Laman

Jumat, 03 Mei 2013

Baca Buku

Yang dilakukan oleh seorang Beby pada hari tanpa kuliah seperti ini adalah membaca buku. Bukan buku sembarang buku ya. Buku ini hasil pencarian beberapa jam penuh arti di perpustakaan USU, yang aku cari setengah mati.

Berbekal keyakinan penuh, aku cari aja di bagian Psikologi tanpa searching dulu di komputer perpus. Selain penuh, yang pake tuh kompi banyak yang ngantri. Cari dari atas sampe bawah, kiri ke kanan, muter-muter sampe mata jumpalitan dan perut mual, akhirnya dapet juga 2 buku ini :

Jeng jeng...

Walaupun aku kuliah di bagian sastra, tapi untuk skripsi, aku mendalami psikosastra.. Ya namanya juga bedah buku. Hehe..
Letak perjuangannya adalah ketika kita bukan hanya membaca, tapi membawa buku setebal ini :
 Huwaaaa...

Uda 2 hari aku baca, tapi belom terlalu paham juga. Wkwkwk.. Abisnya kan ini pernyataan semua. Ngga ada tuh yang namanya jalan cerita, jadinya ngga bisa terhanyut dalam suasana deh.. Yang ada malah mata jadi capek..

Tips baca buku pelajaran versi aku : 
1) Harus konsentrasi, jadi walaupun bacanya cuma bentar, seenggaknya ada yang nyangkut di kepala
2) Baca saat rileks. Jangan baca buku ilmiah atau pelajaran saat kita lelah, karena otomatis kita jadi mengantuk
3) Kalau mata uda lelah, langsung istirahat. Atau kompres mata dengan es batu. Tujuannya agar mata menjadi segar kembali
4) Jangan membaca dengan jarak yang terlalu dekat. Mata kamu bisa jadi rabun atau bahkan terkena silindris
5) Baca di tempat yang cukup terang. Maksudnya tidak terlalu terang ataupun redup. Kalau terlalu terang, justru bisa menyilaukan mata
6) Jangan membaca sambil tiduran. Mata akan bekerja terlalu keras dan membuat otot mata menjadi lemah. Bacalah buku dengan posisi duduk

Baca dengan benar ya. Kalo ngga, mata kalian bisa rusak kaya aku.. Minusnya uda tinggi dan kemana-mana harus pake kacamata atau softlens. Bagaimanapun semua orang ingin memiliki mata yang sehat. Jaga mata mulai dari sekarang ya ^^

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar