Laman

Senin, 15 Juli 2013

Celengan

Mulai lagi waktu ku untuk nulis. :D
Saking ngga taunya mau nulis apa, akhirnya tercetus lah ide bikin topik tentang celengan. Ya abis mau nulis apaan, lagi ngga ada ide lain nih. Ngga papa lah ya bahas tentang ini. :p

Waktu SMP, Om Andi (suaminya Ibu Sri) pernah nanya sama aku, kenapa celengan itu dinamai celengan?
Pertanyaan yang menarik. Iya pulak ya, kenapa dikasih nama celengan? Kenapa ngga korengan atau bopengan aja? *ngawur*

Akhirnya dijelasin deh kalo celengan itu berasal dari kata celeng yang artinya babi. Om Andi bilang, waktu beliau kuliah S2 di London - Inggris, semua celengan awalnya berbentuk babi. Padahal bahasa Inggrisnya itu money box yang kalo diindonesiakan tuh artinya kotak uang.

Trus kenapa pula mesti babi ya?
Aku baru tau jawabannya tadi, setelah cari info sana-sini. :)

Babi dilambangkan sebagai kejujuran, kesederhanaan dan keuletan.

Jadi filosofinya tuh biar kita bisa selalu hemat dan nabung. Karena nabung alias simpen duit itu penting banget. Banyak kan hal yang ngga terduga dateng, misalnya ada baju diskon trus ngga punya duit kan bisa ambil di celengan *ketepak*
Eh salah denk, maksud aku kalo ada musibah sakit dan butuh biaya, ambil tabungan deh. Ya kalo punya asuransi ya silakan urus deh. :)

Kalo uda gede, ya nabungnya di bank lah ya. Atau kalopun di celengan, buat duit recehan.. Aku pernah nih mecahin celengan ku tercinta setelah beberapa bulan rutin aku celengi, dan hasilnya sungguh luar biasa, teman-teman!
Setelah aku hitung, terkumpul deh uang Rp600 ribu dari celengan ini. Lumayan kan? :D

Dan anehnya, setelah aku tukar ke pajak, kan aku uda megang duit kertasnya tuh, aku ngga inget belanjain apa dan di mana. -.-
Poor me..

Oh ya, bentuk celengan sekarang ngga cuma babi aja loh. Banyak banget yang lucu-lucu. Liat aja deh..


























Btw, celengan si Sapi itu kenapa nungging ya?
Wkwkwkwk...

Gimana, lucu-lucu kan celengannya? :D
Aku pengen banget beli celengan-celengan ini, tapi susah dapetinnya. Pernah juga iseng nanya waktu bazaar di Sun Plaza, sebijinya ampe 300rb. Ngga lucu kaya yang aku upload di sini malah celengannya... -.-

Soooo..
Jangan lupa nabung yah. Terserah sih mau di bank atau di celengan, atau di kaleng trus dikubur dalam tanah kayak kebiasaan saudara ku zaman dulu, boleh deh.. Intinya sih nabung.
Happy saving money! ^^

1 komentar:

  1. mantep banget tulisannya,,,
    by : didi irawan

    BalasHapus