Laman

Senin, 15 April 2013

Keuntungan Berbisnis di Usia Muda

Ini janji ku di postingan sebelumnya yang akan share beberapa keuntungan yang aku rasakan karena berbisnis di usia muda. :) ayo kita mulai!



1) Untung tanpa modal
     Kebanyakan pebisnis muda yang masih pemula pasti memulai usaha dengan modal minim atau tanpa modal sekali pun. Kok bisa? Bisnis online donk! Manfaatin semua social media yang kamu punya dan jadilah reseller atau agen dari sebuah supplier terpercaya. Bisa lewat facebook, twitter, bbm atau blog. Pasang foto dan harga, lalu pembeli pun berdatangan. Tapi jangan lupa untuk berpromosi ya. Jika keuntungan sudah terkumpul lumayan banyak, kamu harus pikirkan bagaimana cara agar bisnis kamu semakin berkembang.
 

2) Speed Up dengan cepat
    Maksud speed up di sini adalah pebisnis muda terkesan gampang sekali cepat memperluas bisnisnya. Kenapa bisa begitu ya? Mungkin karena pebisnis muda biasanya lebih ambisius dan optimis, sehingga hasil yang mereka hasilkan pun lebih besar. Dan lebih cepat bangkit jika bisnis yang sedang ditekuni tidak berjalan sesuai dengan harapan.
 

3) Lebih Fokus
    Pebisnis muda cenderung lebih fokus karena sedang menata masa depan. Berbeda dengan pebisnis yang memulai usaha ketika sudah berumah tangga atau sekitar berumur 30 tahun ke atas yang pasti memiliki beban pikiran atau masalah yang lebih rumit dibandingkan pebisnis muda.
 
4) Belum perlu bayar pajak
     Ini yang paling hebat : kita belum perlu membayar pajak! :D Jadi semua profit 100% masuk ke dalam kantong kita, tanpa potongan. Namun jika kita ingin mengembangkan bisnis kita dengan cara ekspor, maka mau tidak mau kita harus memiliki NPWP yang kemudian berhubungan dengan rekening koran dan SIUP. NPWP juga bisa dibuat secara online, klik aja link ini.
 

5) Punya banyak ide
    Ide segar dari pebisnis muda kebanyakan sama, yaitu ingin menyederhanakan atau membuat praktis suatu hal. Lihat saja Mark Zuckerberg yang membuat Facebook dengan niat 'hanya' ingin memudahkan teman-teman sesama mahasiswa Universitas Harvard dalam berkomunikasi. Hasilnya? Nilai saham Facebook terus melonjak dan ditawar oleh Yahoo senilai lebih dari 2 milliar dollar! Ini adalah suatu bisnis yang tak terduga hasilnya.
 
6) Cepat belajar
    Pebisnis muda lebih memahami bisnisnya secara mendalam. Ia tahu seberapa besar hal yang ia lakukan untuk bisnisnya. Pebisnis muda melihat kompetitor dan membandingkannya dengan usahanya, kesalahan mana yang harus ia perbaiki dan apa tindakan selanjutnya yang harus ia lakukan. Berinovasi adalah nyawanya yang didapatkan mungkin secara tidak sengaja.

Mulailah berbisnis dari sekarang. Kalo kita bisa membuka lowongan pekerjaan untuk orang banyak, kenapa kita harus menjadi bawahan seseorang? Ingatlah bahwa setiap perusahaan besar juga memulai dari nol. Jadi pikirkan ide bisnis yang bisa kamu kembangkan sekarang! :)

6 komentar:

  1. salut deh. masih muda udah punya bisnis dan udah sharing ilmu....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheh.. Masik belajar jugak, Mbak :D

      Hapus
  2. kuliah bagian bisnis beb?? sharing2 via facebook dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enggak kok, Bang.. Kebetulan pas kuliah pernah bisnis online shop :D

      Hapus
  3. kalo menurut ane, berbisnis di usia muda itu serasa "mencuri start" menuju kebebasan finansial :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beneeeer.. Pas masih muda emang harus banyak mencoba :D

      Hapus