Laman

Selasa, 05 November 2013

Dibully Temen

Tadi aku abis nonton film Carrie. Kisahnya sih semi horor lah ya, cerita tentang seorang cewek bernama Carrie yang dibully temen-temennya, karena dia sedikit aneh, berpakaian jadul dan penyendiri. Nah, ada juga temennya yang baik atau kasihan lah gitu sama si Carrie ini, bernama Sue. Jadi Sue ini meminta pacarnya, Tommy, buat ajak Carrie ke acara promnight di sekolah mereka.

Carrie terlihat cantik banget. Dan terpilih jadi Ratu di sekolahnya. Sebenarnya itu kelakuan curang dari orang yang benci sama Carrie, namanya Chris. Ketika Carrie naik panggung dan dikasih bunga, Chris dan pacarnya numpahin ember berisi darah babi ke kepala dan badan Carrie. Tommy juga kena sih, dan sialnya ketimpa apa gitu sampe tewas di tempat. Carrie yang punya kekuatan telekinesis ini akhirnya ngamuk dan membantai orang-orang di dalam ruangan itu, dengan cara-cara yang sadis.

---------------------------------------------------------------------------------------------

Kisah dibully temen emang uda banyak banget. Bukan hal baru sih. Mama bilang, dari zaman beliau juga ada bully-bullyan kek gini. Tapi orang dulu mana tau ya kalo istilahnya itu bully.

Jadi kata Mama, temen sekelasnya dulu di SMP ada cewek yang (maaf) berwajah kurang menarik. Dia suka banget dijahilin sama temen-temen yang lain, terutama cowok-cowok. Biasa suka usil gitu. Dan ketika lagi diganggu, ternyata asma si cewek ini kumat dan ngga bisa nafas sama sekali. Wajahnya uda membiru dan ketika dibawa ke rumah sakit, uda ngga tertolong lagi.. Pihak keluarganya ngga nuntut sih, cuma yang ngisengin ini diskors 3 bulan sama Kepala Sekolah.


www.grantgopher.com
 
 
Awal masuk SMP, aku dapet temen sebangku. Namanya Citra. Anaknya baik deh dan ramah. Cuma sedikit pemalu. Jadi mesti aku yang pinter-pinter cari bahan obrolan.
 
Kami berdua sama-sama dari SD di kota lain dan sama sekali ngga punya temen sekolah di sini. Beda sama temen sekelas yang kayaknya sih pada satu sekolah semua. Jadi uda pada kenal gitu.
 
Sekolah baru berapa hari, Citra ini uda dibully sama temen-temen. Alasannya sih sederhana, karena (maaf) giginya Citra agak maju. Tapi sebenarnya itu bukan masalah loh. Ngga terlalu keliatan juga. Apalagi Citra ini cantik.
 
Ada cowok namanya Satrya, eceknya berasa raja di kelas kami. Tukang ngejek, ngebanyol. Habis lah Citra diledekin sama Satrya. Akhirnya semua orang ikut-ikutan. Ngga cuma temen sekelas, temen beda kelas juga.
 
Pernah waktu aku dan Citra mau ke kantin, Citra dipegang bahunya sama Laily, anak 7-2, sambil bilang, "Eh Citra, gigik kau kok boneng kali?"
Trus para cowok yang lagi di luar kelas pada ketawa terbahak-bahak. Si Laily cuma senyum-senyum aja. Citra kayaknya shock, trus aku tarik tangannya buat cepet-cepet ngacir ke kantin.
 
Akhirnya setelah 3 bulan sekolah, Citra pindah sekolah. Dan temen-temen yang ngebully dimarahin sama Pak Rizal, guru Sejarah sekaligus wakil kepala sekolah. Kata beliau, Citra jadi tertekan batin. Selalu nangis dan ngga mau sekolah. Kasihan bener deh.
 
Beberapa bulan yang lalu, aku diadd sama seorang cewek berhijab. Cantiknya luar biasa. Tapi siapa ya? Ngga kenal. Liat namanya, ya ampun.. Itu Citra! Citra yang dulu dibully, dikatain tonggos, sekarang berubah jadi wanita muslimah yang keren, cantik dan modis. Subhanallah.. Andai Satrya dan temen-temennya ngeliat, pasti ngga percaya dan jedot-jedotin kepala mereka ke tembok! Hahah.. :D
 
Di SMP dan SMA pun aku pernah dibully temen. Difitnah sampe ngga punya temen. Tapi cuek aja lah, toh emang dasar anak tunggal, biasa sendiri. Selalu inget kata Mama, yang benar pasti benar dan yang salah pasti salah. Ngga lama langsung terbukti deh, dan yang ngefitnah aku itu dibalas Allah SWT lebih kejam. Hii.. Merinding kalo inget-inget lagi.
 
Sebenarnya kenapa sih sampe bisa dibully temen gitu? Aku perhatikan, yang dibully justru ngga ada salah apa-apa. Paling cuma karena kutu buku, sedikit aneh (menurut orang kebanyakan), nerd, pendiam, pemalu, kekurangan fisik dan lain sebagainya. Tapi selain itu, aku ngeliat ngga ada yang salah.
 
Waktu dibully temen, aku lebih berani ngelawan. Makanya mereka pada takut sama aku. Hahah.. Itu kenapa sampe sekarang, aku ngga bisa terlalu akrab sama orang yang baru dikenal, kecuali akunya uda nyaman.
 
So please, sesempurna apapun kita, jangan pernah ngebully orang. Dibully itu rasanya tersiksa loh. Banget-bangetan. Kita jadi ngga pede. Dan banyak yang ngga kuat mental, berakhir tragis seperti Amanda Todd. Bully juga bisa dilakukan lewat dunia maya. Ngga cuma tatap muka aja..
Please No to Bullying!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar