Laman

Senin, 15 Juli 2013

Celengan

Mulai lagi waktu ku untuk nulis. :D
Saking ngga taunya mau nulis apa, akhirnya tercetus lah ide bikin topik tentang celengan. Ya abis mau nulis apaan, lagi ngga ada ide lain nih. Ngga papa lah ya bahas tentang ini. :p

Waktu SMP, Om Andi (suaminya Ibu Sri) pernah nanya sama aku, kenapa celengan itu dinamai celengan?
Pertanyaan yang menarik. Iya pulak ya, kenapa dikasih nama celengan? Kenapa ngga korengan atau bopengan aja? *ngawur*

Akhirnya dijelasin deh kalo celengan itu berasal dari kata celeng yang artinya babi. Om Andi bilang, waktu beliau kuliah S2 di London - Inggris, semua celengan awalnya berbentuk babi. Padahal bahasa Inggrisnya itu money box yang kalo diindonesiakan tuh artinya kotak uang.

Trus kenapa pula mesti babi ya?
Aku baru tau jawabannya tadi, setelah cari info sana-sini. :)

Babi dilambangkan sebagai kejujuran, kesederhanaan dan keuletan.

Jadi filosofinya tuh biar kita bisa selalu hemat dan nabung. Karena nabung alias simpen duit itu penting banget. Banyak kan hal yang ngga terduga dateng, misalnya ada baju diskon trus ngga punya duit kan bisa ambil di celengan *ketepak*
Eh salah denk, maksud aku kalo ada musibah sakit dan butuh biaya, ambil tabungan deh. Ya kalo punya asuransi ya silakan urus deh. :)

Kalo uda gede, ya nabungnya di bank lah ya. Atau kalopun di celengan, buat duit recehan.. Aku pernah nih mecahin celengan ku tercinta setelah beberapa bulan rutin aku celengi, dan hasilnya sungguh luar biasa, teman-teman!
Setelah aku hitung, terkumpul deh uang Rp600 ribu dari celengan ini. Lumayan kan? :D

Dan anehnya, setelah aku tukar ke pajak, kan aku uda megang duit kertasnya tuh, aku ngga inget belanjain apa dan di mana. -.-
Poor me..

Oh ya, bentuk celengan sekarang ngga cuma babi aja loh. Banyak banget yang lucu-lucu. Liat aja deh..


























Btw, celengan si Sapi itu kenapa nungging ya?
Wkwkwkwk...

Gimana, lucu-lucu kan celengannya? :D
Aku pengen banget beli celengan-celengan ini, tapi susah dapetinnya. Pernah juga iseng nanya waktu bazaar di Sun Plaza, sebijinya ampe 300rb. Ngga lucu kaya yang aku upload di sini malah celengannya... -.-

Soooo..
Jangan lupa nabung yah. Terserah sih mau di bank atau di celengan, atau di kaleng trus dikubur dalam tanah kayak kebiasaan saudara ku zaman dulu, boleh deh.. Intinya sih nabung.
Happy saving money! ^^

Kamis, 11 Juli 2013

Ramadhan Telah Tiba

Alhamdulillah..
Datang juga bulan yang ditunggu-tunggu. Bulan penuh berkah dan rahmat, bulan panen pahala dan surga. Amiiiinn..

Sebelumnya aku mau mohon maaf lahir batin yaa, siapa tau ada isi blog atau omongan ku yang menyinggung salah satu pihak.. Ya walaupun sebenarnya aku ngga tau juga yang mana. Hihihi.. Cuma takut aja kalo-kalo nyakitin perasaan seseorang..

Gimana dengan puasa pertama kalian? Lancar ngga?
Kalo aku alhamdulillah banget puasanya lancar. Biasanya maag ku suka kumat kalo ngga dijejelin makanan. Modus nih, bilang aja kebo doyan makan. Wkwkwk.. Kebiasaan sejak SMA tuh puasa pasti bolong, selain karena lagi 'libur' juga karena nih perut ngga bisa diajak kompromi. Ngisep banget....

Asam lambungnya tuh naik, bikin mual dan ngehek deh.. Sedih karena belom tentu puasa tahun depannya bisa ikut lagi, tapi tersiksa karena sakit kaya gini..

Tapi syukur lah, mungkin karena aku uda dewasa, uda bisa kontrol asupan makanan, maag ku ngga pernah lagi kumat. Rasanya nyamaaaaaan banget! :D
Mau makan apa juga enak, ngga ada pahit nih mulut. Ngga heran kalo nih badan makin melar. Gyahahahahah...
Dan puasa semalem juga afdol banget! Ngga terasa eneg nya, mualnya pergi jauh-jauh.

Dari sini aku bisa ambil hikmah, kalo emang uda niat ya, kita kudu jalani bener-bener sambil mohon pada ALLAH SWT, Insya Allah pasti dilancarkan dan diberi kemudahan.. Maag kronis ku buktinya bisa sembuh tanpa harus minum obat-obatan. Yang dulunya aku harus minum jamu super pahit, makan ini itu, eh sembuhnya cuma karena pola makan aja..

Plus kalo diberi sakit, kita harus ikhlas. Jangan ngedumel, merepet ngga ada abisnya. Malah bikin stress dan memperparah sakit. Yakin aja deh ALLAH SWT ngasih penyakit karena sayang sama kita atau negur kita, jadi selaku hamba-Nya kita harus introspeksi diri, banyakin ibadah dan sedekah, ikhtiar berobat atau jaga makanan kaya kasus ku..

Eh btw, buka puasa pertama semalem lauknya apa nih?
Kalo aku pake ifu mie, tauco udang telur puyuh, kangkung rebus, nugget, cumi sambel dan sambel belacan. Mantep ngga tuh? Wkwkwkwkwk.. Dan emang keliatan kebo-nya sih, gitu buka langsung tancap gas poooollll...

 Ini piring pertama, piring keduanya lupa difoto

Slurp! :p
 
Maaf ya yang lain ngga sempat difoto, karena uda diserbu duluan. Wkwkwkwk..
Oh ya, masih ada sekitar 29 hari lagi nih. Semoga lancar semuanya, sehat terus dan semangat walaupun lagi puasa. Yey!