ternyata, banyak juga yang berlanjut hingga ke usia dewasa. Contohnya ngga usah jauh-jauh. Aku salah satunya.

Si picky eater ini cuma mau makan makanan yang dia suka, misalnya mie, nasi atau daging. Dan rata-rata ngga demen sayur atau buah. Padahal kan sayur dan buah itu mengandung banyak vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Makanya ngga heran kalo aku pendek gini. -_- *sirik sama orang tinggi*


www.articles.chicagotribune.com


Apapun makanan yang disukai ini, pasti ngga bakalan dimakan. Walaupun sampe harus menahan lapar atau ngeluarin uang lebih supaya bisa makan makanan yang dia mau. Ujung-ujungnya ke restoran junk food deh. Bisa dibayangin kan bahayanya kek mana?
 
Menurut pengalaman ku, salah satu penyebab kenapa aku masih jadi picky eater ini adalah, karena keluarga ku ngga mau maksa aku makan sayur. Sebenarnya tanpa paksaan sih juga bisa seharusnya, misalnya lebih berinovasi dengan masakan. Kayak yang zaman sekarang, bikin bento dengan bentuk yang lucu-lucu itu loh. Yakin deh banyak anak kecil yang 'ketipu' dan akhirnya lahap makan sayur atau buah.
 
Lah sekalinya ngasih sayur malah sawi pahit. Otomatis aku langsung mingkem kalo disuguhin sayur-sayuran lagi. Sampe sekarang aku masih ingat rasa pahitnya itu. Ih!

Karena ngga suka sayur, minus mata ku makin tinggi dan kulit ku juga kering. Hiks.. Syukurnya aku masih suka buah. Kalo ngga, mungkin makin parah lah. Ehm, jadi makin gendut juga sih. Trus tau-tau alergi ku sering kambuh. Itu artinya aku harus memulai makan makanan yang sehat. Welcome, sayur.

Aku berusaha biar bisa makan sayur. Mata sampe merem, ngunyah berapa kali uda langsung telen aja karena takut mual, tutup hidung, dll yang lumayan lebay ekstrem. Tapi khusus sayur yang satu ini, aku dengan senang hati memakannya..


www.blogmasakanindonesia.wordpress.com


Mmm.. Tentunya ngga pake vetsin yuaaa.. Bisa kumat lagi donk alergi eike. Lagian pake garem sama gula juga jauh lebih enak kok rasanya. Suwer. ^^v
 
Btw, ada cerita konyol dari kawan ku yang picky eater juga, kita sebut aja R, tapi dia ini emang beneran parah. Sama sekali ngga mau makan sayur kol. Ngga tau alesannya apa, pokoknya sampe kapan pun ngga mau makan kol.
 
Nah, ternyata R diundang keluarga pacarnya dan mereka masak banyak makanan, salah satunya ada tumis kol gitu. Parahnya lagi, si tumis kol ini bikinan calon ibu mertua dan dengan bangganya beliau nyuruh R buat nyicipin. Ngga tanggung-tanggung, beliau naruh dua sendok penuh tumis kol di piring R! Buahahah..
 
Suapan pertama, dia uda tarik nafas puluhan kali dan mulai keringet dingin.
Suapan kedua, perut mulai ngga enak.
Suapan ketiga, masih berusaha senyum sambil muji masakan calon ibu mertuanya.
Suapan keempat, kepala jadi pusing dan mata pun berkunang-kunang.
 
Hebat juga dia, bertahan di tengah penderitaan batin. Kalo aku sih uda bakalan pura-pura sakit perut atau ayan sekalian! Acara makan malamnya sukses dan dia dianter pulang sama cowoknya. Gitu nyampe kamar, dia bilang langsung mumun sambil nangis-nangis. Wkwkwk.. Aku yang diceritain sampe sakit perut saking gelinya liat ekspresi muka dia.
 
Ah.. Emang derita tiap picky eater dewasa nih. Ngga selamanya bisa terus-terusan menghindar dari makanan yang ngga disukai.
 
Kira-kira kamu punya saran ngga buat picky eater? :)

18 komentar:

  1. Gw gakbisa kasih saran apapun Beb. Secara gw juga picky eater. Kasus gw sih ikan. Hahaha. Sama sekali gakbisa. Eh tapi kalo sushi sih bisa-bisa ajah. Hahahaha.
    Beb. Sayur pahit adalah salah satu makanan terenak di dunia deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walah.. Sama toh rupanya. Iss sushi itu juga kan kebanyakan dari ikan, gimana sik! Hihihi.. Kalo sashimi suka juga ngga, Bang?

      Ewww.. Not for me. Ahahah.. :D

      Hapus
  2. wow .. itu temenmu kuat dan sabar bgt ya demi mertua sampai mau makan kol :D

    saranku ? menikah, ntar juga nggak akan jadi picky eater lagi, aku dulu nggak suka daging dan ikan, setelah nikah di sini jadi lahap makan ke duanya hihihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi.. Itu sih biar calon ibu mertuanya ngga ngerasa gimanaaa gitu, Mbak. Uda ditawarin soalnya kan, dikasih ke piringnya pulak :p

      Bener juga ya.. Apalagi suami suka makan makanan yang ngga kita sukai. Halah. Nular jadinya..
      Nanti liat ah, mudah-mudahan pas nikah ngga picky eater lagi. Tengkyu, Mbak El ^^

      Hapus
    2. Mmm.. Harus bersahabat dengan timbangan donk, Mbak :p

      Hapus
    3. hihihi ... timbangan mah perlu ya, suamiku langsing kl minggu sore pasti nimbang badan tuh habis Jogging, jd nggak harus dimusihi dong timbangannya , buat ngontrol terus :)

      Hapus
    4. Kereeeen.. Pada suka olahraga ya. Ngga perlu mahal-mahal bayar gym. :) Kalo gitu mau makan banyak juga tetep aja langsing, Mbak El :D

      Hapus
    5. kk ke gym malah kali nggak bakalan betah ya, kayak kekepung gitu olah raganya, nggak bebas, kayak temenku di sini, bayar mahal buat ke Gym, Cuma beberapa kali dtg, sdh ngak bisa dtg lagi sayang uangnya ya

      kl kami biasa bersepeda tiap hari sih, pas salju jg, jika lagi beku di mana mana dan nggak mungkin buat sepedaan ya baru naik sepeda statis di dalam rumahsambil nonton TV, kl kepepet aja sih, lbh suka gowes di alam terbuka, krn lbh nyaman dan efeknya beda lho

      Hapus
    6. Ada gym di salah satu plaza sini, aku sempat masuk karena ada promo gratis. Eyalah perasaan sumpek banget :( Meskipun sejuk tapi berasa malu diliatin orang-orang.. Iya bener, sayang uangnya ya, Mbak. Bukannya murah kan jadi anggota di gym..

      Asyik ya.. Jadi pengen sepedaan juga. Heheh.. Cuma ngga ada tempat sih di sini.. Palingan bisanya berenang doank. Lumayan lah, gerakin nih badan :p

      Hapus
    7. tergantung tempat gymnya sih, kl lg promo murah ya, kl enggak ya lumayan, jika emang serius dan dtg terus mungkin ngak masalah ya, kl cuman sekali dtg trs ngak dtg lagi ya eman eman uangnya :)

      Hapus
    8. Hahah.. Kalo yang berlebih duitnya ya ngga masalah ya Mbak, bisa ngegym dianya.. :)
      Di sini banyak cowok sih yang ngegym, terobsesi biar punya sixpack :p

      Hapus
  3. dipaksa aja supaya nelen makanan yang gak disuka hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agak-agak kejam bah sarannya. Huwahahah.. :D
      Tengkyu Mbak Non, semoga yang maksa aku makan sayur tuh cowok cakep. Qiqiqi..

      Hapus
  4. Iya bener bgt beb,anak harussetengah dipaksa u makan sayur. Anakku lumayan udah mau bbrp sayur.
    Wah temenmu beneran muntahbegitu nyampe kamar? Kasian ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Put, soalnya susah lo mengubah kebiasaan makan kalo uda dewasa. Mumpung masih kecil emang harus dijejelin sih.. Syukur lah Mbak, jadi adek tercukupi vitamin dan seratnya :)

      Hahah.. Parah emang dianya, sampe shock gitu. :p

      Hapus
  5. Wah kalo aq sih tidak termasuk picky eater sih, cuma gak suka sama dua jenis makanan, yakni pare dan rebung, hehehee... sampe sekarang ogah makan itu. Selain itu sih, masukkk :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu sih masih termasuk, Baaang.. Hahah :D
      Tapi syukur lah, bukan picky eater yang parah yak ^^

      Hapus