Laman

Sabtu, 15 Juni 2013

Iklan dalam Blog

Aku mau cerita pengalaman ku dulu waktu punya olshop trus mau ngiklan di berbagai blog Indonesia..

Setelah survey beberapa hari, membandingkan hits dan jumlah viewer, akhirnya aku menemukan beberapa blog yang aku rasa pantas untuk dihubungi. Mulai deh email mereka satu per satu. Btw, ide ku ini memang agak gila, karena budget ku saat itu pas-pasan. Cuma entah kenapa PD aja nanya ke mereka. Apa sih salahnya nanya, pikir ku.

Respon dari mereka semua baik-baik. Tapi tarif yang ditawarkan lumayan mahal menurut kantong ku saat itu. Dengan space 150x150, rata-rata mereka mematok harga Rp200ribu-Rp750ribu sebulan. Bahkan ada yang harus pesan 3 bulan sekaligus. *shock* Ngga heran ya iklan mereka pada sepi. Wkwkwkwk...

Yang jadi perhatian aku, ada satu pemilik blog yang terkesan ngotot, ngiwut dan ngebet biar aku sewa tempat iklan di blognya. Padahal dalam email ku yang pertama, aku uda jelasin loh mau nanya harga dulu, trus kalo ngga jadi juga aku minta maaf dan jelasin alasannya. Semua pemilik blog yang lain nerima kok. Tapi yang satu ini BEDA. :p

Aku inget banget, aku dikatain kere alias orang miskin ngga punya duit, sok-sokan nanya space iklan padahal ngga mampu bayar. Aku juga disalahin karena katanya sih ada yang mau sewa juga tapi dia tolak karena mau kasih ke aku. Lah akunya juga bingung, orang aku uda bilang dari awal, kenapa aku disalahin? Ketahuan banget NGGA LAKUnya tuh blog..

Emosi yang uda di ubun-ubun, akhirnya aku bales juga deh kaya beginian. "Sorry ya gan, maap-maap aje ye kalo ane bikin agan ngarep ama ane. Jujur ane juga harus mastiin hits nya agan, viewernya agan, sesuai ngga ama pangsa pasar jualan ane. Kalo ngga, rugi di ane donk, gan. Kita sama-sama butuh gan, jadi kagak usah pake ngomong kasar. Ngga malu gan ngomong beginian ke cewek? Ckckckck.. Ane juga kagak mau bales karena ane ngehargain agan selaku pemilik blog. Kalo kaya gini caranya, jujur deh ane nyerah. Kapok ane."

Trus?
Dia memohon-mohon sama aku dan kata-katanya berubah 180 derajat. Jadi manis dan baeeeek banget. Pake becandaan lagi. Awalnya boro-boro pake becanda, ngetiknya pake manyun kali ye. Kikikikkk...

Akhirnya aku tinggalin aja tuh. Bener-bener deh bikin bete. Sementang aku ngga punya duit, nanya harga space iklan aja salah ya? Buset.. Ngapain tuh orang hidup ya? Parah!

Ngasih saran nih buat blogger yang lain, kalo ada yang nanya space iklan sama kalian, please jangan kasarin ya. Korban kayak aku, sumpah deh, sakit hati banget.. Niat baik kok digituin ya. Rejeki dia tolak sendiri.. Ya mungkin dia nyari orang kaya kali ya untuk sewa space iklan di blog dia.

Etika tuh perlu.. Biar orang juga tau, bisa nilai gimana kita, bisa ngehargai kita.. Dan biar orang tua ngga dibawa-bawa. Jadi kesannya kita selalu diajarin sama orang tua.. Bersikap baik sama orang, bukan orang yang kita baikin yang bales, tapi pasti banyak orang lainnya yang baik sama kita.. :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar